How-To

Cara Memulai Usaha Jahit Rumahan Serta Rincian Modalnya

Usaha jahit rumahan bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Menjahit di sini tentunya tidak hanya terpaku pada baju atau celana, ada juga produk lain seperti tas, sepatu, topi, dan aksesoris lain yang bisa dihasilkan dengan menjahit. Untuk bisa menjalankan sebuah usaha menjahit dengan lancar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari tips-tipsnya dibawah ini.

Tips Memulai Bisnis Jahit

1. Mengasah Ketrampilan

Jika dari awal Anda sudah memiliki ketertarikan dan bakat menjahit, ini menjadi modal yang penting. Asah kembali keterampilan dan bakat tersebut sebagai bekal untuk memulai bisnis jahit sendiri di rumah. Jika memang tidak memilikinya sama sekali maka bisa mengikuti pelatihan terlebih dahulu, pilihan terakhir adalah dengan mempekerjakan seseorang yang memang sudah ahli.

2. Siapkan Alat Jahit

Jika sudah memiliki keterampilan menjahit atau orang yang siap dipekerjakan, maka selanjutnya adalah menyiapkan peralatan menjahit dengan lengkap. Peralatan dan perlengkapan menjahit cukup beragam, jadi harus dicatat dan disiapkan dengan teliti agar tidak ada yang tertinggal. Paling utama disini adalah mesin jahit, untuk mesinnya sendiri bisa membeli yang manual agar bisa lebih hemat biaya. Nanti dari mesin yang manual bisa diubah menjadi otomatis dengan memodifnya menggunakan dynamo.

Pilihan mesin jahit sendiri sebetulnya beragam, ada yang otomatis, digital, dan mesin jahit bordir. Itu semua bisa dimiliki jika memang usaha jahit berjalan lancar. Sebagai permulaan miliki jenis mesin jahit yang sederhana dulu.

3. Tempat Usaha

Lokasi untuk usaha jahit rumahan ini tentunya lebih baik memanfaatkan bagian rumah yang ada. Cukup pakai satu ruang saja untuk menerima dan mengerjakan orderan dari pelanggan. Bisa di kamar yang tidak terpakai, di salah satu sudut ruang yang masih kosong, dan bisa juga menyediakan tempat khusus yang berukuran kecil.

Lokasi untuk bisnis jahit ini akan lebih bagus jika terletak jauh dari toko yang menyediakan baju jadi, namun lebih dekat dengan toko yang menyediakan bahan baju. Jika memang rumah sudah mendukung maka tidak perlu sewa tempat. Saat usaha sudah besar baru bisa mencari tempat khusus untuk bisnis ini dengan cara membeli atau menyewa.

4. Promosi

Jika semua sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan promosi. Pertama bisa dilakukan dengan promosi mulut ke mulut, tawarkan pada lingkungan sekitar misalnya anggota keluarga, teman, atau tetangga. Jika ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan lagi, pasang papan iklan di depan rumah agar mudah dilihat dan diketahui orang yang melintas di depan rumah. Jangan lupa buat juga promosi online menggunakan media sosial.

5. Pelayanan

Jika sudah ada pelanggan maka berikan pelayanan yang maksimal. Pastikan memberikan estimasi waktu yang tetap dan memang orderan bisa selesai pada waktu yang sudah ditentukan. Usahakan untuk tidak membuat pesanan selesai dalam waktu lebih lama dari kesepakatan. Berikan garansi untuk memperbaiki hasil jahit agar pelanggan yang mungkin merasa pesanannya kekecilan, kebesaran, atau kurang sesuai bisa memperbaiki dan mendapatkan jahitan yang diinginkan.

Perkiraan Rincian Modal

Modal usaha yang harus disiapkan untuk membuka usaha jahit rumahan tidak terlalu besar, Hal ini karena peralatan dan perlengkapan menjahit sendiri tidak terlalu mahal. Mesin jahit manual kisaran harganya 600 ribu rupiah, lalu ada mesin obras biasanya memiliki harga 500 ribu rupiah, benang jahit, benang obras, gunting khusus jahit, jarum, penggaris, kapur kain, dan peralatan menjahit lain hanya membutuhkan dana kisaran 300 ribu rupiah dan itu sudah mendapat satu paket komplit. Jadi total modal usaha untuk perlengkapan dan peralatan kira-kira Rp 1.500.000,-.

Tak hanya modal untuk peralatan dan perlengkapan yang perlu disiapkan, biaya operasional juga harus sudah diperkirakan. Biaya telepon, air, listrik, penyusutan barang, dan transportasi untuk mencari bahan kira-kira setiap bulan membutuhkan 300 ribu rupiah.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha jahit, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha jahit dengan lancar dan maksimal.

Itulah cara memulai usaha jahit rumahan beserta rincian modalnya. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Hanifah. 13 Maret 2020. 5 Tips Membuka Usaha Jasa Jahit Di Rumah Dengan Modal Terjangkau. 99.co : https://bit.ly/33DH4C7

Share this Post