How-To

Cara Membuka Usaha Furniture Rumahan yang Menguntungkan

Apabila Anda ingin membuka usaha skala rumahan, direkomendasikan untuk menekuni usaha furniture rumahan. Usaha satu ini memiliki konsumen yang sangat banyak sehingga sangat menguntungkan. Untuk mendapatkan imbal hasil yang signifikan, Anda harus memperhatikan kualitas bahan yang digunakan serta model furniture yang dijual.

Untuk menjalankan usaha ini membutuhkan modal yang tidak terlalu besar, terlebih jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat furniture sendiri. Lalu, berapa modal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha furniture rumahan? Apa yang harus dipersiapkan? Simak beberapa tips atau caranya berikut ini.

6 Cara Membuka Usaha Furniture Rumahan yang Menguntungkan

1. Persiapkan Modal Usaha

Semua jenis usaha yang dijalankan pasti membutuhkan modal, begitupun untuk usaha furniture. Modal usaha yang harus dipersiapkan untuk menjalankan usaha ini tidak terlalu besar, asalkan modal tersebut cukup untuk membeli peralatan dan bahan baku yang dibutuhkan.

Jika Anda belum memiliki modal yang cukup, jangan menyerah karena Anda bisa terlebih dahulu menjadi sales atau reseller furniture. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa mengumpulkan modal saja tetapi juga memiliki tambahan jaringan dan pengalaman.

Selain itu, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk mengembangkan usaha furniture rumahan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha furniture rumahan dengan lancar dan maksimal.

2. Cerdik dalam Membaca Peluang

Untuk memulai dan mengembangkan usaha ini Anda diharuskan untuk lebih cerdik dalam membaca peluang, terutama peluang yang ada di sekitar rumah. Apabila sudah yakin dengan peluang tersebut maka Anda bisa mulai untuk menciptakan dan juga merealisasikan peluang tersebut dalam usaha furniture.

Semua ide serta hasil pemikiran harus ada dalam kerangka perimbangan maupun analisa yang matang supaya usaha yang dijalankan bisa berkembang dan mendatangkan banyak imbal hasil sesuai harapan.

3. Memilih Target Pasar

Cara membuka usaha furniture selanjutnya yaitu Anda harus memilih target pasar yang jelas. Hal ini penting untuk diperhatikan karena kompetitor Anda sangat banyak dan usahanya sudah cukup besar. Supaya tidak kalah saing dan usaha yang dijalankan bisa berkembang maka pilihlah target pasar yang tepat. Dalam memilih target pasar disarankan untuk disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

4. Memilih Lokasi yang Strategis

Lokasi menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan usaha yang dijalankan. Maka dari itu, pemilihan lokasi tidak boleh dilakukan sembarangan. Namun, jika Anda ingin membuka usaha ini di rumah pastikan rumah Anda berada di lokasi yang strategis.

Meskipun usaha furniture yang dijalankan merupakan skala rumahan bukan berarti tidak ada peluang untuk mendapatkan kesuksesan. Anda tetap saja bisa mencapai kesuksesan terlebih jika di sekitar rumah tidak ada yang membuka usaha yang sama.

5. Selalu Menjaga Kualitas Produk yang Dijual

Dalam menjalankan usaha furniture rumahan Anda diharuskan untuk selalu menjaga kualitas produk yang dijual. Ini penting untuk diperhatikan mengingat persaingan dalam usaha ini sangat ketat. Menjual produk yang berkualitas tentu akan membuat konsumen menjadi puas dan pastinya akan loyal sehingga akan terjalin kerja sama dalam jangka waktu yang panjang. Untuk itu, pastikan bahan baku yang digunakan adalah bahan terbaik dan berkualitas.

6. Maksimal dalam Melakukan Promosi

Cara yang terakhir adalah dengan maksimal melakukan promosi. Usaha Anda bisa lebih mudah dikenal banyak orang apabila melakukan promosi. Promosi yang dilakukan tidak hanya akan memperkenalkan usaha Anda tetapi juga sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Angka penjualan yang meningkat tentu akan membuat imbal hasil yang diperoleh juga maksimal.

Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan media sosial. Selain itu, Anda bisa melakukan promosi dengan memasang iklan, membuat situs penjualan dan sebagainya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai usaha furniture rumahan yang menguntungkan. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Accurate.id. 24 September 2020. 9 Tips Ampuh Memulai Bisnis Furniture. Accurate.id. https://bit.ly/3c00BNB

Share this Post

Artikel Terbaru