How-To

Berikut Kisaran Modal Usaha Laundry yang Bikin Untung

Bagi Anda yang ingin memulai usaha laundry kiloan, penting untuk mengetahui kisaran modal usaha laundry. Usaha laundry kiloan adalah salah satu jenis bisnis menguntungkan. Usaha laundry kiloan makin mudah ditemukan dimana saja terutama pada daerah padat penduduk ataupun sekitaran kampus. Meskipun jumlahnya bertambah banyak nyatanya pelanggan laundry jumlahnya tidak berkurang.

Itu artinya usaha ini mempunyai pangsa pasar yang bagus dan selalu dibutuhkan. Tingginya tingkat aktivitas dan mobilitas orang membuatnya tidak sempat mencuci ataupun menggosok pakaian sehingga lebih memilih menyerahkannya ke jasa laundry. Ditambah tarif laundry kiloan yang terbilang murah membuat orang tidak berpikir panjang untuk menggunakan jasa laundry setiap saat.

Menghitung Perkiraan Modal Usaha Laundry

Jika Anda tertarik juga untuk mencoba peruntungan melalui usaha laundry sebagai langkah awal perhitungkan dulu berapa kira-kira besarnya modal yang diperlukan. Sebagai panduannya silahkan lihat perhitungannya berikut ini.

1. Modal Investasi Awal

Pertama, buat daftar peralatan apa saja yang Anda butuhkan untuk membuka jasa laundry tersebut berikut dengan perkiraan harga/ biayanya. Umumnya usaha laundry membutuhkan peralatan sebagai berikut yang digolongkan dalam modal investasi awal.

 

Mesin cuci 2 unit Rp.   4.500.000

Mesin pengering 1 unit Rp.   2.000.000

Setrika 3 unit Rp.      450.000

Rak, lemari, jemuran Rp.   1.500.000

Meja kursi Rp.      200.000

Timbangan Rp.      100.000

Gas 3 kg Rp.      150.000

Peralatan promosi Rp.        50.000

Jumlah Rp.  8.950.000

 

2. Biaya Operasional

Biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk mendukung kegiatan operasional harian usaha dan biasanya diperhitungkan per bulan. Adapun contoh dari biaya operasional usaha laundry yaitu :

 

Listrik Rp.    600.000

Detergen Rp.    150.000

Pewangi/ softener Rp.    100.000

Gaji karyawan 2 orang Rp.  2.000.000

Isi gas Rp.     100.000

Air Rp.     200.000

Bensin motor Rp.     100.000

Lain-lain Rp.     150.000

Total Rp.  3.400.000

 

3. Biaya Tempat Usaha

Biaya tempat usaha ini diperlukan jika Anda harus menyewa tempat ataupun melakukan perbaikan-perbaikan. Bisa diabaikan jika menggunakan rumah atau kios milik sendiri sebagai tempat usaha laundry.

4. Kisaran Total Biaya Usaha Laundry

Untuk mengetahui berapa kisaran total modal untuk usaha laundry yang dibutuhkan Anda tinggal menjumlahkan saja modal investasi awal dengan biaya operasional dan biaya tempat usaha (kalau ada). Dengan begitu Anda sudah menemukan kisaran perhitungan modal untuk membuka usaha laundry tersebut.

Tips Memulai Usaha Laundry

Selain memperhitungkan modalnya Anda sebaiknya juga melakukan persiapan usaha dengan sebaik-baiknya. Apa sajakah yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan usaha laundry tersebut?

1. Pemilihan Lokasi Usaha yang Strategis

Bagaimanapun lokasi adalah hal yang sangat penting dalam usaha termasuk laundry. Pilihan lokasi terbaik untuk membuka usaha laundry diantaranya dekat perumahan, sekitaran kampus, pusat kota atau dekat jalan raya utama. Lokasi yang strategis membantu usaha Anda lebih mudah diketahui orang.

2. Persiapkan Modal

Salah satu tujuan perhitungan modal seperti di atas yaitu untuk membantu Anda menemukan sumber pendanaan yang tepat. Sangat bagus kalau Anda sudah memiliki modal yang cukup dari dana pribadi. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti membuka cabang, menambah mesin cuci dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha laundry dengan lancar dan maksimal.

3. Susun Strategi Pemasaran

Berikutnya jangan lupa juga untuk menyusun bagaimana strategi pemasaran usaha tersebut agar bisa bersaing dengan kompetitor. Sebagai contoh Anda bisa memberikan harga promo saat pembukaan usaha, menyebarkan leaflet, memposting pada media sosial dan menyediakan layanan antar jemput laundry.

Perhitungan modal usaha laundry sifatnya tidak tetap karena bisa saja lebih besar atau lebih kecil tergantung dari skala usaha yang Anda jalankan. Semakin besar usaha laundry Anda tentu saja modalnya juga bertambah karena jumlah peralatan yang dibutuhkan juga lebih banyak.

Referensi :

Tips Berbisnis. 15 Agustus 2019. Usaha Laundry Kiloan, Modal 10 Juta Untung 3 Juta, Tertarik?. Gobiz.co.id : https://bit.ly/2YhxeTO

Sahabat Pegadaian. 22 November 2017. Rincian Modal Usaha Laundry yang Harus Diperhatikan.sahabatpegadaian.com : https://bit.ly/3BK9J3x

Share this Post

Artikel Terbaru