How-To

Berikut Jenis-Jenis Konsultan yang Perlu Anda Ketahui

Di Indonesia Anda mengenal jenis-jenis konsultan yang sesuai dengan bidang keahliannya. Menjadi konsultan merupakan sebuah profesi dan pekerjaan yang cukup bergengsi sehingga banyak yang menginginkannya. Apalagi bidang pekerjaan seorang konsultan cukup luas selama memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai.

Konsultan juga menjadi sebuah profesi yang dibayar dengan honor atau gaji tinggi karena jasa yang diberikan kepada klien-kliennya. Bayaran yang tinggi, pekerjaan yang bergengsi, penampilan yang rapi, kantor yang bagus dan beberapa faktor lainnya membuat orang sangat tertarik untuk menjadi konsultan. 

Apakah Konsultan Itu?

Konsultan adalah seseorang atau pihak yang memberikan pelayanan jasa konsultasi secara profesional sesuai bidang keahlian yang dimiliki. Konsultan biasanya bukan berasal dari dalam perusahaan atau bukan bagian dari staf sebuah perusahaan. Konsultan merupakan pihak ketiga yang akan memberikan bantuan profesional di bidang tertentu.

Konsultan bisa orang pribadi atau individu yang bekerja sendiri maupun berasal dari perusahaan konsultasi bidang tertentu. Dengan kata lain bahwa konsultan adalah orang ataupun lembaga yang memiliki spesialisasi bidang tertentu dan memberikan jasa pelayanan konsultasi pada klien sesuai keahliannya.

Melansir dari laman FlexJobs konsultan tersebut mempunyai beberapa tanggung jawab penting terhadap kliennya yaitu :

  1. Memberikan pendapat yang bisa dipercaya
  2. Melakukan analisis terhadap suatu persoalan
  3. Menawarkan dan menyarankan rekomendasi tertentu kepada klien

Tanggung jawab tersebut akan diberikan sesuai dengan spesialisasi dan masalah yang dihadapi oleh pihak yang menjadi kliennya.

Jenis-jenis Konsultan yang Populer

Meskipun sebenarnya jumlahnya cukup banyak namun tidak semua jenis konsultan dikenal oleh masyarakat. Berikut ini merupakan jenis-jenis konsultan yang cukup populer di kalangan masyarakat:

1. Konsultan Marketing 

Konsultan marketing mempunyai tugas untuk membantu perusahaan lebih mudah merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi produknya agar bisa memenangkan pasar. Konsultan juga akan membantu para eksekutif perusahaan memahami suatu permasalahan pasar yang dihadapi untuk menemukan solusi terbaik.

2. Konsultan Akuntansi

Banyak perusahaan yang menggunakan jasa konsultan akuntansi untuk membuat jurnal keuangan, menyusun neraca hingga melakukan rekonsiliasi bank per bulan. Lebih dari itu beberapa perusahaan juga meminta konsultan untuk melakukan analisis atas kinerja dan kondisi keuangan mereka.

3. Konsultan Pajak

Konsultan yang tidak kalah populer adalah konsultan pajak. Seperti kita tahu bahwa urusan perpajakan sangatlah rumit sehingga dibutuhkan bantuan dari orang yang sudah sangat memahami tentang hal tersebut. 

Beberapa tugas dan tanggung jawab dari konsultan perpajakan yaitu membuat laporan SPT, menyiapkan data-data laporan pajak, mendampingi saat pemeriksaan pajak hingga menyelesaikan sengketa pajak.

4. Konsultan Keuangan

Financial consultant atau konsultan keuangan juga menjadi bidang yang mulai banyak dicari orang belakangan ini. Seorang financial consultant akan memberikan bantuan kepada klien dalam hal pengaturan keuangan. 

Tugas financial consultant antara lain yaitu menilai bagaimana kondisi keuangan klien dan juga membuat sebuah perencanaan strategis supaya tujuan keuangan yang dimiliki klien bisa dicapai. 

5. Konsultan IT

Inilah jenis pekerjaan yang mungkin akan sangat dibutuhkan beberapa tahun ke depan seiring dengan semakin berkembangnya teknologi informasi. Jika diamati hingga saat ini saja sudah banyak sistem pendukung operasional perusahaan yang menggunakan teknologi komputer canggih. 

Seorang konsultan IT menjadi bagian penting supaya kebutuhan teknologi informasi yang menjadi penunjang operasional perusahaan bisa berjalan sebagaimana mestinya dan terjamin keamanan data-datanya. Konsultan IT bertanggungjawab melakukan sebuah analisis atas kebutuhan kliennya yang terdiri dari software, hardware dan juga network

Itulah jenis-jenis konsultan yang bisa Anda pahami. Konsultan akan bekerja secara profesional sesuai keahliannya untuk membantu klien menyelesaikan permasalahan secara tepat dan efektif. 

Referensi: 

Khairina F. Hidayati. 12 Agustus 2021. Apa Itu Profesi Konsultan? Simak Serba-serbinya di Sini.glints.com : https://bit.ly/33Z1u8s

  1. 23 Desember 2019. Jenis Konsultan di Indonesia yang Diincar Lulusan Perguruan Tinggi. Amz.co.id : https://bit.ly/3JkKCJm

 

Share this Post