How-To

Berikut Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Anda

Dalam menjalankan usaha, Anda tidak hanya fokus pada produk dan pemasarannya saja tapi juga fokus dalam pembuatan pembukuan keuangan usaha. Pembukuan keuangan sangat penting untuk mengetahui aliran arus kas masuk maupun keluar setiap harinya. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara membuatnya yang baik dan benar agar usaha Anda semakin berkembang. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari cara membuat pembukuan keuangan usaha dibawah ini.

5 Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Anda

Pada dasarnya cara membuat pembukuan keuangan untuk usaha sangat sederhana sehingga sangat mudah dipelajari. Berikut beberapa cara membuat pembukuan keuangan usaha yang praktis dan fungsional.

1. Membuat Catatan Pengeluaran dan Pemasukan Secara Terpisah

Cara pertama dalam membuat pembukuan keuangan adalah dengan membuat catatan pengeluaran dan pemasukan. Catatan pengeluaran maupun pemasukan harus dibuat secara terpisah sehingga mudah dicek dan mengurangi risiko terjadinya kesalahan dalam menghitung, lupa memasukkan transaksi dan mencegah pencatatan transaksi ganda.

Kedua catatan tersebut harus dibuat dalam tabel yang memiliki kolom tanggal transaksi, nomor bukti transaksi. keterangan, dan juga nominalnya. Tips dalam membuat kedua catatan ini adalah catat semua transaksi pengeluaran dan pemasukan usaha setiap harinya supaya mempermudah Anda dalam mengecek kondisi keuangan setiap bulannya.

2. Membuat Catatan Arus Kas Utama

Setelah Anda membuat catatan pengeluaran dan pemasukan secara terpisah, selanjutnya perlu untuk membuat pembukuan keuangan dengan menggabungkan kedua transaksi tersebut. Meski transaksi pengeluaran dan pemasukan dibuat secara tergabung bukan berarti bisa dibuat sembarangan.

Anda harus menyusun transaksi-transaksi tersebut menjadi catatan arus kas utama dengan membuat kolom debet dan juga kolom kredit. Kolom debit ini berisi nominal pemasukan arus kas setiap terjadinya transaksi. sedangkan kolom kredit digunakan untuk memasukkan nominal pengeluaran arus kas setiap transaksi. Jangan lupa untuk memasukkan kolom saldo supaya bisa mengetahui sisa saldonya berapa.

3. Menghitung Laba Rugi

Tidak kalah penting dengan catatan-catatan sebelumnya, catatan laba rugi juga harus dibuat. Pembuatan laporan laba rugi ini berguna untuk mengetahui total pendapatan bersih yang didapatkan usaha Anda serta beban apa saja yang harus dipenuhi. Berkat laporan ini Anda bisa  dengan mudah mengetahui apakah usaha Anda sedang untung ataupun rugi.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat berapa jumlah uang yang sudah digunakan untuk menjalankan usaha, berapa utang yang belum dibayar dan informasi lain yang berkaitan dengan keuangan usaha.

4. Membuat Catatan Stok Barang

Cara membuat catatan pembukuan keuangan usaha berikutnya yaitu membuat catatan stok barang. Pembuatan catatan ini untuk mencatat setiap barang yang masuk dan keluar setiap harinya. Adapun manfaat membuat catatan ini adalah untuk mempermudah Anda dalam mengawasi dan memonitoring barang yang ada. Meski jumlah penjualan sangat banyak, Anda tetap bisa mengawasinya hanya dengan melihat catatan stok barang.

5. Membuat Buku Inventaris

Meski usaha yang dijalankan masih tergolong baru, tetap saja harus membuat buku inventaris. Buku inventaris ini berisi tentang catatan anggaran belanja, anggaran hibah dan juga sumbangan yang perlu dimasukkan. Pembuatan buku ini berguna untuk membuat aset usaha bisa terkendali dengan baik dan untuk mencegah barang supaya tidak mudah hilang serta kegiatan mutasi bisa dilakukan dengan mudah.

Itulah penjelasan cara membuat pembukuan keuangan usaha Anda yang mudah dilakukan. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal

Referensi :

Gobiz.co.id. 22 Juli 2021. Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil yang Mudah diikuti.  Gobiz.co.id. https://bit.ly/3lETGPh

Accurate.id. 23 April 2020. Cara dan Contoh Membuat Pembukuan Sederhana untuk Usaha Kecil. Accurate.id. https://bit.ly/3IGJXHZ

Share this Post

Artikel Terbaru