How-To

Berikut 7 Cara Menabung Untuk Masa Depan, Wajib Tahu!

Menabung untuk masa depan adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Membekali diri sejak dini untuk masa depan yang cerah adalah suatu kesadaran diri yang jarang dimiliki seseorang. Bagi Anda yang ingin mulai menabung demi masa depan, ada caranya supaya bisa berhasil. Berikut ini penjelasan cara menabung yang baik:

1. Cari Tahu dan Tetapkan Tujuan Menabung

Menabung adalah soal membiasakan diri. Jika belum terbiasa tentu akan terasa sangat berat. Untuk mengatasinya coba tetapkan tujuan dari menabung. Misalnya di masa depan ingin memiliki rumah sendiri atau ingin memiliki mobil di masa yang akan datang. Hal ini akan menjadikan motivasi tersendiri saat semangat menabung mulai menurun.

2. Buka Rekening Khusus untuk Tabungan

Jika sudah menetapkan tujuan menabung, segera buka rekening baru yang nanti digunakan menyimpan uang yang disisihkan untuk tabungan. Hal ini menghindari uang tabungan terpakai secara sengaja maupun tidak sengaja untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu dengan memiliki rekening khusus tabungan hal itu memudahkan penghitungan uang yang sudah terkumpul dalam tabungan. Ada baiknya gunakan rekening yang tidak menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sehingga tidak bisa ditarik tunai sewaktu-waktu.

3. Buat Target untuk Diri Sendiri

Ini adalah cara untuk menahan atau menekan pengeluaran sehingga bisa dimasukkan pada tabungan. Misalnya saja membatasi diri sendiri hanya bisa mengeluarkan uang sebesar 200 ribu rupiah jajan. Hal-hal seperti itu memang butuh niat kuat dan disiplin, agar bisa menjalankannya dengan lancar, ingat kembali tujuan dari menabung tadi.

4. Membuat Anggaran Belanja

Supaya lebih mudah mengontrol diri saat pergi belanja, baiknya buatlah anggaran sebelumnya. Catat barang atau kebutuhan apa saja yang perlu dibeli beserta perkiraan harganya. Jika anggaran sudah tersusun rapi, saat pergi belanja baiknya jangan sampai pengeluaran lebih besar dari anggaran. Usahakan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari lebih kecil dari anggaran sehingga ada sisa uang lagi untuk ditabung.

5. Menekan Pengeluaran

Ini adalah soal memilih mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan. Sederhananya, kebutuhan adalah sesuatu yang memang dibutuhkan dan tidak bisa ditunda. Namun untuk keinginan merupakan sesuatu yang tidak terlalu mendesak, jika tidak dipenuhi maka tidak akan ada kesulitan dan kerugian apapun. Kebutuhan disini misalnya saja bahan baku pangan seperti beras,minyak goreng, dan tabung gas. Sementara keinginan bisa berupa rasa ingin pergi nonton, ngopi, atau nongkrong di luar dan jajan.

6. Gunakan Uang Tunai untuk Setiap Transaksi

Sekarang ini memang semakin banyak e-wallet bertebaran. Mbanking pun juga semakin banyak fitur yang memanjakan penggunanya. Namun jika ingin sukses menabung untuk masa depan sebaiknya hindari semua itu dan gunakan uang cash saja. Ini untuk mencegah pengeluaran yang tidak terukur dan tidak terkontrol karena e-money tidak memiliki wujud, hanya berupa tulisan angka yang tertera di layar smartphone.

7. Investasi

Ini adalah cara lain untuk menabung demi masa depan yang lebih cerah. Investasi sekarang bisa dilakukan siapa saja dengan cara mudah. Banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih untuk mengembangkan dana, salah satunya pendanaan di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Daftar Investree for Lender dan pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender. Agar lebih mudah, Anda bisa download aplikasi Investree for Lender di Google Play Store dan App Store atau kunjungi website https://investree.id/invest.

Menabung untuk masa depan bisa dilakukan dengan banyak cara. Faktor utama yang bisa membuat kegiatan menabung bisa sukses adalah mengatur niat dan menetapkan tujuan menabung itu sendiri. Selebihnya adalah tips supaya bisa lebih memudahkan kegiatan menabung itu sendiri.

Referensi :

Helena Yupita. 17 Nov 2020, 07:00 WIB. Cara Tepat Menabung biar Tak Jatuh Miskin di Masa Depan. Liputan6.com : https://bit.ly/3zmNwsN

Share this Post