How-To

Berikut 6 Cara Menabung Untuk Umroh, Wajib Kamu Tahu!

Cara menabung untuk umroh sebenarnya sangat mudah Anda terapkan sehari-hari. Anda dapat melaksanakan ibadah umroh dalam jangka waktu cepat dengan menerapkan cara menabung yang tepat. Seperti yang Anda ketahui, umroh membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Biaya yang perlu Anda persiapkan untuk umroh diantaranya meliputi biaya akomodasi, hingga biaya yang diperlukan saat berada di tanah suci. Perkiraan biaya umroh sekitar Rp20 juta hingga Rp35 juta. Dengan jumlah yang tak sedikit ini, tentunya Anda memerlukan waktu beberapa tahun supaya keinginan pergi umroh tercapai.

Ada sekian banyak cara yang bisa Anda pilih untuk menabung dana pergi umroh. Berikut diantaranya.

1. Menyisihkan 20% Pendapatan

Gambar 1

Bila ingin cepat menunaikan ibadah umroh, tentu Anda perlu berkorban lebih besar. Seperti dengan menyisihkan sebesar 20% dari pendapatan tetap khusus untuk umroh. Semisal Anda mendapatkan gaji Rp10.000.000 per bulan, maka Rp2.000.000 dialokasikan untuk ditabung umroh.

Jika Anda melakukan hal ini secara rutin, maka Anda bisa dengan segera pergi umroh dalam 3 tahun. Namun bila 20% terlalu berat, Anda bisa mengaturnya sendiri sesuai kemampuan finansial. Yang jelas kebutuhan sehari-hari Anda harus diprioritaskan terlebih dahulu supaya Anda tidak merasa tertekan saat menabung untuk umroh.

2. Memiliki Rekening Khusus Biaya Umroh dan Haji

Menabung di rekening sendiri mungkin lebih bebas dan fleksibel. Namun bila Anda ingin lebih teratur dalam menabung untuk umroh, sebaiknya Anda membuka rekening yang khusus untuk biaya umroh dan haji. Umumnya bank yang menyediakan jenis rekening ini adalah bank syariah.

Dengan menggunakan jenis rekening tabungan khusus ini, Anda dapat menentukan jumlah dana yang ingin dicapai, kemudian besaran dana yang harus dibayarkan per bulannya, serta jangka waktu target tercapai. Sehingga Anda dapat terhindar dari kebiasaan lupa dan malas menabung.

3. Pembiayaan Umroh

Gambar 2

Ada cara lain yang bisa Anda pilih jika tidak ingin menunggu lama untuk pergi umroh. Yaitu dengan menggunakan pembiayaan umroh.

Jenis pembiayaan ini memungkinkan Anda untuk pergi umroh terlebih dahulu sebelum melunasi biaya yang dibutuhkan. Dalam kata lain, pembiayaan ini juga disebut dengan kredit tanpa agunan umroh.

4. Menabung di Perusahaan Travel Umroh

Menabung di perusahaan travel khusus umroh juga dapat menjadi solusi. Untuk mendaftar sebagai calon jamaah, Anda perlu memberikan sejumlah DP atau uang muka. Setelahnya barulah Anda menabung untuk mengumpulkan sejumlah biaya sesuai paket yang dipilih. 

Cara ini dapat membantu Anda untuk lebih fokus dalam menabung. Namun perlu diingat untuk selektif dalam memilih perusahaan travel umroh yang akan Anda percayakan sebagai agen. Caranya dengan mencari tahu track record dari perusahaan atau agen tersebut secara detail. Selain itu cari tahu pula legalitas perusahaan serta kasus yang mungkin terkait dengan fasilitas menabung umroh di perusahaan tersebut.

5. Menghemat Pengeluaran

Gambar 3

Supaya target umroh Anda dapat tercapai tepat waktu, perlu juga kebiasaan untuk menghemat pengeluaran. Anda dapat mengaturnya dengan membuat pos-pos pengeluaran meliputi kebutuhan sehari-hari, tagihan bulanan, asuransi, transportasi, hiburan, tabungan serta investasi.

Akan lebih baik bila Anda mengutamakan tabungan umroh daripada kebutuhan lain yang tidak begitu mendesak. Seperti dana yang dialokasikan untuk hiburan, sebaiknya pindahkan setengahnya untuk tabungan umroh. Hal ini tak lain supaya impian Anda untuk umroh segera tercapai.

6. Berinvestasi Syariah

Terakhir, Anda dapat memanfaatkan instrumen keuangan syariah seperti pembiayaan syariah untuk menambah tabungan umroh. Imbal hasil yang didapatkan, bisa dialokasikan untuk keberangkatan umroh. Untuk pembiayaan syariah, Anda dapat mempercayakan kepada Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Platform ini menyediakan pembiayaan syariah bagi pemilik dana yang dilakukan berdasarkan prinsip syariah yakni tanpa riba. Dengan pembiayaan syariah, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 20% p.a dengan mendanai mulai Rp1 juta.

Demikian penjelasan mengenai cara menabung untuk umroh yang dapat membantu Anda dalam mewujudkan impian. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Admin. 7 Tips Menabung Umroh, Buka Rekening Hingga Investasi Syariah. Tokopedia.com: https://bit.ly/3m4E1J1

Share this Post