Berikut 5 Usaha Modal 1 Juta yang Menguntungkan

Untuk menekuni dunia usaha tidak perlu mempersiapkan modal yang besar. Sebab ada beberapa usaha modal 1 juta yang bisa Anda jalankan. Meski modal yang dibutuhkan hanya 1 juta bukan berarti usaha tersebut tidak menguntungkan. Apabila Anda bisa menjalankannya dengan benar, tidak menutup kemungkinan usaha tersebut akan terus berkembang dan Anda berpeluang meraih kesuksesan. Lalu, apa saja jenis usaha tersebut? 

5 Usaha Modal 1 Juta yang Menguntungkan 

Inilah beberapa usaha yang bisa Anda mulai dengan modal 1 juta rupiah: 

1. Usaha Snack Kemasan

Usaha kuliner tidak pernah ada matinya sehingga peminatnya terus mengalami peningkatan. Salah satu usaha kuliner yang membutuhkan modal minim adalah usaha snack kemasan. Hanya dengan modal 1 juta Anda sudah bisa membeli bahan baku untuk membuat snack, membeli kemasan plastik dan juga membuat desain kemasan.

Supaya usaha snack kemasan bisa mendapatkan penjualan yang optimal, Anda bisa melakukan promosi dengan memanfaatkan keberadaan media sosial atau media chat pribadi ke kontak yang ada di ponsel. Penjualan snack yang sudah berjalan dengan baik maka dalam waktu singkat sudah balik modal bahkan sudah mendapatkan imbal hasil yang besar. Jika begini Anda harus bisa segera mengembangkan kualitas dan kemasan snack supaya penjualannya terus meningkat.

2. Usaha Frozen food 

Pada masa pandemi ini produk-produk frozen food semakin diminati oleh masyarakat. Selain lebih praktis, makanan ini juga bisa  bertahan lama. Dengan begini maka intensitas Anda untuk belanja ke luar rumah semakin minim. Peluang ini harus Anda manfaatkan dengan membuka usaha frozen food. Modal untuk menjalankan modal in juga tidak terlalu besar. Produk-produk frozen food yang bisa dijual juga banyak seperti nugget, siomay, dimsum, sosis, bakso dan masih banyak lagi.

3. Jual Tanaman Hias

Usaha modal 1 juta yang menguntungkan selanjutnya yaitu menjual tanaman hias. Jika Anda memiliki hobi bercocok tanam tanaman hias, tidak ada salahnya untuk menjalankan usaha ini. Peluang usaha jual tanaman hias sangat menjanjikan karena sekarang sedang trend menghias rumah dengan tanaman hias. Selain itu, modal yang dikeluarkan sangat minim tetapi peluang menerima imbal hasil yang banyak sangat terbuka lebar. 

4. Usaha Pakaian Bekas 

Usaha pakaian bekas atau yang sekarang dikenal dengan nama thrift shop ternyata juga sangat menguntungkan. Ide usaha satu ini bisa dibangun hanya dengan modal 1 juta saja. Anda bisa menjalankan usaha ini dengan menjual baju bekas layak pakai yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Kumpulkan baju bekas Anda yang sudah kekecilan dan tidak pernah dipakai lagi lalu  dijual. Anda bisa menjualnya dengan membuka toko kecil di rumah atau menjualnya secara online.

5. Usaha Cetak Foto Polaroid 

Usaha satu ini terbilang menguntungkan karena peminatnya yang banyak. Kondisi ini disebabkan karena tren foto polaroid sedang menjamur sehingga pelaku usahanya berpeluang untuk mendapatkan imbal hasil yang besar. Untuk menjalankan usaha ini Anda hanya membutuhkan printer khusus polaroid dan juga 1 set kertas foto. 

Modal yang diperlukan untuk membeli peralatan dan kebutuhan tersebut kurang dari satu juta. Supaya nilai jual foto polaroid semakin tinggi, Anda bisa menambahkan kreativitas pada hasil foto yang dicetak. 

Nah itulah informasi tentang 5 usaha modal 1 juta yang menguntungkan. Bagi Anda yang ingin memiliki usaha tetapi modalnya minim, diharapkan usaha-usaha yang disebutkan diatas bisa dijadikan inspirasi. Agar bisa mengembangkan usaha dengan maksimal, Anda tentu membutuhkan tambahan modal, yang bisa Anda peroleh dengan mengajukan pinjaman ke Investree. 

Investree akan mempertemukan peminjam (borrower) dengan pihak pemberi pinjaman (lender). Sebagai peminjam, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Investree juga sudah mendapatkan izin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga tidak perlu khawatir akan keamanannya. Dengan modal tersebut, kembangkan usaha dengan lancar dan juga maksimal. 

Referensi:

Anteraja. 19 Desember 2021. 11 Ide dengan Usaha Modal 1 Juta Rupiah yang Menguntungkan. Blog.anteraja.id. https://bit.ly/3sy6JX1

Samina Sharanani. 19 Maret 2020. Mulai Bisnis untuk Pemula dengan 30 Ide Bisnis Kreatif Modal 1 Juta. Mokapos.com. https://bit.ly/3JkolLG