How-To

Berikut 5 Perbedaan Finance Lease dan Operating Lease

Ada beberapa perbedaan finance lease dan operating lease yang penting Anda ketahui. Istilah finance lease dan operating lease berkaitan tentang hak sewa guna. Meski terdengar mirip namun sebetulnya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Mari simak penjelasannya dibawah ini.

1. Dari Segi Pengertian

Sama-sama tentang hak sewa guna namun ada perbedaan yang perlu diketahui di sini. Pertama adalah perbedaan yang dilihat dari segi pengertiannya. Jadi finance lease adalah sebuah kegiatan sewa guna usaha namun lessee pada akhir masa kontrak mendapatkan opsi membeli objek sewa dengan nilai atau harga yang disepakati bersama.

Sementara untuk operating lease merupakan kegiatan sewa guna usaha namun pada masa akhir kontrak tidak diberikan opsi untuk melakukan pembelian objek sewa. Jadi saat kontrak sudah berakhir maka objek sewa harus dikembalikan pada pemilik objek tersebut.

2. Peran Lessor

Dalam prakteknya finance lease, lessor bertindak sebagai pihak pemilik barang dari objek leasing. Objek tersebut bisa berwujud barang yang bergerak atau tidak bergerak, serta memiliki umur maksimal sama dengan masa kegunaan objek leasing itu sendiri.

Berbeda dengan operating lease, lessor berperan sebagai pemilik barang atau benda objek sewa yang bergerak maupun tidak bergerak, namun menentukan masa sewa lebih pendek dari umur benda atau masa kegunaan objek sewa itu sendiri. Lessor pun memegang penuh tanggung jawab perawatan barang atau objek sewa pada operating lease ini.

3. Peran Lessee

Lessee di sini adalah penyewa guna usaha. Pada sistem finance lease bisanya melakukan pemilihan barang modal sesuai kebutuhannya namun tetap masih atas nama perusahaan leasing. Selama masa leasing, Lessee di sini harus melakukan pembayaran residual value. Pembayaran harus dilakukan secara berkala sesuai dengan jumlah serta jangka waktu yang sudah disepakati. Jumlah yang perlu dibayarkan pada lessor adalah angsuran yang terdiri dari biaya perolehan barang di total dengan semua biaya lainnya yang dikeluarkan lessor.

Namun pada operating lease, lessee di sini juga perlu melakukan pembayaran biaya secara berkala, hanya saja jumlah dari biaya yang perlu dibayarkan pada lessor tidak mencakup biaya lainnya atau keseluruhan seperti pada finance lease. Hal dikarenakan ada sebagian biaya yang hanya ditanggung pihak lessor saja sebagai pemilik objek sewa.

4. Pemutusan Kontrak

Perbedaan finance lease dan operating lease selanjutnya adalah pada pemutusan kontrak. Pada finance lease pihak lessor akan dikenakan denda jika melakukan pembatalan kontrak yang masih belum berakhir. Namun pada operating lease, lessor atau lessee bisa melakukan pembatalan kontrak tanpa adanya denda, asalkan pembiayaan atau pembayaran berkala sudah terpenuhi. 

5. Hak Opsi

Ini adalah perbedaan terakhir yang paling mencolok di antara operating lease dengan finance lease. Jadi pada finance lease, ada hak opsi pada akhir masa kontrak. Lessee diberikan opsi untuk membeli barang atau objek sewa dengan nilai atau jumlah yang disepakati bersama dengan lessor. Namun pada operating lease tidak ada opsi pembelian objek leasing bagi para lessee di akhir masa kontrak.

Itulah perbedaan finance lease dan operating lease. Jadi pada intinya, finance lease adalah sebuah kegiatan sewa guna usaha yang memberikan opsi pembelian objek sewa pada lessee, sementara pada operating lease tidak ada sistem seperti itu. Biasanya jumlah biaya yang perlu dibayar lessee pada finance leasing jauh lebih besar dibandingkan pada operating leasing karena pada operating lease. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

123dok. Perbedaan antara Financial Lease dengan Operating Lease. text-id.123dok.com : https://bit.ly/3oTn2Lx

Share this Post