How-To

Apa Itu Tenor? Pahami Secara Lebih Mendalam Di Sini

Tenor adalah durasi atau lamanya waktu yang ditetapkan untuk melunasi kredit sesuai kesepakatan antara debitur dan kreditur. Selama jangka waktu yang telah ditetapkan tersebut pihak yang memiliki utang atau debitur harus membayar cicilan atau angsuran sesuai kesepakatan. Tenor bisa disesuaikan dengan xkemampuan membayar dari debitur.

Jika uang yang Anda dapatkan dari gaji dan penghasilan lainnya relatif kecil maka silahkan ambil tenor yang panjang. Sebaliknya jika Anda memiliki kemampuan membayar lebih cepat karena pendapatan cukup besar bisa memilih tenor yang tidak terlalu panjang. Tenor akan berpengaruh pada besarnya angsuran beserta bunga yang harus dibayarkan oleh debitur atau peminjam (borrower).

Jenis Tenor Menurut Waktunya

Pihak pemberi pinjaman seperti bank maupun lembaga finansial lainnya biasanya akan menawarkan opsi tentang tenor tersebut yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan peminjam. Secara umum tenor dibagi menjadi dua jenis yaitu :

1. Tenor Pendek

Tenor pendek memiliki durasi antara 1 bulan hingga 3 tahun dan biasanya digunakan untuk kredit yang jumlahnya tidak terlalu besar hanya kisaran jutaan rupiah saja. Kredit dengan tenor pendek pada umumnya digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendadak atau keperluan yang tidak membutuhkan dana terlalu besar.

Anda bisa melakukan simulasi dulu melalui fitur yang disediakan untuk mengetahui tenor pinjaman beserta besarnya biaya dan angsuran yang harus dibayarkan.  Semuanya transparan sehingga borrower bisa menentukan mana yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan finansialnya.

2. Tenor Panjang

Tenor panjang memiliki durasi antara 3 tahun sampai dengan 30 tahun biasanya ketika Anda mengambil kredit kepemilikan rumah dan kredit kendaraan bermotor seperti motor atau mobil. Bunga pinjaman dengan tenor panjang biasanya lebih rendah daripada tenor pendek.

Namun untuk mendapatkan pinjaman dengan tenor panjang seseorang harus memenuhi persyaratan yang cukup ketat. Oleh sebab itu tidak semua orang bisa mendapatkan pinjaman tenor panjang karena dianggap risikonya cukup tinggi.

Biasanya pada tenor panjang bank atau pemberi pinjaman mensyaratkan adanya jaminan dari peminjam untuk meminimalisir gagal bayar oleh debitur.

Tips Mengajukan Tenor Pinjaman yang Aman

Mengingat cukup banyak kasus pinjaman yang berujung sengketa maka sangat disarankan Anda berhati-hati saat akan mengajukan kredit. Sebagai panduannya Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

  1. Pilih dan pastikan lembaga keuangan tersebut sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
  2. Pilih penawaran bunga yang relatif rendah supaya tidak memberatkan cicilan Anda.
  3. Cara menentukan tenor yang paling ideal yaitu dengan menyesuaikan besarnya penghasilan Anda per bulan.
  4. Jika memungkinkan dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda sebaiknya pilih tenor yang paling pendek.
  5. Sebaiknya jumlah cicilan Anda setiap bulan tidak lebih dari 30% dari total penghasilan bulanan.

Kesimpulannya, tenor adalah jangka waktu yang disepakati untuk melunasi pinjaman maka Anda bisa semakin jeli dalam memilih jenis pinjaman. Sesuaikan tenor pinjaman dengan kemampuan finansial Anda supaya tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan nantinya. Pastikan Anda hanya mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan resmi yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi salah satu platform keuangan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Anda bisa menyalurkan modal usaha dan mendapatkan modal usaha di Investree dengan mudah dan aman. Daftar sekarang juga di Investree.id!

Referensi :

Rumah. 13 Februari 2021. Penting! Inilah Pengertian Tenor dan Jenisnya yang Perlu Anda Ketahui. Rumah.com : https://bit.ly/3oVg7BV

Prospeku. 7 Agustus 2021. Tenor Adalah- Pengertian, Jenis, Faktor dan Tips Pinjaman. Prospeku.com : https://bit.ly/3iSybZP

Share this Post

Artikel Terbaru