Apa Itu Profitabilitas? Simak Pengertiannya Disini!

Profitabilitas adalah salah satu istilah yang ada di dalam dunia bisnis. Biasanya disebut dengan rasio atau perbandingan profitabilitas. Rasio keuangan sendiri dalam bisnis dipakai untuk mengukur kinerja serta efektivitas manajemen yang dilihat dalam kurun waktu tertentu. Rasio profitabilitas ini sendiri biasanya digunakan untuk membantu perusahaan menaikkan efektivitas kinerja perusahaan. Tak hanya itu, dengan adanya rasio ini, pelaku bisnis bisa lebih mudah mengambil keputusan dalam permasalahan manajemen.

Pengertian Profitabilitas

Profitabilitas merupakan standar keuangan yang digunakan oleh para investor maupun analis untuk melakukan kalkulasi potensi laba relatif yang bisa dihasilkan suatu perusahaan pada biaya operasi, pendapatan, aset neraca, dan ekuitas. Dari rasio ini akan terlihat apakah perusahaan yang bersangkutan bisa memanfaatkan aset yang dimiliki dengan baik sehingga mendapatkan laba dan nilai bagi para investor perusahaan. Selain itu, rasio profitabilitas juga bisa digunakan untuk membandingkan perusahaan bersangkutan dengan para kompetitornya yang bergerak di bidang serupa atau sejenis.

Manfaat Profitabilitas

Pelaku bisnis selain perlu mengetahui pengertian dari rasio profitabilitas, sangat perlu juga untuk mengetahui manfaat dari rasio keuangan itu sendiri. Manfaat utama dari rasio ini adalah menunjukkan dari tingkat efisiensi manajemen suatu perusahaan. Laba yang muncul dari kegiatan perusahaan seperti investasi dan penjualan adalah wujud dari rasio profitabilitas yang biasanya ada dalam laporan keuangan perusahaan.

Semakin besar nilai perbandingan atau rasio, artinya kondisi perusahaan yang bersangkutan dalam keadaan baik. Hal ini karena rasio yang tinggi mengartikan laba yang timbul banyak sehingga perusahaan semakin efisien. Cara melihatnya dari tingkat pemasukan dan juga arus kas perusahaan.

Manfaat berikutnya adalah memberikan informasi penting yang nantinya digunakan untuk membandingkan kondisi perusahaan di periode sebelumnya serta untuk membandingkan perusahaan bersangkutan dengan rasio dari kompetitor. Pada intinya rasio ini menjadi hasil akhir dari semua kebijakan yang ada di perusahaan terutama yang berhubungan dengan utang serta keputusan operasional oleh manajemen.

Manfaat yang terakhir adalah untuk memudahkan para penanam saham apakah perusahaan yang bersangkutan layak untuk dijadikan tempat berinvestasi atau tidak. Jika tidak para investor tidak akan membeli saham dari perusahaan tersebut.

Jenis Profitabilitas

1. Margin Laba Kotor

Jenis yang pertama ini adalah rasio yang menilai persentase dari laba kotor terhadap pendapatan yang didapatkan dari kegiatan penjualan.

2. Margin Laba Bersih

Rasio profitabilitas yang digunakan untuk menilai persentase laba bersih dari pengurangan pajak pada pendapatan yang dihasilkan dari kegiatan penjualan.

3. Rasio Pengembalian Aset

Merupakan jenis rasio yang merupakan perbandingan untuk menilai persentase dari laba yang dihasilkan perusahaan, khususnya pendapatan dari sumber daya serta total aset. Dari sini efisiensi perusahaan bisa dilihat terutama dalam mengelola semua asetnya.

4. Return on Equity Ratio

Digunakan untuk menilai kemampuan suatu perusahaan apakah bisa menghasilkan laba dari investasi yang ada dalam bentuk persentase. Dihitungnya dari income perusahaan pada modal yang diinvestasikan. Dari sini juga perusahaan terkait bisa dinilai apakah bisa mengelola modalnya dengan baik dan efisien atau sebaliknya.

5. Return on Sale Ratio

Rasio profitabilitas yang menampilkan tingkat laba setelah pembayaran semua biaya variabel produksi sebelum dikurangi dengan pajak dan bunga.

6. Return of Capital Employed

Rasio yang mengukur keuntungan dari modal yang dipakai yang dilihat dalam bentuk persentase. Jenis ini menampilkan efisiensi modal atau investasi suatu perusahaan.

7. ROI

Return on Investment yang diperoleh dari hasil perhitungan laba bersih dikurangi dengan pajak pada total aktiva. Berfungsi untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba pada aktiva secara menyeluruh.

8. EPS

Earning per share adalah jenis terakhir yang bisa digunakan untuk menilai kemampuan per lembar saham dalam mendatangkan laba perusahaan bersangkutan.

Kesimpulannya, profitabilitas adalah rasio keuangan yang digunakan untuk mengukur kinerja serta efektivitas manajemen usaha Anda. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Fajria Anindya Utami. Senin, 27 September 2021, 08:50 WIB. Apa Itu Profitabilitas?. Wartaekonomi.co.id : https://bit.ly/3JqcEmR