How-To

Apa Itu KTA? Simak Pengertiannya Secara Lengkap Disini!

KTA adalah istilah lain atau singkatan yang biasa disebut sebagai Kredit Tanpa Agunan. Ini merupakan salah satu produk pinjaman yang ditawarkan oleh bank. Produk pinjaman ini sangat diminati oleh nasabah karena nasabah bisa mengajukan pinjaman tanpa harus mempersiapkan agunan atau jaminan. Sistem Kredit Tanpa Agunan ini juga lebih sederhana sehingga peminatnya terus meningkat. Jika Anda tertarik untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan sebaiknya terlebih dahulu memahami Kredit Tanpa Agunan secara mendalam.

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan?

Kredit Tanpa Agunan adalah produk pinjaman yang ditawarkan oleh bank dimana nasabah tidak perlu memberikan agunan atau jaminan. Ketentuan dari Kredit Tanpa Agunan ini berbeda dengan proses kredit lainnya yang biasanya harus mempersiapkan jaminan. Contoh jaminan yang dipersiapkan seperti sertifikat, kendaraan, rumah dan sebagainya.

Kredit Tanpa Agunan juga bisa diartikan sebagai salah satu produk pinjaman bank yang menawarkan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan jaminan atas pinjaman yang diajukan.

Saat Anda membutuhkan dana secara mendesak, Kredit Tanpa Agunan ini menjadi pilihan terbaik. Alasannya karena proses pencairan Kredit Tanpa Agunan lebih cepat dibandingkan dengan kredit lainnya. Selain itu, syarat-syarat yang dibutuhkan juga tidak ribet.

Meski begitu, tidak semua orang yang mengajukan pinjaman ini disetujui oleh pihak bank. Pihak bank akan melakukan survei terlebih dahulu, apakah layak atau tidak. Survei yang dilakukan dengan melihat riwayat kredit dari pemohon. Riwayat kredit dibangun ketika Anda memiliki kredit motor, kredit mobil, kartu kredit, Kredit Tanpa Agunan dan sebagainya. Jika pengajuan pinjaman disetujui, pihak bank akan langsung menghubungi melalui telepon.

Ketika akan mengajukan Kredit Tanpa Agunan, Anda diharuskan untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Berikut dokumen-dokumen yang dimaksud:

  1. Fotokopi Kartu Tanpa Penduduk (KTP).
  2. Bukti penghasilan (Slip Gaji).
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  5. Fotokopi kartu kredit.

Kelebihan Kredit Tanpa Agunan

1. Syaratnya Mudah

Kredit Tanpa Agunan memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah syaratnya sangat mudah. Sebagai kredit tanpa jaminan atau agunan berarti siapa saja bisa mengajukan pinjaman ini meski tidak memiliki aset. Beberapa aset yang biasanya digunakan untuk jaminan adalah mobil, motor, rumah dan sebagainya.

Namun, untuk mengajukan pinjaman ini Anda harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan bisa dipersiapkan tanpa ribet. Beberapa dokumen yang diminta oleh pihak bank adalah identitas diri calon nasabah, seperti fotokopi KTP, fotokopi KK dan juga catatan riwayat pembayaran kartu kredit untuk bulan terakhir. Pengajuan pinjaman ini bisa dilakukan secara online. Dimana dokumen yang diminta bisa di scan lalu di upload di halaman kredit bank yang dipilih.

2. Waktu Pencairan Dana Sangat Cepat 

Jika Anda sedang membutuhkan dana dengan cepat, Kredit Tanpa Agunan menjadi solusi tepat. Ini dikarenakan proses pencairan dana Kredit Tanpa Agunan sangat cepat dan hanya membutuhkan waktu selama 2-3 hari saja. Apabila Anda segera menerima pencairan dana yang dibutuhkan maka syarat-syarat yang dibutuhkan harus dipenuhi. Jika belum lengkap maka pihak bank akan meminta untuk dilengkapi terlebih dahulu dan pastinya akan memakan banyak waktu.

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

1. Suku Bunga Kredit Tanpa Agunan Relatif Tinggi

Salah satu kekurangan Kredit Tanpa Agunan adalah suku bunganya relatif tinggi. Suku bunga yang dipatok relatif tinggi dikarenakan peminjam tidak perlu mempersiapkan agunan atau jaminan sebagai syarat pengajuan pinjaman. Oleh karena itu, pihak bank kemudian membebankan nasabah dengan suku bunga yang cukup tinggi.

Sebelum mengajukan Kredit Tanpa Agunan Anda harus mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu, terutama soal pembayaran cicilan. Jika suku bunganya tinggi berarti cicilan yang harus dibayar juga akan tinggi.

2. Jumlah Pinjaman Cenderung Rendah 

Berbeda dengan produk pinjaman lainnya, Kredit Tanpa Agunan hanya akan memberikan pinjaman dengan nominal yang cenderung rendah. Biasanya limit pinjamannya hanya sebesar Rp 200 juta saja. Jumlah limit pinjaman yang rendah pasti akan mempengaruhi masa tenor pinjaman. Limit yang kecil membuat tenor pembayaran cicilan menjadi semakin pendek sehingga cicilannya cenderung besar.

Itulah informasi mengenai Kredit Tanpa Agunan secara lengkap. Pada dasarnya KTA adalah produk pinjaman yang dimiliki oleh bank. Dimana, calon nasabah bisa mengajukan pinjaman meski tidak memiliki agunan. Produk pinjaman ini memiliki kelebihan maupun kekurangan. Selain KTA, Anda juga bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis Eco Racing dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Prospeku.com. 10 Agustus 2021. KTA Adalah: Pengertian, jenis, Syarat, dan Contohnya. Prospeku.com : https://bit.ly/3pGVrg4

Share this Post

Artikel Terbaru