How-To

Agar Hidup Makin Cuan, Berlakulah Bijak terhadap Pengeluaran

Sebenarnya yang bisa bikin hidup kita cuan bukan dari seberapa besar pendapatan kita setiap bulan, namun tergantung dari seberapa banyak uang yang bisa kita hemat untuk disimpan. Sebab, seberapapun besar uang yang kita hasilkan - pada akhirnya tergantung pada kemampuan kita dalam mengelola uang tersebut sebaik mungkin. Oleh karena itu, perlu untuk berlaku bijak mengelola keuangan terutama menyangkut hal pengeluaran. Diperlukan adanya penataan yang benar supaya hidup kita makin cuan. Gimana caranya? Berikut Investree ingin membagikan ulasannya kepada Anda di bawah ini!

Lakukan pembelian di saat yang tepat

Setiap barang yang Anda butuhkan punya waktu pembelian terbaiknya. Seperti, motor/mobil dan barang elektronik biasanya dijual dengan diskon besar pada akhir tahun karena di awal tahun berikutnya produsen akan mengeluarkan barang produksi yang baru. Untuk produk fashion, Anda bisa mendapatkan harga terbaik pada momen perayaan hari besar, atau tepat setelahnya karena produk yang dijual biasanya menyesuaikan tema, misalkan Idul Fitri temanya busana muslim, atau Hari Imlek temanya nuansa warna merah. Setelah momen perayaan berlalu, produk dengan tema tertentu akan sepi peminat dan dijual dengan harga yang murah.

Beli barang yang benar-benar akan digunakan

Jangan membeli suatu barang karena ingin tapi karena butuh. Ketika Anda ingin membeli barang-barang berkualitas tinggi dengan harga murah, cobalah mencari barang second/barang bekas yang kondisinya masih bagus. Seperti mobil baru biasanya akan mengalami depresiasi yang signifikan di tahun pertama, sehingga Anda bisa membeli mobil tersebut setelah berumur 2 - 3 tahun dari tanggal produksinya, pasti jadi lebih murah. Pastikan mobil bekas yang Anda pilih masih memiliki jarak tempuh rendah, lengkap berkas-berkasnya termasuk rutin membayar pajak, atau Anda bisa meminta mekanik untuk memeriksanya sebelum membeli.

Hindari pengeluaran yang hanya bertujuan untuk meningkatkan status

Ketika suatu barang/merek tertentu berhasil melambangkan simbol status sosial seseorang, orang akan berlomba-lomba memiliki barang tersebut agar terlihat sama dengan yang lain. Padahal, kan, tidak semua orang memiliki kemampuan ekonomi yang sama. Untuk mengesankan orang lain, tidak melulu hanya dengan barang-barang yang Anda miliki, tapi juga bisa melalui kemampuan yang Anda punya. Atau, lebih baik lagi untuk tidak mengkhawatirkan tentang apa yang dipikirkan orang lain, tapi utamakan apa yang bisa membuat Anda nyaman dan bahagia.

Beli produk karena kualitasnya

Selain membeli barang di waktu yang tepat, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas barang sebelum membeli. Membeli satu barang dengan kualitas baik meski harganya lebih mahal, asal sering Anda gunakan bisa jadi lebih murah. Ketimbang Anda hanya terus-menerus membeli beberapa barang yang murah karena tidak kunjung merasa puas dengan apa yang Anda miliki. Ditambah, belum tentu semuanya akan terpakai. Kita akan cenderung terus-menerus menggunakan suatu barang yang berfungsi dengan baik atau pas pada saat dikenakan.

Sewa, tidak harus membeli baru

Terkadang Anda membutuhkan barang yang hanya dipakai untuk sementara waktu atau digunakan dalam waktu yang singkat, seperti baju pengantin, busana pesta atau perayaan lain, atau pakaian hamil yang modis, putuskan untuk sewa saja ketimbang harus membelinya. Saat ini sudah banyak yang menawarkan jasa/layanan tersebut sehingga bisa kita temukan dengan mudah. Anda juga bisa menyewa perlengkapan bayi, bahkan sampai mainannya, tas sampai perhiasan mewah ketimbang harus membeli baru setiap saat. Karena, ketika sudah tidak dibutuhkan, barang-barang tersebut hanya akan menjadi pajangan.

Berbelanja saat stok bahan makanan benar-benar habis

Daripada Anda harus pergi berbelanja setiap dua hari sekali, lebih baik Anda membagi belanjaan yang dibeli secara mingguan dan bulanan. Berbelanjalah ketika bahan-bahan makanan yang disimpan sudah benar-benar habis, tapi jika belum - berkreasilah membuat menu makanan dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur Anda. Tujuannya agar Anda tidak bolak-balik pergi ke toko kelontong yang berpotensi membuat Anda jadi lebih boros (membeli yang tidak dibutuhkan) karena terlalu sering mengunjunginya.

Lakukan berbagai proyek mandiri

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menjaga penampilan. Kalau Anda bisa melakukan banyak pekerjaan rumah sendiri, kenapa tidak? Toh, sekalian sambil berolahraga di rumah agar tetap sehat, daripada harus membayar lagi keanggotaan gym yang mahal. Lagipula, tidak akan ada yang tahu apakah Anda mencuci mobil sendiri atau menggunakan jasa cuci mobil mahal karena hasilnya sama saja. Pakaian bisa dicuci sendiri di rumah, rumah bisa dirapikan dan dibersihkan sendiri tanpa pembantu, atau mengerjakan perbaikan kecil di rumah tanpa harus memanggil tukang, tutorialnya bisa Anda cari sendiri di YouTube.

Pilih tampilan secara strategis

Terkadang orang bisa menciptakan ilusi kemewahan sambil tetap berhemat. Seperti membeli satu kue ulang tahun dengan dekorasi menarik dari toko roti lokal yang belum ternama. Atau, membeli mobil bekas yang kondisinya bagus, memakai skin care dan perlengkapan make up merek lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan produk impor. Produk preloved merek high-end juga bisa menjadi alternatif pembelian Anda yang ingin tetap tampil mewah tanpa harus menguras kantong.

Berhenti menggunakan kartu kredit

Jika Anda benar-benar ingin menghemat pengeluaran, coba untuk tidak membawa kartu kredit saat berbelanja. Bawa uang secukupnya sesuai dengan budget yang telah ditentukan dalam anggaran bulanan Anda. Jika perlu, pastikan kartu kredit Anda tidak dapat diakses dengan mudah di banyak tempat, simpan ditempat aman yang jarang diakses, dan hapus informasi kartu kredit pada akun belanja online. Sehingga Anda tidak akan menggunakannya untuk pembelian yang sembrono.

Tidak melupakan investasi

Pengeluaran yang Anda keluarkan setiap bulan tentu tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Anda juga harus pertimbangkan menyisihkan sejumlah dana untuk ditabung atau diinvestasikan secara rutin. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi keuangan Anda secara jangka panjang supaya bisa lebih cuan. Investasi juga bisa membantu mencapai tujuan keuangan yang telah Anda susun. Asal Anda bisa melakukannya dengan komitmen tinggi, terus-menerus, dan gigih.

Itu tadi 10 perilaku bijak mengatur pengeluaran yang bisa bikin hidup Anda makin cuan. Supaya tambah lagi cuannya, yuk gabung menjadi #GenerasiCuan di Investree. Bagi Anda yang telah terdaftar dan terverifikasi sebagai Lender namun belum pernah melakukan pendanaan sama sekali, Investree menghadirkan Promo Poin Cuan hingga Rp10 juta. Caranya cukup dengan melakukan pendanaan skema pinjaman paling tidak 3 (tiga) kali selama periode berlangsung dengan nilai pendanaan minimal Rp1 juta. Periode Promo Poin Cuan berlaku dari tanggal 1 Februari - 30 April 2020. Informasi selengkapnya, klik di sini.

Ini bisa jadi kesempatan baik bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas hidup dengan menangkap peluang keuntungan yang besar. Mulai sekarang!

Referensi:

Maryalene LaPonsie. 6 Februari 2020. 15 Tips for Living Frugally Without Looking Cheap. US News: http://bit.ly/2Qru5tg

Mikey Rox. 4 Juli 2014. 13 Creative Ways to Avoid Spending Money. Wisebread.com: http://bit.ly/2x8aIPq

Share this Post