How-To

7 Usaha Sampingan untuk Karyawan yang Menguntungkan

Terkadang seorang karyawan membutuhkan pekerjaan sampingan dikala waktu senggangnya. Selain menghasilkan pendapatan tambahan, usaha sampingan karyawan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika bidang yang dipilih memang cukup Anda gemari. Lalu, jenis usaha sampingan apa saja yang bisa dikerjakan oleh seorang karyawan tanpa mengganggu pekerjaan utamanya?

ACD marketplace

Rekomendasi Usaha Sampingan Untuk Karyawan

1. Menjual Foto di Internet

Bagi karyawan yang menggemari fotografi dan memiliki perangkat yang mumpuni, ide usaha satu ini sangat tepat untuk dicoba. Tiap hasil jepretan gambar yang dihasilkan bisa dijual melalui situs-situs penjualan foto yang ada di internet. Nantinya, Anda bakal memperoleh komisi setiap ada pengguna yang menggunakan atau membeli foto Anda secara daring.

2. Jasa Penerjemah

Keterbatasan bahasa menjadi peluang bagi mereka yang menguasai bahasa asing. Mengingat banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah untuk memperluas jaringan bisnisnya.

Di era komunikasi global, para pengusaha dituntut untuk menjajakan barang dagangannya dalam berbagai bahasa. Nah, apabila Anda menguasai salah satu bahasa asing, Anda dapat mencoba usaha sampingan satu ini. Hanya dengan bermodal kemampuan berbahasa, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Adapun lowongan penerjemah bisa diakses melalui berbagai situs online. Umumnya, jasa satu ini banyak dicari untuk menerjemahkan berkas-berkas penting seperti jurnal, makalah, atau yang lainnya.

3. Bisnis Hampers

Dewasa ini, banyak orang yang membeli bingkisan alih-alih menghiasnya sendiri di rumah. Ini karena sekarang banyak toko yang menjual hampers dengan model dan penataan menarik. Selain itu, jenis hampers yang ditawarkan pun cukup beragam mulai dari hampers kue, perabotan rumah tangga, snack, cokelat, kosmetik, dan lain sebagainya. Peluang usaha hampers sendiri masih tergolong luas, sebab banyak konsumen yang membutuhkannya sebagai hadiah ulang tahun, perayaan hari besar, atau bahkan dikirim untuk klien tertentu.

ACD lender

4. Membuat Blog

Disadari atau tidak, dunia blogging sedang populer di 5 tahun terakhir. Anda dapat menjadikan blogger sebagai pekerjaan sampingan dan menambah uang jajan. Secara garis besar, topik yang paling banyak dipilih para blogger pemula adalah panduan untuk melakukan suatu hal dan berita terkini. Sebagai tambahan catatan, penghasilan seorang blogger tidak hanya berasal dari iklan yang ditampilkan Google saja, namun iklan lain dari pihak ketiga yang jumlahnya cukup menggiurkan.

5. Jasa Desain Grafis

Jika Anda cukup lihai dalam mereka desain grafis, maka peluang usaha ini patut dicoba. Agar bisa berhasil, Anda perlu memperbanyak portofolio dan selalu mengasah kemampuan desain grafis yang dimiliki.

Terkait dengan modal usaha, apabila Anda memanfaatkan pangsa desain online, Anda hanya membutuhkan uang untuk pembayaran koneksi internet saja. Asalkan Anda sudah memiliki software desain sendiri.

6. Jasa Pengetikan

Target utama dari usaha ini adalah murid sekolah dan mahasiswa. Sebagaimana kita sadari, saat ini banyak sekali siswa dan mahasiswa yang enggan mengetik sendiri tugas atau skripsinya dikarenakan satu dan lain hal. Tentu hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang. Soal tarif, Anda bisa menawarkan tarif per kata atau per halaman.

7. Menjual Artwork

Pasar artwork masih sangat luas. Terlebih dengan adanya fakta bahwa belum banyak orang yang mendalami bisnis online di bidang ini, padahal peminatnya sangatlah banyak. Tipe artwork yang bisa Anda jual cukup bervariasi, mulai dari ilustrasi, sketsa, lukisan, ikon, hingga wallpaper. Untuk bentuk artwork, bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen, apakah mereka menghendaki artwork dalam bentuk benda fisik maupun berkas digital.

Itulah beberapa jenis usaha sampingan karyawan yang bisa Anda coba. Apapun itu pilihan Anda, pastikan agar jenis usaha sampingan yang dipilih tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

ACD borrower

Referensi:

Fitriana Monica Sari. 01 Feb 2019, 07:20 WIB. 10 Ide Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Karyawan. Liputan6.com: https://bit.ly/3ltO8Ys

Share this Post

Artikel Terbaru