7 Tips Menabung Untuk Membeli Mobil yang Dapat Anda Lakukan

Ada beberapa tips menabung untuk beli mobil yang penting Anda terapkan. Mengingat harga mobil yang tidak murah, Anda harus menyiapkan budget yang cukup besar. Untuk itu, menabung sangat penting Anda lakukan untuk mengumpulkan budget membeli mobil. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membeli mobil, simak beberapa tips menabung untuk membeli mobil dibawah ini.

1. Fokus

Hal paling utama yang perlu dilakukan adalah fokus. Cara agar bisa fokus yaitu dengan menentukan tujuan dari kegiatan menabung. Semakin jelas tujuan uang disisihkan atau ditabung, akan menjadi motivasi tersendiri untuk segera mencapai target tabungan itu sendiri. Misalnya saja dengan jelas membuat sebuah tabungan dengan tujuan untuk segera bisa membeli sebuah mobil impian.

2. Sisihkan Uang saat Terima Gaji

Untuk lebih memudahkan kebiasaan menabung atau menyisihkan uang, ada baiknya saat menerima gaji langsung sisihkan sedikit uang yang baru diterima. Jangan gunakan uang gajian untuk hal apapun sebelum disisihkan untuk tabungan. Cara ini menghindari gagalnya penyisihan uang yang biasa terjadi jika menabung dengan menunggu sisa uang gaji.

Memang ada beberapa yang menabung dengan cara menunggu uang sisa belanja bulanan. Ini bisa saja dilakukan namun jumlahnya cenderung lebih sedikit. Baiknya sisihkan uang tabungan di awal sehingga bisa lebih rutin dan jumlah lebih besar.

Selain itu, Anda bisa menyisihkan uang untuk investasi seperti reksadana. Jika Anda membeli reksadana, silahkan daftar ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

3. Belanja sesuai Kebutuhan

Membedakan kebutuhan dengan keinginan memang terkadang sulit bagi sebagian orang. Jika sudah memiliki niatan untuk menabung baiknya jangan sampai mudah membeli barang yang tidak sesuai kebutuhan. Menuruti keinginan hanya akan menghabiskan banyak uang. Pikir dengan tenang dan bijak barang mana yang sangat diperlukan dan mana yang bisa ditunda atau termasuk keinginan. Untuk ini bisa coba membuat daftar barang yang akan dibeli sebelum pergi berbelanja.

4. Kurangi dan Hindari Jajan

Bagi yang suka nongkrong atau membeli makanan ringan, jika ada niat untuk menabung sebaiknya mulai dikurangi. Bila perlu saat bekerja atau keluar rumah agar tidak membeli makanan siapkan bekal dari rumah. Selain porsi bisa lebih banyak, higienis, juga akan lebih hemat biaya.

5. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Hidup hemat adalah soal kebiasaan. Mungkin bagi yang tidak terbiasa saat mengawalinya akan terasa sangat berat. Hidup hemat seperti mematikan lampu di ruangan yang tidak dipakai, menghemat air, mengurangi waktu untuk menonton TV, lebih banyak melakukan kegiatan yang positif untuk bisa lebih hemat.

Saat mengawali akan terasa berat, namun jika sudah terbiasa saat tidak melakukannya justru akan merasa kurang nyaman. Ini adalah kunci sukses dalam menabung. Untuk bisa menerapkan gaya hidup hemat ini bisa dengan cara memulainya dengan mengurangi waktu untuk nongkrong.  Kurangi juga jajan di luar dengan selalu membawa bekal sendiri.

6. Buat Anggaran

Anggaran adalah daftar belanja beserta dengan nilai barang yang akan dibeli. Ini adalah salah satu cara untuk bisa mengetahui besar uang belanja bulanan yang akan dikeluarkan, uang yang harus masuk ke dalam rekening tabungan, arah pengeluaran jadi lebih jelas dan teratur. Usahakan untuk mengeluarkan uang lebih sedikit dari anggaran, sisanya bisa masuk ke rekening tabungan juga.

7. Buka Rekening Berbeda

Untuk menyisihkan uang tabungan, sangat disarankan untuk membukakan rekening sendiri. Ini untuk menghindari uang yang sudah disisihkan untuk tabungan tidak ikut terpakai. Saat menerima gaji pun uang bisa langsung dimasukkan ke rekening khusus tabungan ini.

Itulah beberapa tips menabung untuk beli mobil yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Trusvation. 10 November 2020. 10 Tips Menabung Buat Kamu yang Ingin Beli Mobil Secara Cash. Trusvation.com : https://bit.ly/3F228Q8