How-To

6 Syarat Menjadi Supervisor yang Wajib Anda Ketahui

Syarat menjadi supervisor penting Anda ketahui dan dipelajari dari sekarang. Supervisor memiliki tugas untuk mengawasi dan memberi pengarahan kepada karyawan perusahaan. Tentu, tidak sembarang orang bisa menjadi supervisor. Anda harus harus teliti dan sudah menguasai dengan baik tentang pekerjaan supervisor. Untuk mengetahui syarat-syarat menjadi seorang supervisor, Anda bisa pelajari secara lengkap di bawah ini.

Syarat yang Harus Dipenuhi Seorang Supervisor

1. Lulusan Sarjana

Syarat menjadi supervisor yang pertama adalah Anda harus mempunyai ijazah sarjana. Jika Anda menggunakan ijazah Sekolah Menengah Atas atau Diploma Satu, Diploma Dua, Diploma Tiga, dan Diploma Empat mungkin masih sangat sulit untuk menjadi supervisor dalam perusahaan. Meski begitu, Anda bisa mencoba terlebih dahulu untuk melamar kerja sebagai supervisor. Jika ditolak berkali-kali, sebaiknya Anda melanjutkan pendidikan terlebih dahulu dan menjadi sarjana mengingat banyak pelamar yang mempunyai ijazah S1. Lulusan sarjana yang relevan dengan kebutuhan supervisor seperti bidang IT, manajemen, supervisor restoran, dan masih banyak lagi.

2. Memiliki Sertifikat Kursus dalam Bidang yang Dibutuhkan

Lulusan Sarjana saja tidak cukup bagi Anda untuk menjadi seorang supervisor. Anda juga harus benar-benar mempunyai skill yang mumpuni dalam bidang keterampilan yang relevan dengan bidang pekerjaan supervisor yang dibutuhkan. Hal ini harus Anda buktikan dengan adanya sertifikat kursus yang menyatakan bahwa Anda telah lulus mengikuti sebuah kursus keterampilan dalam bidang tertentu.

3. Memiliki Pengalaman Organisasi

Pengalaman organisasi menjadi salah satu persyaratan utama dalam perekrutan supervisor. Jika Anda mempunyai banyak pengalaman organisasi, Ini akan menjadi nilai tambah karena Anda dipandang bisa bekerjasama dengan baik dalam sebuah tim. Pengalaman organisasi sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan, di mana setiap individu yang bekerja harus mampu beradaptasi dan bersosialisasi dengan pekerja lain.

4. Memiliki Pengalaman dalam Bidang Pengawasan

Selain pengalaman organisasi, pengalaman dalam bidang kepengawasan juga memberikan nilai lebih saat proses perekrutan supervisor nantinya. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang masih fresh graduate untuk diterima menjadi supervisor. Setiap perusahaan memiliki kompetensi dan syarat-syarat yang berbeda untuk rekrutmen supervisor.

5. Memiliki Skill Komunikasi yang Baik

Skill komunikasi yang baik sangat penting Anda miliki jika ingin menjadi supervisor. Dengan komunikasi yang baik, Anda bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja. Selain itu, pekerjaan supervisor juga identik dengan banyak komunikasi dan evaluasi dengan para karyawan dan juga tentunya dengan direktur perusahaan.

6. Mengerti Kebijakan Perusahaan dan Pedoman Hukum Lapangan

Syarat yang terakhir, Anda harus mengerti tentang kebijakan perusahaan secara umum. Anda harus paham tentang pedoman hukum yang diterapkan di lapangan. Pekerjaan supervisor tidak hanya di kantor, supervisor juga harus terjun ke lapangan secara langsung.

Itulah beberapa syarat menjadi supervisor yang Anda harus penuhi. Jadilah seorang supervisor yang profesional, kompeten, dan tidak pandang bulu dalam menilai siapapun. Selain menjadi supervisor yang baik untuk perusahaan, Anda juga harus menjadi supervisor untuk diri sendiri agar selalu disiplin dalam berbagai hal, salah satunya menabung dan investasi. Anda bisa mengalokasikan sebagian gaji atau dana Anda dengan melakukan pendanaan di Investree agar memperoleh imbal hasil atraktif hingga 20% p.a. Unduh aplikasi Investree for Lender di Apple App Store dan Google Play Store sekarang dan kembangkan dana Anda dengan berbagai cara dan pilihan seperti Pendanaan Pinjaman, SBN Ritel, dan Reksa Dana for Lender.

Referensi:

Admin. May 28, 2021. Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor. Jobskarir.id: https://bit.ly/3kDft9W

Share this Post

Artikel Terbaru