How-To

5 Kerajinan dari Bahan Limbah yang Dapat Anda Terapkan

Saat ini kerajinan dari bahan limbah kembali mendominasi pasar kerajinan yang ada. Walaupun terbuat dari bahan bekas dan sisa, tetapi kerajinan tersebut juga tak kalah cantik. Bahkan, nilai jualnya sangat tinggi dan bisa diimpor ke Luar Negeri. Bahan limbah yang digunakan pun sangat bermacam-macam dan bisa digunakan untuk membuat kerajinan yang berbeda-beda pula. Namun untuk membuatnya, Anda juga harus menguasai berbagai macam teknik tertentu.

Contoh Kerajinan Limbah Bernilai Jual Tinggi

Banyak sekali contoh kerajinan dari bahan limbah yang sudah ada. Kerajinan-kerajinan tersebut terbukti sukses terjual di pasaran dengan harga jual yang sangat fantastis. Padahal, modal yang digunakan tidaklah terlalu besar. Hanya saja, Anda harus tekun mengelola usaha tersebut dan harus bisa membuat inovasi baru yang menarik dan belum pernah ada sebelumnya.

1. Kerajinan Botol Bekas

Botol bekas adalah satu limbah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam kerajinan yang cantik. Mencari botol bekas pun sangat mudah karena Anda bisa menemuinya di mana-mana. Jika membeli pun harga botol tersebut juga lumayan terjangkau.

Setelah mengumpulkan botol, Anda hanya tingga membersihkannya. Lalu, bentuklah botol tersebut berdasarkan jenis kerajinan yang Anda inginkan. Anda bisa membuat tas, lampion, dan berbagai kerajinan lain dari botol bekas yang menarik dan bernilai jual tinggi.

2. Kerajinan Cangkang Telur

Limbah cangkang telur yang menumpuk di dapur ternyata juga bisa Anda sulap menjadi kerajinan yang mempunyai nilai jual. Anda bisa membuat kotak tisu, hiasan meja, vas bunga, dan masih banyak kerajinan yang lain.

Tentunya, dalam membuat kerajinan dari cangkang ini Anda juga harus memadukannya dengan bahan lain. Hal ini bertujuan supaya kerajinan yang Anda buat nantinya menarik, tahan lama, dan bisa diperjualbelikan.

3. Kerajinan Batok Kelapa

Selama ini sudah banyak kerajinan yang terbuat dari limbah batok kelapa. Akan tetapi, Anda tetap bisa mengembangkan usaha dalam bidang ini dengan mengaplikasikan sentuhan-sentuhan serta inovasi yang kreatif agar konsumen tetap tertarik.

Batok kelapa bisa Anda sulap menjadi tas, dompet, tempat tisu, dan masih banyak kerajinan yang lainnya. Hanya saja, dalam proses pembuatannya, membutuhkan tenaga yang banyak dan mental pantang menyerah karena prosesnya memanglah rumit.

4. Kerajinan Cabang Pohon

Kayu dari cabang pohon kering yang biasanya hanya dibakar atau dibuang, sekarang ini bisa Anda jadikan kerajinan yang mempunyai daya jual tinggi. Hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai tangkai bunga hias.

Bersihkan kayunya dan haluskan hingga permukaannya terasa halus. Setelah itu, berikan pernis pada kayu tersebut hingga permukaannya mengkilap. Lalu, Anda bisa memberikan tempelan bunga dan daun di tangkai tersebut sehingga laku dijual untuk bunga hiasan rumah.

5. Kerajinan Kain Perca

Kain perca tentu banyak sekali di penjahit. Seringkali hal tersebut hanya dibuang dan tidak ada manfaatnya. Hal tersebut sungguh disayangkan. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang Anda bisa memanfaatkan kain ini menjadi sebuah kerajinan.

Kerajinan dari kain perca ini bisa disulap menjadi boneka, aneka tempelan dinding, dan kerajinan yang lainnya. Dengan sentuhan kreativitas Anda, pastinya kerajinan tersebut akan mempunyai daya jual tinggi.

Itulah beberapa kerajinan dari bahan limbah yang bisa Anda jadikan referensi untuk memulai usaha dari bahan bekas tersebut. Salah satu kunci utama agar Anda bisa sukses dalam mengelola usaha ini adalah tetap mengedepankan kualitas produk yang dijual. Ini sangat penting dilakukan agar konsumen setia dan tetap percaya pada produk Anda. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Kumparan. 28 Agustus 2020 18:53. 4 Contoh Kerajinan Bahan Limbah yang Kreatif dan Berguna. Kumparan.com : https://bit.ly/3EXlrcV

Share this Post