How-To

5 Faktor Keberhasilan Wirausaha dalam Dunia Bisnis

Banyak faktor keberhasilan wirausaha yang penting diketahui. Menjadi seorang wirausaha bukan pekerjaan yang mudah. Anda harus bisa memanajemen segala sesuatu yang terkait dengan usaha Anda sebaik mungkin. Wirausaha yang sukses tidak lahir secara instan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari dibawah ini.

Macam-Macam Faktor Keberhasilan Wirausaha

Percaya diri, berani, mengambil risiko, dan tindakan merupakan beberapa faktor keberhasilan wirausaha. Faktor-faktor tersebut masih sebagian kecil saja dan masih banyak faktor lain yang akan menunjang kesuksesan Anda sebagai wirausaha. Simak beberapa faktor keberhasilan wirausaha yang sangat penting.

1. Memiliki Modal Uang yang Cukup

Sebuah usaha tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya modal uang yang cukup. Hal ini menjadi salah satu faktor penting berhasil atau tidaknya seorang wirausaha dalam menjalankan bisnisnya. Pastikan modal yang Anda miliki tidak pas-pasan.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi, pengembangan produk dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa melakukan promosi dengan lancar dan maksimal.

2. Memiliki Pengelolaan Keuangan yang Baik

Selain modal yang cukup, wirausaha yang berhasil juga pastinya mempunyai pengelolaan keuangan yang baik dan tertata. Catatlah dengan rapi semua pengeluaran dan pemasukan keuangan dalam perusahaan Anda.

Jika keuangan tidak dikelola dengan baik, maka hal tersebut akan sangat rawan terhadap kerugian tanpa diketahui sebab-sebabnya. Anda harus selalu waspada dan hati-hati terhadap hal ini.

3. Bisa Memanfaatkan Peluang

Jika Anda ingin berhasil menjadi seorang wirausaha, maka Anda harus tanggap dan mampu melihat peluang yang ada. Sebab, saat ini banyak sekali persaingan dalam dunia wirausaha yang bisa menjadi pesaing berat Anda.

Jika Anda tidak mempunyai inovasi dalam wirausaha dan memanfaatkan peluang yang ada, maka Anda pun akan kalah saing. Jika itu sudah terjadi, maka Anda pun akan mengalami kebangkrutan secara perlahan-lahan.

Saat Anda sedang menjalankan sebuah usaha, Anda bisa mengembangkan dana yang Anda miliki ke instrumen-instrumen investasi seperti Pendanaan. Salah satu platform pendanaan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store. Pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender.

4. Memiliki Perencanaan Usaha yang Jelas

Kesuksesan itu harus direncanakan. Jika Anda ingin menjadi seorang wirausaha yang berhasil, maka Anda pun juga harus memiliki perencanaan yang jelas sebelum benar-benar memulai usaha. Perencanaan tersebut harus jelas dan dibuat dengan serinci mungkin.

Dengan perencanaan yang Anda buat, maka ketika menjalankan usaha tersebut Anda hanya tinggal berpatokan pada rencana yang ada. Jika memang diperlukan sedikit perubahan, hal ini sangat memungkinkan untuk menyesuaikan kondisi di lapangan.

5. Bertekad dan Bekerja Keras

Tanpa tekad dan kerja keras, seorang wirausaha tidak akan pernah berhasil mencapai tujuan mereka. Sebab, kunci utama dalam usaha dan bisnis adalah kerja keras pantang menyerah menjalankan yang memang seharusnya dijalankan. Mental kerja keras dan pantang menyerah tersebutlah yang harus Anda bangun ketika akan memulai usaha.

Kerjakan apa saja yang ada di depan mata selama itu membawa kebaikan dan akan menguntungkan Anda. Juga, selalu usahakan semua hal yang terkait dengan bisnis tersebut agar tidak tenggelam dalam persaingan dan pada akhirnya harus gulung tikar.

Itulah beberapa faktor keberhasilan wirausaha yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin menjadi wirausaha yang sukses. Pastikan bahwa Anda selalu teliti dan hati-hati dalam menjalankan usaha yang sedang digeluti. Jangan sampai karena kecerobohan Anda sendiri, usaha tersebut perlahan-lahan mengalami penurunan dan pada akhirnya bangkrut.

Referensi :

Leukeun. 7 faktor yang mempengaruhi kesuksesan wirausaha. leukeun.com : https://bit.ly/3CJP3tN

Share this Post