Terjerat Pinjol? Berikut Tips Cara Lepas dari Pinjol

Terjerat Pinjol? Berikut Tips Cara Lepas dari Pinjol

Terjerat Pinjol? Berikut Tips Cara Lepas dari Pinjol – Cara membayar hutang pinjaman online menjadi hal yang harus dipahami untuk pihak orang yang mengajukan pinjaman online.

Kini, pinjaman online adalah alternatif untuk mendapatkan dana. Orang yang tergiur oleh akses pinjaman yang mudah tanpa melihat risiko yang ada. Risiko tersebut tidak lain adalah bunga pinjaman.

Meskipun OJK telah mengatur suku bunga optimal untuk pinjaman online legal, tapi pemilik utang biasanya kerap terjerat pinjol. Salah satu alasannya yaitu karena terkadang orang mempunyai lebih dari 1 pinjaman dalam waktu bersamaan. 

Berbagai upaya dilakukan untuk mencari cara membayar pinjol yang menumpuk. Meski terasa berat, tapi sebaiknya utang ini tidak dihindari. Justru sebaliknya, Anda harus mencari solusi yang tidak terlalu memberatkan Anda untuk membayar utang pinjol tersebut. 

Agar Anda terhindar dari jeratan pinjol, tentu ada banyak upaya yang dapat Anda lakukan. Apa saja upaya tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

Terjerat Pinjol? Berikut Tips Cara Lepas dari Pinjol

1. Menunjukan Niat Baik pada Pemberi Pinjaman

Ini adalah hal sederhana yang bisa menjadi penentu ke depannya. Tunjukkan niat baik Anda untuk membayar dan tidak kabur dari tagihan seperti mengganti nomor telepon atau memblokir nomor telepon pinjol.

Jika Anda dihubungi oleh pihak pinjol, beritahukan bahwa Anda berniat untuk membayar. Sampaikan juga kondisi keuangan Anda dan rencana Anda untuk membayar tagihan tersebut.

Hal tersebut akan menjadi catatan bagi pinjol, bahkan kemungkinan besar Anda akan diperlakukan dengan lebih baik dan diberikan solusi alternatif pembayaran. Misalnya, seperti restrukturisasi pinjaman.

2. Mengumpulkan Dana untuk Membayar Utang

Selanjutnya yaitu sisihkan setiap penghasilan yang Anda dapatkan. Lama-kelamaan tentu saja dana tersebut akan terkumpul dan mencapai jumlah yang Anda perlukan untuk membayar utang pinjaman online Anda.

Kuncinya yaitu komitmen dan disiplin. Komitmen untuk menyisihkan secara rutin dengan nominal yang telah Anda hitung tentunya. Disiplin untuk menyisihkan, menyimpan, dan tidak menggunakan dana pembayaran utang tersebut. Berikutnya yaitu konsisten dengan hal tersebut.

3. Urutkan Utang, Dimulai dari Utang dengan Pokok yang Terbesar

Anda harus mencatat dengan lengkap dan rinci berapa saja jumlah utang pinjaman online Anda. Kemudian, buat daftar sesuai dengan prioritas pelunasan. Tutup utang pertama yang mempunyai bunga tertinggi. Dengan demikian, Anda tidak harus menyisihkan uang hanya untuk membayar yang bunga besar tersebut.

Kemudian, Anda urutkan utang dari yang paling mendekati jatuh tempo. Hal tersebut bertujuan supaya bunga tidak menumpuk saat Anda membayar pinjol.

Daftar yang Anda buat bisa Anda jadikan sebagai panduan untuk menentukan utang pinjaman online mana yang pertama harus Anda bayar dan berlanjut sampai semua hutang berhasil Anda lunasi.

4. Jangan Mengajukan Pinjaman Lagi

Sebisa mungkin, jangan sampai Anda menambah utang baru. Anda jangan membayar hutang dengan mengajukan pinjaman yang baru atau istilahnya gali lubang tutup lubang. Justru sebaliknya, target Anda adalah untuk menghapus data di pinjol.

Apabila Anda bertanya, berapa lama utang pinjol dihapus, jawabannya yaitu tahunan. Data pinjaman Anda akan tetap terekam dalam data pinjol selama kurang lebih 5 tahun ke belakang. Maka dari itu, jika Anda berniat dan berkomitmen untuk melunasi utang pinjol Anda dengan cepat, maka akan lebih baik.

5. Menggunakan Tabungan

Tabungan yang sudah Anda simpan dari penghasilan sebelumnya bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan Anda seperti membayar hutang supaya permasalahan tersebut selesai satu per satu. Gunakan sebagian tabungan Anda untuk membantu membayar hutang. 

6. Menjual Aset

Menjual Aset seperti emas atau berlian menghabiskan waktu yang cukup singkat daripada menjual tanah dan rumah. Untuk itu, utamakan menjual emas dan berlian karena lebih cepat dan bisa dibeli kembali di kemudian hari.

Tips di atas bisa dilakukan dengan mudah asal Anda konsisten. Selain itu, butuh  perkembangan teknologi untuk memudahkan kehidupan apabila digunakan dengan tepat. 

Tapi, tidak jarang juga teknologi menjadi bencana untuk orang yang sembarangan menggunakannya seperti melakukan pinjaman online dengan syarat mudah. Hindari mengajukan pinjaman online pada orang yang menawarkan pinjaman dengan syarat mudah. Bukan itu saja, pinjaman dengan bunga yang tinggi justru akan menghabiskan seluruh harta dan keuangan yang Anda miliki.