Ekonomi

Mengenal Sistem Ekonomi Campuran Beserta Kelebihannya

Di setiap negara memiliki sistem ekonomi tertentu dalam menjalankan sektor perekonomiannya, salah satunya sistem ekonomi campuran. Dimana didalamnya terdapat interaksi atau kerjasama antara pemerintah dengan sektor swasta untuk melaksanakan kegiatan perekonomian. Sistem ekonomi yang dianut oleh suatu negara disesuaikan dengan kondisi masyarakat dan kebutuhannya.

Pada sistem ekonomi campuran maka pemerintah dengan pihak swasta akan saling berinteraksi untuk memecahkan masalah perekonomian yang ada. Oleh sebab itu peran antara pemerintah dan swasta selalu diusahakan supaya bisa berjalan dengan porsi seimbang. Pemerintah berperan dalam pengawasan dan pengendalian sementara swasta bebas menentukan kegiatan ekonomi yang ingin dilakukannya.

Pengertian Ekonomi Campuran

Ekonomi campuran adalah interaksi antara pemerintah sebagai pengawas dan pengendali serta pihak swasta yang menjalankan kegiatan ekonomi.

Sistem ekonomi campuran atau mixed economy sering dikaitkan dengan masalah kesejahteraan dimana kombinasi antara kepemilikan swasta dan pengawasan dari pemerintah bisa mewujudkan kemakmuran secara sosial di dalam kehidupan masyarakat.

Pelaksanaan ekonomi campuran seperti yang dianut oleh negara Indonesia mampu mencegah terjadinya penguasaan sumber daya yang vital bagi masyarakat oleh kelompok tertentu baik dari pemerintah maupun swasta.

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Campuran

Terdapat beberapa sistem perekonomian yang dianut oleh negara-negara di dunia ini. Indonesia adalah negara yang menganut sistem ekonomi campuran dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Pemerintah maupun pihak swasta dituntut selalu aktif dan menjaga kerjasamanya dalam menjalankan setiap bentuk kegiatan perekonomian.
  2. Tatanan ekonomi yang berlaku merupakan hasil perpaduan antara sistem ekonomi pasar dan juga sistem ekonomi terpusat.
  3. Sumber daya dan barang modal yang sifatnya vital dikuasai sepenuhnya oleh pemerintah.
  4. Adanya porsi yang seimbang antara peran pemerintah sebagai pengawas dan pengendali dengan sektor swasta dalam melaksanakan kegiatan perekonomian.
  5. Pemerintah melakukan campur tangan dalam pelaksanaan kegiatan perekonomian melalui pembuatan kebijakan ekonomi supaya bisa terjadi persaingan pasar yang sehat.
  6. Mekanisme pasar bisa menjadi penentu terhadap jenis produk, jumlah barang produksi dan juga harga-harga produk di dalam pasaran.
  7. Pihak swasta bebas menentukan dan melaksanakan segala bentuk kegiatan perekonomian namun tetap dalam batasan yang ditentukan oleh pemerintah.

Kelebihan Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran memiliki keunggulan dan kelebihan untuk negara yang melaksanakannya. Beberapa kelebihan dari sistem ekonomi campuran sebagai berikut :

  1. Distribusi barang maupun jasa diberikan kepada tempat-tempat yang paling tinggi kebutuhannya sehingga bisa berpengaruh pada harga, penawaran serta tingkat permintaan pasar.
  2. Mendorong munculnya inovasi dalam rangka memenuhi kebutuhan dari konsumen secara lebih efektif, efisien, kreatif dan terjangkau.
  3. Tingkat kerugian akibat mekanisme pasar bisa dikurangi atau diminimalisir karena adanya mobilisasi ke daerah yang lebih membutuhkan.
  4. Menjaga kestabilan pertumbuhan ekonomi negara karena perekonomian bisa bergerak lebih cepat.
  5. Monopoli oleh pihak swasta bisa diminimalkan karena adanya campur tangan dari pemerintah melalui kebijakan-kebijakan serta peraturan yang ditetapkan.
  6. Pemerintah bisa menjadi lebih fokus untuk memaksimalkan pemberdayaan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
  7. Produsen yang paling kreatif dan inovatif bisa mendapatkan alokasi modal lebih banyak.

Itulah penjelasan lengkap mengenai sistem ekonomi campuran yang bisa Anda pelajari. Pada sistem ekonomi campuran, pemerintah berperan sebagai pengawas serta pengendali dalam setiap kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh pihak swasta. Dengan sistem ekonomi ini, Anda bisa menyalurkan modal usaha dan mendapatkan modal usaha dengan aman karena sudah diawasi pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi salah satu platform keuangan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Anda bisa menyalurkan modal usaha dan mendapatkan modal usaha di Investree dengan mudah dan aman. Daftar sekarang juga di Investree.id!

Referensi :

Sistem Ekonomi Campuran : Pengertian dan Ciri-cirinya. Gramedia.com : https://bit.ly/3056rKR

Endah Murniesih. 2 Agustus 2021. Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pasar, Tradisional, Campuran, Komando. Tirto.id : https://bit.ly/3Fs2r7s

Share this Post

Artikel Terbaru