Ekonomi

Mengenal Ekonomi Kesehatan Secara Lebih Mendalam

Ekonomi kesehatan adalah salah satu disiplin ilmu ekonomi yang diterapkan pada ilmu kesehatan, baik itu kesehatan individu atau kesehatan masyarakat. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari apa itu ekonomi kesehatan serta hubungan antara ekonomi dan kesehatan dibawah ini.

Pengertian Ekonomi Kesehatan

Ekonomi kesehatan merupakan penerapan ilmu ekonomi dalam bidang kesehatan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan dengan tujuan untuk mencapai derajat kesehatan yang lebih optimal. Selain itu, ekonomi kesehatan juga bisa didefinisikan sebagai studi tentang permintaan dan penawaran yang berasal dari sumber-sumber daya yang terlibat dalam perawatan kesehatan serta dampak perawatan kesehatan bagi masyarakat.

Ekonomi kesehatan ini bisa dibilang sebagai aplikasi ilmu ekonomi di bidang kesehatan. Secara umum, ekonomi kesehatan ini akan lebih berkonsentrasi pada industri kesehatan. Menurut World Health Organization, ekonomi kesehatan merupakan penggunaan ilmu ekonomi pada kuantifikasi sumber daya untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan dan kuantifikasi dampak upaya-upaya kuratif, preventif maupun rehabilitatif terhadap produktivitas individu dan juga produktivitas nasional.

Kesimpulan dari beberapa pengertian diatas yaitu ekonomi kesehatan merupakan penerapan ilmu ekonomi di bidang kesehatan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Selain itu, ekonomi kesehatan ini merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari tentang supply dan demand sumber daya pelayanan kesehatan dan dampaknya bagi masyarakat.

Hubungan Antara Kesehatan dan Ekonomi

Kesehatan dan ekonomi tidak bisa dipisahkan karena keduanya memiliki hubungan yang erat. Inilah beberapa hubungan antara kesehatan dan ekonomi:

1. Kesehatan yang Buruk dan Baik akan Mempengaruhi Ekonomi

Salah satu masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat di Indonesia adalah kesehatan yang buruk. Kesehatan yang buruk membuat masyarakat sangat berisiko terserang berbagai penyakit berbahaya. Jika sudah sakit maka harus mengeluarkan biaya yang besar untuk mengobati penyakitnya. Kondisi tersebut akan mengakibatkan penurunan kemampuan untuk menikmati hidup, tidak bisa bekerja dan menurunnya penghasilan.

Sebaliknya jika kesehatan masyarakat baik maka memungkinkan masyarakat untuk tetap produktif dan bekerja sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebagai antisipasi disarankan untuk menyisihkan penghasilan yang didapatkan untuk membayar Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial atau asuransi kesehatan.

2. Kesehatan yang Buruk akan Mengancam Orang Lain

Kesehatan yang buruk tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga mengancam orang lain. Contohnya ketika Anda sedang sakit maka anggota keluarga lain akan membantu merawat sehingga tidak ada waktu untuk bekerja. Akibatnya penghasilan menjadi menurun dan kebutuhan hidup menjadi tidak terpenuhi.

Jenis penyakit yang ada di Indonesia ada beberapa yang merupakan penyakit menular. Jika penyakit yang diderita menular ke orang lain maka akan memberikan dampak buruk sehingga kehidupan ekonominya ikut menurun.

3. Masyarakat Sehat Maka Produktivitas Meningkat

Menerapkan pola hidup sehat menjadi salah satu cara untuk memiliki tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat menjadi lebih kuat dari serangan berbagai macam penyakit. Apabila kebiasaan tersebut diterapkan oleh semua orang, bukan tidak mungkin jika masyarakat akan terus sehat. Masyarakat sehat maka produktivitas akan meningkat sehingga pendapatan negara juga ikut meningkat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara.

Upaya pemerintah untuk membuat masyarakat sehat adalah dengan memberikan pelayanan kesehatan yang baik. Pelayanan kesehatan yang baik akan memberikan banyak manfaat untuk individu maupun masyarakat. Melindungi kesehatan masyarakat berarti juga melindungi negara.

Dari penjelasan diatas disimpulkan bahwasanya kesehatan dan ekonomi memiliki hubungan yang sangat erat. Tidak mengherankan jika pandemi covid-19 telah memberikan dampak bagi ekonomi. Saat masa pandemi Covid-19 produktivitas dan penghasilan masyarakat menurun drastis sehingga pemerintah bekerja keras untuk segera mengatasi masalah kesehatan ini.

Itulah informasi tentang ekonomi kesehatan secara lebih mendalam. Pada dasarnya ekonomi kesehatan adalah ilmu ekonomi yang diterapkan pada bidang kesehatan. Dimana kesehatan dan ekonomi menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Untuk mengembangkan usaha ekonomi kesehatan tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Gatra.com. 01 Desember 2020. Hitungan Pandemi Covid-19 dari Kacamata Ekonomi Kesehatan. Gatra.com. https://bit.ly/3iSDZCu

Bandi. 02 Mei 2016. Ekonomi Kesehatan. https://bit.ly/3iU934Y

Samudrabiru. 15 Oktober 2019. Ekonomi Kesehatan. Samudrabiru.co.id. https://bit.ly/3iUmhhW

Share this Post