10+ Challenge Menabung Sesuai Kepribadian, Kamu Wajib Coba!

10+ Challenge Menabung Sesuai Kepribadian, Kamu Wajib Coba!

Baik itu untuk tujuan jangka panjang atau pendek, menabung sangat dianjurkan demi mengamankan keuangan kamu. Namun, pelaksanaannya tidak selalu mudah. Ada saja godaan yang membuat kamu sulit disiplin menabung. Nah, challenge menabung mungkin bisa bantu kamu agar aktivitas saving lebih menyenangkan dan tidak membebani.

Saat melakukan saving challenge atau tantangan menabung, sebaiknya disesuaikan dengan tipe kepribadian kamu agar lebih efektif.

Apa itu saving challenge?   

Tantangan menabung adalah aktivitas penganggaran (budgeting) untuk mendorong seseorang mencapai tujuan keuangan tertentu dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Saving challenge juga memudahkan kamu untuk melacak pengeluaran dan menetapkan tujuan/target untuk dicapai.

Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi ketika ingin challenge menabung yang kamu lakukan berhasil. Apa saja?

  • Berjanji ke diri sendiri untuk konsisten menabung 
  • Kamu harus memiliki tujuan atau target yang jelas
  • Tahu berapa banyak uang yang ingin kamu hemat dan jangka waktunya
  • Punya kemudahan akses untuk melacak pengeluaran

Challenge menabung sesuai kepribadian

Memilih tantangan menabung yang sesuai dengan kepribadian, lebih mempermudah tercapainya tujuan atau target yang ditetapkan. Lalu, bagaimana caranya? Pertama-tama kamu harus mengetahui dulu tipe kepribadianmu, bisa menggunakan tes MBTI

Apa itu MBTI? MBTI adalah kependekan dari Myers-Briggs Type Indicator, sebuah tes kepribadian dengan serangkaian pertanyaan tentang preferensi seseorang pada empat domain yang berbeda.   

10+ saving challenge yang bisa kamu coba

Tantangan menabung ini dibagi menjadi empat tipe personal, yaitu:

  1. Dedicated Stewards → MBTI: ISTJ, ISFJ, ESTJ, ESFJ.
  2. Wise Analyst → MBTI: INTJ, INTP, ENTJ, ENTP.
  3. Wealth Builder → MBTI: INFJ, INFP, ENFJ, ENFP.
  4. Bold Explorer → MBTI: ISTP, ISPF, ESTP, ESFP.

Berikut tantangan menabung yang sesuai untuk masing-masing tipe di atas:

Dedicated stewards

Apa saja challenge menabung yang cocok untuk tipe ini?

52-Week Money Challenge

Ini tantangan yang mudah untuk dimulai, tanpa perlu banyak uang dan tenaga. Ketentuan dalam tantangan ini adalah harus menyetorkan sejumlah uang yang nilainya terus meningkat setiap minggu. 

Misal, di minggu pertama kamu menabung Rp5.000. Minggu kedua naik menjadi Rp10.000, begitu seterusnya menggunakan kelipatan yang sama. Hingga di minggu ke-52, kamu harus menabung sebesar Rp260.000. Dengan begitu, total tabungan yang kamu miliki di akhir challenge ini mencapai Rp6.890.000.

Cash Only for a Month Challenge

Bila kamu sering tergoda untuk membeli barang yang ujung-ujungnya menyebabkan over spent, tantangan ini cocok buat kamu. Untuk memulai tantangan ini, cukup dengan berupaya meninggalkan semua kartu kredit, mengosongkan saldo e-money, dan hanya membawa uang tunai secukupnya ketika pergi ke mall atau saat berbelanja.

Dengan begitu, kamu hanya bisa membelanjakan uang yang kamu miliki di dompet. Sebelumnya, kamu perlu memiliki anggaran belanja. Jadi, bawa uang tunai hanya sesuai anggaran tersebut. Lalu, nominal over spent tadi, bisa kamu alihkan untuk ditabung.     

30-Day Minimalist Lifestyle Challenge

Jika kamu ingin memulai gaya hidup minimalis tapi bingung harus mulai dari mana, tantangan ini bisa jadi solusi. Setiap hari selama 30 hari, coba jual satu barang bekas atau yang sudah tidak terpakai di rumah. Hasil penjualan barang tersebut, bisa langsung kamu tabung. 

Tentu kamu harus memilah barang yang sudah tidak terpakai dan yang masih bagus. Selesai memilah, tata rapi kembali barang yang masih bagus. Kenapa? Ya, barang-barang yang terorganisir membuat kamu lebih aware dan mencegah terjadinya pemborosan.   

Wealth builder 

Apa saja challenge menabung yang cocok untuk tipe ini?

26-Week Biweekly Savings Challenge

Jika menabung ke tabungan dengan nominal yang terus naik setiap minggu terasa sulit dan melelahkan, kamu bisa coba menaikkan nominalnya setiap dua minggu sekali. Lakukan selama 26 minggu, dan lihat berapa banyak uang yang akhirnya bisa kamu tabung. 

Misal, minggu pertama dan kedua kamu menabung Rp10.000, di minggu ketiga baru kamu naikkan nominalnya menjadi Rp20.000. Begitu seterusnya hingga di minggu ke-25 & ke-26, nominal tabungan yang harus disisihkan sebesar Rp130.000. Di akhir tantangan, kamu sudah berhasil menabung sebanyak Rp1.820.000. 

Money Throwdown Challenge

Bila tantangan menabung dilakukan bersama orang-orang terdekat, pasti lebih menyenangkan dan dapat memotivasi. Ini membuat kamu tetap berada di jalur yang benar. Tantangan ini bisa dibuat seperti perlombaan. Ada yang menang dan ada yang kalah.

Tetapkan durasi menabung dan aturan, seperti dalam jangka waktu tiga bulan – siapa yang mengumpulkan uang paling sedikit, dia yang kalah. Pihak yang kalah harus membersihkan kamar/rumah kos sang pemenang. Pihak yang menang akan mendapat hadiah. Tak perlu hadiah yang mahal – gunanya hanya untuk memotivasi. 

Savings Fever Challenge

Tantangan ini butuh kreatifitas kamu untuk membuat termometer tabungan. Saving fever challenge cocok kamu lakukan bersama keluarga (anak-anak). Untuk membuat termometer, kamu bisa menggunakan kertas karton. Pada bagian paling atas, tuliskan tujuan utama kamu menabung – misal, untuk membeli mobil baru. Diikuti tujuan penghematan lain yang lebih kecil pada bagian bawahnya (di setiap suhu). 

Contoh, suhu 20 derajat – target menabung untuk membeli tas/sepatu baru, suhu 30 derajat – untuk liburan keluarga, 40 derajat – untuk membeli emas batangan, begitu seterusnya. Saat kamu berhasil mencapai target tertentu, tinggal warnai bagian tersebut.   

Wise analyst

Apa saja challenge menabung yang cocok untuk tipe ini?

Weather Wednesday Challenge

Tantangan ini membantu kamu untuk bisa menabung dengan cepat. Caranya, setiap hari rabu – lihatlah perkiraan cuaca. Cari wilayah dengan suhu terpanas di provinsi tempat kamu tinggal dan tabung uang sejumlah suhu tersebut. 

Misal, kamu tinggal di Provinsi Jawa Tengah. Pada hari Rabu, kamu melihat perkiraan cuaca dan suhu terpanas ada di Kota Semarang mencapai 38 derajat celcius. Nah, kamu bisa tabung uang sebesar Rp38.000. Saat Rabu minggu depan tiba, cek kembali berapa suhu terpanas dan tabung uang sejumlah suhu tersebut. Tinggal tentukan sendiri, berapa lama kamu akan menabung. 

100 Envelope Money Challenge

Untuk bisa mengikuti tantangan ini, caranya cukup mudah, yaitu:

  • Ambil 100 lembar amplop. 
  • Tulis nominal Rp1.000 – Rp100.000 di masing-masing amplop.
  • Setiap satu minggu sekali, ambil satu amplop secara acak.
  • Lalu, tabung uang sesuai nominal yang tertulis pada amplop. 

Jika kamu konsisten terus melakukannya sampai semua amplop habis, kamu bakal punya uang tabungan sebesar Rp5.050.000 dalam jangka waktu 100 minggu. Jika jangka waktunya dirasa terlalu lama, kamu bisa mengambil amplop sebanyak dua kali per minggu.    

Reversed 30 Days Saving Challenge

Tantangan ini cocok buat kamu yang menerima gaji bulanan. Yang lebih nyaman menabung dengan nominal lebih besar di awal bulan. Mau coba? Caranya mudah, kok. Kamu cukup menukar nominal angka yang ditabung dengan tanggal hari itu. 

Misal, pada tanggal 1 – tabung uang Rp30.000, tanggal 2 – tabung Rp29.000, hingga di tanggal 30 – kamu cukup menabung Rp1.000. Di akhir tantangan, kamu sudah berhasil menabung sebesar Rp465.000, lho. Bila dilakukan rutin setiap bulan selama satu tahun, total tabunganmu bisa mencapai Rp5.580.000.  

Bold explorer 

Apa saja challenge menabung yang cocok untuk tipe ini?

Kick a Bad Habit Challenge

Kalau kamu punya kebiasaan buruk dan sulit menabung, coba lakukan tantangan ini. Tantang dirimu untuk tidak melakukan pengeluaran yang bikin boros. 

Misal, kamu terbiasa membeli boba atau jajan sore setiap hari dan buat pengeluaran boncos. Nah, tantang dirimu untuk tidak melakukannya selama seminggu dan alihkan pengeluaran tersebut untuk ditabung. Bila kamu bisa menghemat Rp150 ribu per minggu, dalam sebulan tabunganmu sudah terkumpul Rp600 ribu.

Find Extra Money Challenge

Terkadang kamu tak sadar bahwa ada banyak uang receh tercecer di mana-mana. Terkadang ada tumpukan koin di mobil, uang kembalian yang tertinggal di saku celana, dan sering tidak kamu sadari. Nah, tantangan ini membuat kamu lebih menghargai uang kecil. 

Coba secara rutin mencari uang-uang tersebut, misal seminggu sekali. Uang koin Rp100 pun berarti, yang bila dikumpulkan nilainya bakal besar. Setelah terkumpul, masukkan ke dalam tabunganmu dan liat berapa banyak yang bisa kamu tabung dalam jangka waktu tertentu.  

No Eating Out Challenge

Beli makan di luar memang terkesan lebih simpel, dijamin enak, dan membuatmu tak perlu repot mencuci piring kotor. Namun, membuat kondisi keuanganmu terganggu karena pengeluaran pasti jadi membengkak. Jika kamu ingin bisa menabung, ada yang harus dikorbankan. Seperti, mengurangi makan di luar dan coba untuk masak sendiri di rumah. 

Sejalan dengan itu, coba lakukan tantangan ini dan lihat berapa banyak uang yang bisa kamu hemat karena lebih sering memasak di rumah. Pengeluaran yang kamu hemat dengan mengurangi frekuensi makan di luar, bisa kamu tabung. Misal kamu dapat menghemat Rp25.000 per hari. Lalu, buat tabel menabung bulanan dan lihat dalam sebulan kamu sudah berhasil menabung sekitar Rp750.000. 

Itu dia saving challenge yang bisa dipraktikkan untuk memudahkan kamu menabung. Memilih tantangan menabung sesuai tipe kepribadian akan membuatnya lebih efektif. Tentu diikuti dengan tujuan menabung yang jelas. 

Kamu selalu bisa memilih tantangan dari tipe kepribadian lain, bila itu dirasa lebih relate dengan tujuan keuanganmu. Yuk, lakukan sekarang agar tak menyesal kemudian!

Referensi:

Khairina F. Hidayati. 20 Januari 2023. Coba 13 Saving Challenge Ini, Nabung Jadi Makin Seru!. Glints.com: https://bit.ly/3NABNjk

Mint. 30 Juli 2022. Money-Saving Challenge: 30 Types For Every Personality in 2022. Mint.com (Blog): https://bit.ly/3nwTTYW