Ekonomi

Berikut 6 Perbedaan Deposito dan Giro Wajib Diketahui!

Perbedaan deposito dan giro perlu dipahami dengan baik agar calon nasabah tidak salah dalam memilih produk perbankan yang dibutuhkannya. Mengingat fungsi dan persyaratan keduanya cukup berbeda. Agar lebih mudah memahami perbedaan antara deposito dan giro, Anda dapat mengikuti ulasan lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Dasar Deposito dan Giro

1. Jumlah Minimal Transfer Harian

Setiap jenis simpanan di bank mempunyai limit transfer dan minimum berikut maksimum penarikan uang harian. Untuk produk giro, transaksi pemindahbukuan yang dapat dilakukan oleh nasabah mencapai ratusan juta dalam satu harinya. Sementara produk deposito hanya dapat ditarik sesuai dengan jangka waktu tertentu yang telah disepakati ketika pembuatan rekening tersebut.

2. Fungsi

Secara garis besar, giro difungsikan sebagai medium of transaction dalam nominal besar sampai ratusan juta di setiap harinya. Berbeda dengan deposito yang merupakan tabungan berjangka yang akan menyimpan dana simpanan nasabahnya sampai waktu yang disepakati tiba.

3. Laporan Transaksi

Nasabah pemegang akun rekening giro bakal memperoleh laporan transaksi bulanan sebagaimana jadwal yang sudah ditentukan oleh perbankan. Apabila nasabah memerlukannya di luar jadwal pemberian laporan, maka pihak bank akan mengenakan biaya tambahan atas permintaan tersebut. Sedangkan untuk deposito, tidak ada laporan khusus untuk diserahkan pada nasabah. Mengingat dana yang disimpan jumlahnya tetap sama dalam waktu tertentu seperti kesepakatan bersama antara nasabah dengan pihak perbankan.

4. Mata Uang

Giro memberikan pilihan kepada nasabah untuk menggunakan mata uang asing dalam proses transaksinya. Berbeda halnya dengan deposito yang hanya bisa memakai mata uang suatu negara. Namun sebagai catatan, kondisi ini bisa berubah tergantung pada ketersediaan bank apakah dapat menggunakan mata uang valas atau tidak.

5. Media Tarik Uang

Giro umumnya memanfaatkan media warkat cek atau bilyet giro tertentu sebagai media tarik uangnya. Sedangkan deposito dapat ditarik dengan dokumen yang sudah ditentukan sebelumnya.

6. Varian Produk

Jenis tabungan giro hanya ada satu, sementara deposito mempunyai 3 jenis yakni sertifikat, deposito berjangka, dan deposito on call.

Manfaat Menggunakan Produk Simpanan

Gambar 2

1. Dana Lebih Aman

Menyimpan sendiri dana di rumah memiliki risiko dicuri lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan produk simpanan. Ini karena penyedia produk tersebut sudah menggawani produknya dengan sistem keamanan tingkat tinggi, baik dari segi penyimpanan uang dalam brankas khusus ataupun keamanan bertransaksi lewat media online. Terlebih, lembaga penyedia produk simpanan biasanya sudah terlegalisir dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, risiko penipuan atau uang yang dibawa kabur sangatlah kecil.

2. Pengelolaan Keuangan

Menyimpan dana dengan produk simpanan akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan menjadi lebih efektif dan efisien. Seperti yang diketahui, terkadang keinginan untuk membeli ini dan itu mengikis simpanan kita sedikit demi sedikit. Pada akhirnya, besar pengeluaran yang perlu dianggarkan menjadi besar. Untuk alasan tersebut, Anda dapat menyimpan dana yang dimiliki lewat produk giro atau deposito agar nantinya dapat menggunakan simpanan untuk kebutuhan yang tepat.

3. Lebih Praktis

Nasabah rekening giro akan dimudahkan dalam hal membawa uang kemana-mana. Sebab, mereka tidak lagi perlu memboyong uang dalam jumlah besar saat melakukan perjalanan, melainkan dapat menggantinya dengan cek giro yang lebih ringkas dan praktis.

 

Itulah beberapa perbedaan deposito dan giro yang perlu Anda pahami dengan baik. Dengan demikian, Anda dapat memilih produk simpanan yang paling sesuai dengan preferensi berikut kebutuhan Anda saat ini. Jika Anda ingin mengembangkan dana dengan aman, Anda bisa daftar Investree for Lender yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Investree. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Perusahaan sebagai pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

 

Referensi :

Pranata Printing. Apa Perbedaan Tabungan, Giro dan Deposito? Berikut Ulasannya. Pranataprinting.com : https://bit.ly/3wKaQiy

Share this Post

Artikel Terbaru