Ekonomi

Apa Itu Sistem Ekonomi Pasar? Simak Pengertiannya

Sistem ekonomi pasar dipengaruhi sepenuhnya oleh naik ataupun turunnya permintaan dan penawaran yang ada di pasar. Seluruh kegiatan perekonomian beserta alokasi sumber daya ditentukan oleh bagaimana dinamika yang terjadi di pasar.

Salah satu negara yang menganut sistem ekonomi pasar adalah Amerika Serikat. Pemerintah sepenuhnya memberikan kebebasan kepada setiap individu untuk melakukan kegiatan perekonomian.

Konsep Sistem Ekonomi Pasar

Sistem ekonomi pasar adalah kebalikan dari sistem ekonomi sosialis. Dalam pelaksanaannya, hukum supply and demand sangat berpengaruh. Para pelaku sektor ekonomi diberikan kebebasan sepenuhnya untuk saling bersaing dan adu strategi supaya bisa memenangkan persaingan atas produk yang mereka buat serta pemasarannya.

Peran pemerintah atau negara yang menganut sistem ekonomi pasar hanya sebatas sebagai fasilitator, pelindung dan penengah jika terjadi suatu permasalahan. Tujuannya adalah untuk menjaga supaya kegiatan perekonomian tetap bisa berjalan dengan mulus dan lancar.

Karena hanya berperan sebagai fasilitator, pemerintah tidak boleh membuat regulasi yang sifatnya membatasi ataupun menghalangi kegiatan individu dan swasta berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Individu maupun swasta diberikan keluasan sebesar-besarnya untuk berkegiatan ekonomi sebaik-baiknya supaya bisa memperoleh imbal hasil semaksimal mungkin.

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pasar

Untuk bisa membedakan sistem ekonomi pasar dengan sistem ekonomi lainnya Anda harus mengetahui ciri-cirinya sebagai berikut.

  1. Swasta sepenuhnya mengatur dan memiliki sumber daya ekonomi secara bebas.
  2. Adanya pembagian kelas, strata atau status di dalam masyarakat yaitu buruh atau pekerja dengan pemilik modal.
  3. Terjadi sebuah persaingan usaha yang cukup ketat dalam melaksanakan kegiatan perekonomian.
  4. Tidak adanya intervensi atau campur tangan dari pemerintah dalam pasar.
  5. Pemilik modal memiliki hak atas sumber produksi.
  6. Tingkat partisipasi dari sektor swasta sangat tinggi karena diberikan kebebasan yang seluas-luasnya oleh pemerintah.
  7. Harga barang maupun jasa sepenuhnya dipengaruhi oleh besarnya supply and demand atau permintaan dan penawaran yang ada di pasar.

Keunggulan dan Kelebihan Sistem Ekonomi Pasar

  1. Menjamin semua barang maupun jasa yang diproduksi memang sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen berkat adanya interaksi antara permintaan dan penawaran (supply and demand) pada pasar. Dengan begitu maka konsumen rela membayar harga tinggi untuk sesuatu yang memang benar-benar dibutuhkannya dan berdampak pada keuntungan atau laba yang didapatkan oleh produsen.
  2. Barang dan jasa diproduksi secara efisien mungkin sehingga makin tinggi produktivitas sebuah perusahaan maka akan semakin produktif juga pendapatannya.
  3. Setiap individu bisa bebas melakukan kegiatan ekonomi yang sesuai dengan minat dan keterampilannya.
  4. Adanya persaingan usaha untuk membuat produksi yang berkualitas melalui inovasi dan teknologi.
  5. Iklim investasi bisa berkembang dengan baik sehingga mendukung peningkatan kualitas produksi.

Itulah penjelasan mengenai sistem ekonomi pasar yang penting Anda pelajari dari sekarang. Di dalam sistem ekonomi pasar, setiap individu diberikan kebebasan untuk melakukan kegiatan perekonomian sesuai keahlian dan keterampilan yang dimilikinya. Meski begitu, sistem ekonomi campuran di Indonesia juga memberikan Anda kebebasan dalam mengembangkan usaha namun harus tetap mengikuti peraturan pemerintah agar tidak melewati batas. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

28 Januari 2021. Keunggulan dan Kelemahan Sistem Ekonomi Pasar. Kelaspintar.id : https://bit.ly/3oM5phd

Bisnis. 10 Agustus 2021. Apa yang Dimaksud dengan Sistem Ekonomi Pasar? Berikut Penjelasannya. kumparan.com : https://bit.ly/3DpnCp0

Share this Post