Ekonomi

Apa Itu Modal Ventura? Simak Pengertian Berikut!

Modal ventura adalah modal yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan usaha. Suatu bisnis atau perusahaan bisa terbentuk apabila memiliki sejumlah modal yang cukup. Modal tersebut dibutuhkan oleh bisnis atau perusahaan untuk mendukung kinerja dan operasional bisnis. Tanpa adanya sejumlah modal yang memadai, maka perusahaan dapat mengalami kesulitan untuk bisa maju dan berkembang. Untuk mengetahui apa itu modal ventura secara lengkap, Anda bisa pelajari dibawah ini.

Apa Itu Modal Ventura?

Venture capital atau yang biasa disebut dengan modal ventura merupakan jenis investasi yang sistem pembiayaannya berupa penyertaan sejumlah modal ke sebuah perusahaan swasta selama periode waktu tertentu. Bentuk investasi modal ini berupa uang tunai yang diserahkan kepada perusahaan. Selanjutnya, perusahaan tersebut akan memberikan sejumlah saham kepada lembaga atau orang yang telah memberikan modal.

Umumnya, venture capital berasal dari para investor yang telah mapan maupun institusi keuangan yang melakukan kegiatan pengumpulan dana dari berbagai pihak dengan tujuan untuk berinvestasi. Sementara itu, pernyataan modal tersebut biasanya akan diberikan kepada startup atau perusahaan-perusahaan rintisan.

Manfaat Modal Ventura Bagi Perusahaan

1. Meningkatkan Potensi Usaha

Perusahaan yang memperoleh suntikan dana dari modal ventura bukan hanya akan menjadikan para investor sebagai pemberi dana saja, tapi juga sebagai partner bisnisnya. Dengan menjadikan investor sebagai rekan bisnis, maka perusahaan bisa mendapatkan banyak manfaat.

Sebab, investor bisa membantu dalam hal pengembangan inovasi, ide dan hal-hal penting lainnya yang membuat bisnis dapat berkembang semakin pesat. Dengan kata lain, kerjasama dengan investor dapat meningkatkan potensi usaha.

2. Pemasaran Produk semakin Efisien

Usaha mikro, kecil dan menengah atau perusahaan rintisan umumnya belum memiliki pemasaran yang maksimal akibat adanya keterbatasan dana. Saat mendapatkan venture capital, maka kredibilitas Usaha mikro, kecil dan menengah serta perusahaan rintisan tersebut akan meningkat.

Selain itu, maka citra usaha mikro, kecil dan menengah serta perusahaan rintisan tersebut juga semakin terlihat lebih baik di mata masyarakat. Dengan begitu, maka hal ini akan berdampak baik dalam hal pemasaran produk dimana pemasaran produk atau jasa bisa lebih maksimal.

3. Mendapatkan Kepercayaan dari Bank

Perusahaan yang baru awal berdiri, biasanya masih kesulitan untuk mendapatkan kepercayaan dari bank terkait peminjaman modal. Sebab, perusahaan tersebut umumnya belum memiliki manajemen yang stabil dan efektif. Pihak bank tidak dapat memberikan pinjaman uang sebagai modal kepada perusahaan tersebut karena tidak mau mengambil risiko.

Contohnya adalah risiko perusahaan tidak lancar membayar cicilan karena adanya kemungkinan mengalami kebangkrutan. Namun, hal tersebut bisa diatasi jika perusahaan telah berhasil mendapatkan venture capital. Setelah mendapatkan modal tersebut, maka akan lebih mudah bagi perusahaan untuk mendapatkan modal dari bank.

4. Rentabilitas Semakin Membaik

Perusahaan rintisan yang telah mendapatkan bantuan tidak hanya akan dibantu terkait dana saja, namun juga dibantu dari sisi manajemen. Dengan manfaat tersebut, maka perusahaan dapat meminimalisir biaya produk serta pemasaran, sehingga rentabilitas perusahaan bisa semakin meningkat dan membaik.

5. Likuiditas Perusahaan Meningkat

Manfaat lain dari venture capital adalah tidak mengharuskan perusahaan untuk membayar bunga serta angsuran hutang. Tentu saja, hal ini bisa membuat modal perusahaan semakin bertambah. Dengan begitu, modal tersebut dapat digunakan secara langsung dan membuat likuiditas perusahaan terus mengalami peningkatan.

Itulah pengertian modal ventura beserta manfaatnya. Untuk mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Mutia Fauzia. 15/08/2021, 23:00 WIB. Perusahaan Modal Ventura: Pengertian, Sejarah, dan Jenis Pembiayaan. Money.kompas.com : https://bit.ly/3F2l5Sv

Share this Post

Artikel Terbaru