Ekonomi

9 Fungsi Pasar Modal Syariah yang Wajib Anda Ketahui!

Fungsi pasar modal syariah berkaitan erat dengan kegiatan yang ada pada pasar modal seperti yang diatur dalam Undang-Undang Penanaman Model (UUPM), asal tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Di Indonesia, penerapan pasar modal syariah dimulai dengan penerbitan Reksa Dana Syariah pada 3 Juli 1997 silam. Lantas, apa sajakah fungsi dari pasar modal syariah yang perlu diketahui? Yuk simak dibawah ini.

Fungsi Pasar Modal Syariah

1. Fungsi Ekonomi

Pasar modal biasa difungsikan sebagai media untuk mempertemukan pihak yang kekurangan dana (issuer), bisa berupa lembaga, institusi, atau perusahaan, dengan pihak yang memiliki kelebihan dana. Dalam hal ini investor maupun masyarakat secara umum.

 

Secara sederhana, pihak investor akan meminjamkan sebagian dana yang dimilikinya untuk pendanaan usaha perusahaan atau institusi. Dana tersebut kemudian akan dimanfaatkan untuk pengembangan usaha, ekspansi perusahaan, penambahan modal, hingga penambahan output produksi untuk memperbesar laba.

2. Fungsi Keuangan

Dari sisi keuangan, masyarakat umum dapat membeli berbagai instrumen investasi seperti saham, reksadana, obligasi, maupun yang lainnya. Dalam hal ini, investor yang merupakan pemilik dana dibebaskan untuk memilih instrumen investasi sesuai preferensinya sendiri.

Salah satu imbal hasil bagi investor adalah memperoleh kesempatan mengklaim return sesuai instrumen investasi yang dipilih, hingga dividen dari perusahaan terkait. Sementara bagi Pemerintah Pusat, perekonomian nasional akan terbantu berkat transaksi investasi tersebut.

Bagi Anda yang ingin melakukan pembiayaan secara syariah, silahkan masuk ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

3. Sumber Pendanaan Pengembangan Perusahaan

Perusahaan-perusahaan yang nilai sahamnya melantai di Bursa Efek Indonesia dimungkinkan untuk menghimpun dana sebanyak mungkin dari pasar modal sebagai moral bisnis atau sumber pendanaan untuk kegiatan pengembanhan perusahaan dalam jangka panjang. Kemudian, modal uang didapat dari pasar modal akan diputar kembali untuk proses ekspansi, penambahan modal perusahaan, pengembangan layanan atau produk, pun alokasi-alokasi lainnya yang diharapkan dapat membuat perusahaan semakin maju.

4. Sebagai Medium Resmi Jual Beli Surat Berharga

Tak kalah penting, pasar modal syariah boleh dialihfungsikan sebagai medium resmi untuk jual beli surat berharga yang diluncurkan oleh pemerintah.

5. Tambahan Pendapatan

Selain pajak pemegang saham dan laba dari penjualan surat berharga, pemerintah juga bisa memperoleh tambahan pendapatan dari banyaknya investor asing yang berinvestasi melalui pasar modal syariah.

6. Pemerataan Pendapatan

Sudah jadi rahasia umum jika pasar modal dapat dialihfungsikan sebagai medium untuk memeratakan pendapatan masyarakat, khususnya bagi para investor. Biasanya, investor akan mendapat imbal hasil atau dividen dari laba perusahaan di setiap beberapa periode, atau sesuai regulasi yang disepakati.

7. Meningkatkan Pendapatan Negara

Keberadaan pasar modal turut serta meningkatkan pendapatan negara. Usut punya usut, tiap-tiap deviden yang diserahkan pada para pemegang saham bakal dikenai pajak oleh Pemerintah Indonesia. Sehingga secara tidak langsung, pasar modal syariah memiliki fungsi untuk meningkatkan pendapatan Negara Indonesia.

8. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Pasar modal syariah juga dapat mendorong penciptaan lapangan kerja baru di Indonesia. Hal ini dipicu karena perusahaan bisa berkembang dari modal usaha yang diserahkan investor. Semakin besar perkembangan perusahaan terkait, semakin tinggi pula kebutuhan mereka akan tenaga kerja. Secara tidak langsung, pasar modal syariah akan mendorong laju pertumbuhan lapangan kerja.

9. Menjadi Indikator Perekonomian Negara

Semakin besar transaksi jual-beli dari produk keuangan di pasar modal, maka akan semakin besar pula dampaknya bagi keberlanjutan industri dan perusahaan yang terlibat. Pada akhirnya, roda perekonomian negara bakal berjalan semakin baik.

Itulah fungsi pasar modal syariah yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

 

Referensi :

 

OJK. Pasar Modal Syariah. Ojk.go.id : https://bit.ly/31o3t5c

Share this Post