Wajib Tahu! 5 Tips Sukses Berbisnis ala Crazy Rich

Siapa yang tak kenal Budi dan Michael Hartono? Orang terkaya di Indonesia, pemilik Djarum Group, Bank BCA, dan beberapa platform digital seperti Blibli dan Tiket.com. Dilansir dari Merdeka.com, awal membangun bisnis, kakak beradik ini pun sempat mengalami kejatuhan. Setelah pabrik rokok milik ayah mereka kebakaran dan memusnahkan hampir seluruh usahanya. Akibat kebakaran itu, bisnis mereka pun mengalami kondisi tak stabil. Namun berkat kegigihan mereka, sekarang Djarum bisa menjadi perusahaan raksasa. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari perjalanan para miliarder membangun bisnisnya. Berikut Investree punya ulasan tentang tips sukses berbisnis ala crazy rich. Simak, yuk!        

Tidak enggan masuk ke circle orang-orang sukses

Banyak orang yang dulunya hidup susah, kini sukses dalam bisnisnya. Mungkin mereka tidak mendapat ilmu bisnis di akademik, namun mereka bisa belajar dari orang-orang sukses. Tak perlu gengsi atau malu masuk ke lingkungan yang dapat memberi Anda motivasi untuk maju. Relasi dengan teman-teman baru akan membimbing Anda mencapai keberhasilan. 

Masuk ke circle yang tepat akan banyak memberi Anda insight baru, informasi yang berguna, dan membantu Anda mengembangkan bisnis. Jangan mudah puas dengan apa yang Anda miliki sekarang, karena di atas awan selalu masih ada awan. Tak ada salahnya belajar menjadi lebih baik lagi dari orang-orang yang sudah lebih dulu sukses dari Anda.  

Jangan suka mengeluh dan takut gagal

Kegagalan dalam bisnis sering kali membuat mental down. Tapi, berhenti mengeluh dan berpikiran terbuka adalah solusi terbaik. Banyak bisnis sukses tak langsung berhasil hanya dalam satu kali coba. Sebut saja Achmad Zaky. Founder Bukalapak ini sebelumnya pernah membuka bisnis mie saat masih duduk di bangku kuliah. Namun, usahanya tak berjalan mulus dan akhirnya tutup. Tak menyerah, dia pun lalu mendirikan Deft Technology yang menjadi cikal bakal terbentuknya Bukalapak. Tak jauh berbeda dengan Nadiem Makarim. Di awal kemunculannya, bisnis Gojek yang didirikannya pernah menjadi zombie karena tak kunjung menemukan investor. Tapi dia tak menyerah, hingga akhirnya sekarang Gojek berhasil menyandang status decacorn

Ya, menurut statistik yang dilansir dari Mission.org (Medium.com), sekitar 80—90 persen startup mengalami kegagalan pada percobaan pertama, dan mereka menyerah tanpa mengetahui bahwa kesuksesan bisa lebih manis pada kesempatan kedua. Nah, coba buat daftar tujuan Anda dan rencana untuk melakukannya satu per satu. Jika Anda gagal, tetap lanjutkan misi dan kembali ke misi yang gagal itu selang 2—4 bulan setelahnya, disertai sedikit modifikasi.

Selalu berpikir untuk menjadi yang terbaik

Ketika Anda membangun sebuah bisnis, berusahalah untuk menjadi yang terbaik di kelasnya. Berinvestasi untuk mengembangkan bisnis hingga menjadi yang terbaik, akan jadi lebih produktif. Banyak cara yang bisa Anda lakukan, misal meningkatkan kualitas produk dari kompetitor, memberi pelatihan karyawan agar dapat memberi pelayanan maksimal ke pelanggan, atau melakukan strategi pemasaran yang tak biasa. Peningkatan apapun yang dilakukan pada bisnis, membuat Anda setingkat lebih dekat dengan impian. 

Memang butuh pengorbanan dan bersedia keluar dari zona nyaman. Para pebisnis sukses terus-menerus memikirkan cara untuk membuat bisnisnya jadi lebih baik dan tidak takut keluar dari zona nyaman mereka. Untuk memulainya, setiap pagi, coba buat daftar hal yang harus Anda lakukan demi sebuah perbaikan dan inovasi. Meski tidak selalu berhasil, namun setidaknya Anda mencoba untuk tidak hanya jalan di tempat.

Cari partner seperjuangan

Jika Anda tidak berjuang sendirian, mungkin itu lebih baik. Ketika Anda menemukan orang yang memiliki visi-misi yang sama, kenapa tidak menjadikannya seorang partner?Bagaimana pun kita adalah makhluk sosial yang hidup berkoloni. Meski Anda punya kemampuan yang maksimal, seorang partner bisa berperan sebagai pengawas agar Anda tetap berada di jalur yang benar. Tak ada salahnya juga untuk mendelegasikan beberapa pekerjaan ke orang yang tepat agar Anda bisa fokus pada hal lainnya yang lebih mendesak. Tak perlu menjadi penyelamat dunia seorang diri, karena jelas itu akan sulit.

Bahkan seorang Steve Jobs di awal mendirikan perusahaan Apple tak sendirian. Bersama rekannya Steve Wozniak dan Ronald Wayne, mereka sukses mengembangkan perusahaan itu hingga seperti sekarang. Meg Whitman, CEO Hewlett Packard (HP), juga percaya bahwa menemukan orang yang tepat untuk bersama-sama menyelesaikan suatu masalah, membantu bisnis lebih cepat sukses.        

Selalu bersemangat untuk bangun pagi

“Jangan bangun siang, nanti rezekinya dipatok ayam.” Nasihat ini memang ada benarnya. Bahkan miliarder kelas dunia pun menyarankan untuk bangun pagi dan memulai hari dengan melakukan hal-hal penting yang membawa dampak besar bagi kehidupan Anda. Larry Page, salah satu Founder Google membagikan kunci suksesnya yaitu bersemangat untuk selalu bangun pada pagi hari. 

Pikirkan untuk membuat sebuah perbedaan positif di hidup Anda yang memotivasi Anda selalu bangun pagi. Perubahan positif yang dapat Anda lakukan setiap hari akan memberi energi dan semangat. Bila masih sulit melakukannya, coba untuk menemukan pekerjaan atau aktivitas yang mengharuskan Anda semangat bangun pagi setiap hari. Anda juga akan punya waktu lebih untuk berpikir jernih bila terbiasa bangun pagi.

Tak ragu memanfaatkan segala kesempatan

Termasuk soal permodalan. Tak dapat dipungkiri, modal jadi hal krusial saat Anda membangun atau memelihara bisnis. Untuk jadi crazy rich, jangan ragu untuk memanfaatkan segala kesempatan yang ada termasuk mengakses permodalan dari fintech lending yang sekarang sedang ramai digunakan juga oleh masyarakat. Salah satu pionirnya tentu adalah Investree. Pokoknya yang terpenting, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman, pastikan platform fintech lending yang Anda pilih telah berstatus terdaftar/berizin oleh Otoritas Jasa Keuangan. Seperti Investree yang sudah berizin. Anda bisa mengecek di Cekfintech.id.

Mengajukan pinjaman melalui platform fintech lending memberikan beberapa keunggulan yang lebih menarik ketimbang meminjam di layanan keuangan konvensional. Proses serba digitalnya memungkinkan Anda memperoleh pinjaman secara mudah dan cepat dengan tingkat bunga mulai 1% per bulan serta proses yang transparan karena semuanya dapat dipantau pada dasbor/akun terdaftar Anda. Cash flow usaha Anda dapat lebih sehat dan operasional berjalan lebih lancar. Untung jalan terus! Ingat, gunakan yang berstatus legal, ya.

Merintis sebuah bisnis tak selamanya berjalan mulus. Satu yang diperlukan adalah kegigihan untuk bangkit kembali dan tak bosan untuk terus berinovasi. Pasti akan ada jalan jika kita mau berusaha melakukan yang terbaik. Sukses selalu untuk kalian! 

Referensi:

Kurnia Azizah. 18 Mei 2020. Crazy Rich Surabaya Bagi Tips Rahasia Jadi Pengusaha Kaya. Merdeka.com: https://bit.ly/3QNXgne

Kurnia Azizah. 6 Januari 2021. Kisah Sukses Kakak Beradik dari Kudus, Hingga Menjadi Keluarga Terkaya Ke-4 Asia. Merdeka.com: https://bit.ly/3wd6Acj

Elle Kaplan. 20 Oktober 2017. 7 Success Tips From Self-Made Billionaires That Will Immediately Improve Your Life. Medium.com (Mission.org): https://bit.ly/3dsq860