Unsur-Unsur Biaya Produksi yang Dapat Anda Ketahui

Unsur-unsur biaya produksi penting Anda ketahui sebagai pelaku usaha. Biaya produksi harus diperhitungkan secara detail dan rinci oleh perusahaan sejak dari awal memulai proses pengolahan bahan baku hingga menjadi produk setengah jadi maupun produk siap pakai. Dengan begitu, laba rugi perusahaan bisa diketahui dengan mudah. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak unsur-unsurnya dibawah ini.

Unsur-Unsur Biaya Produksi

1. Biaya Bahan Baku

Untuk melaksanakan kegiatan operasional produksi pastinya perusahaan membutuhkan bahan baku yang akan diproses sebagai bahan jadi ataupun setengah jadi. Itu artinya seluruh biaya yang digunakan untuk membeli bahan baku harus dimasukkan dalam perhitungan biaya produksi.

Contohnya pabrik mie instan membutuhkan bahan baku berupa tepung gandum, tepung jagung, telur, minyak, rempah-rempah dan sebagainya. Tentu saja untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut perusahaan harus membelinya dari pihak lain seperti suplier ataupun distributor. Membeli bahan baku berarti perusahaan harus mengeluarkan biaya dalam jumlah tertentu.

2. Biaya Tenaga Kerja

Selain bahan baku untuk menghasilkan sebuah produk perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang melakukan proses produksi tersebut. tenaga kerja tersebut tentunya tidak gratis alias perusahaan harus membayarkan upah atau gajinya setiap periode entah harian, mingguan ataupun bulanan.

Namun yang perlu dicatat adalah bahwa tidak semua gaji karyawan termasuk dalam perhitungan biaya produksi. Hanya pekerja yang terlibat langsung dalam proses produksi saja yang gajinya termasuk unsur dalam biaya produksi misalnya karyawan bagian operator mesin.

Upah atau gaji karyawan yang terlibat langsung dalam produksi tersebut dinamakan biaya tenaga kerja langsung atau direct labor cost.

3. Biaya Overhead

Unsur yang ketiga yaitu biaya overhead yaitu keseluruhan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membiayai faktor-faktor pendukung kegiatan produksi. Biaya overhead ini sifatnya membantu memperlancar proses produksi perusahaan atau dengan kata lain tanpa hal-hal tersebut kegiatan operasional produksi akan terhambat.

Apa saja yang termasuk dalam biaya overhead tersebut? Biaya overhead pada suatu perusahaan contohnya seperti biaya listrik, pembelian ATK, biaya sewa tempat, gaji/ upah karyawan bagian keamanan dan sebagainya.

Jenis Biaya Produksi

Biaya produksi yang dibuat dan diperhitungkan oleh perusahaan tersebut umumnya dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu :

1. Biaya Tetap

Biaya tetap memiliki jumlah yang sama dalam setiap produksi yang dilakukan perusahaan. Artinya setiap proses produksi berlangsung nominal biayanya akan sama meskipun jumlah produksi meningkat sehingga dengan demikian output yang didapatkan bisa menjadi lebih tinggi.

2. Biaya Variabel

Sementara biaya variabel adalah jumlah pengeluaran yang besarnya tergantung pada jumlah output yang dihasilkan. Jika jumlah produksi meningkat otomatis biayanya juga akan makin tinggi.

3. Biaya Rata-Rata

Biaya rata-rata didapatkan melalui cara membagi berapa total pengeluaran perusahaan dengan jumlah output dari produksi tersebut. Biaya rata-rata ini selanjutnya digunakan perusahaan untuk membuat keputusan terkait kegiatan produksi ke depannya.

4. Biaya Marginal

Merupakan biaya tambahan yang digunakan oleh perusahaan untuk menambah jumlah produksi. Biaya marginal membantu perusahaan mengetahui berapa jumlah output maksimal yang mampu dihasilkan dengan menambahkan biaya tersebut.

5. Biaya Total

Yaitu jumlah biaya yang diperoleh melalui penggabungan biaya tetap dengan biaya variabel. Biaya total ini merupakan sumber informasi mengenai berapa total pengeluaran perusahaan untuk melakukan proses produksi.

Memasukkan secara tepat unsur-unsur biaya produksi ke dalam perhitungan membantu perusahaan lebih mudah menentukan berapa angka keuntungan yang akan diambil dari produk tersebut saat dijual. Tentunya, untuk menentukan unsur-unsur biaya produksi, Anda harus memiliki modal terlebih dahulu. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

Nur Jamal Shaid. 19 Desember 2021. Pengertian Biaya Produksi, Unsur dan Jenisnya. Kompas.com: https://bit.ly/3qYMDm2

Sofia. 14 September 2021. Ini Pengertian Biaya Produksi dan Rumus untuk Menghitungnya. Mediaindonesia.com: https://bit.ly/3JQvX92