Menyiasati Tempo Pembayaran yang Pendek Dari Supplier dengan Kartu Kredit

Menyiasati Tempo Pembayaran yang Pendek Dari Supplier dengan Kartu Kredit

Hampir setiap Anda pasti merasa pusing saat memasuki jatuh tempo pembayaran. Pasalnya, mereka harus membayar banyak invoice, namun terkadang arus kas belum terputar dengan baik. Di sisi lain, tidak semua supplier mau memberikan perpanjangan tempo, karena cash flow mereka bisa berantakan. 

Penting untuk memahami bahwa setiap bisnis perlu menyeimbangkan antara membayar supplier dengan tepat waktu untuk menjaga hubungan jangka panjang dan pada saat yang sama, menjaga cash flow agar tetap stabil. Inilah di mana peran strategis kartu kredit dalam membayar supplier menjadi penting.

Memahami kepentingan supplier dan customer dalam tempo pembayaran

Dalam transaksi antar bisnis (B2B), supplier dan customer punya kebutuhan yang berbeda. Supplier ingin agar invoice mereka dibayar sesuai jatuh tempo yang disepakati. Di sisi customer, mereka ingin mendapatkan perpanjangan tempo. Semua ini bertujuan agar cash flow masing-masing berjalan lancar. 

Kenyataannya, tidak semuanya berjalan sesuai rencana. Terkadang, supplier sering dibayar telat, bahkan telat 30 hari dari jatuh tempo yang dilakukan menurut survei dari Taulia. Salah satu penyebabnya, customer masih belum memperoleh dana dari perputaran arus kas nyasehingga belum bisa melakukan pembayaranke banyak tagihan dalam waktu bersamaan.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan kartu kredit. Customer dan supplier bisa saling merasakan banyak manfaat. Terutama, dalam memastikan cash flow tetap berjalan lancar dengan berbagai manfaat yang dirasakan seperti:

1. Memperpanjang tempo pembayaran

Dengan bayar supplier pakai kartu kredit, Anda bisa memperpanjang tempo pembayaran 30 – 45 hari. Anda tidak perlu membayar tagihan bisnis sesuai jatuh tempo invoice, melainkan jatuh tempo pembayaran kartu kredit. 

Misalnya, jika Anda melakukan pembelian pada tanggal 1 Agustus, maka akan memiliki waktu hingga tanggal jatuh tempo pembayaran, biasanya sekitar 30 hingga 45 hari ke depan. Dengan cara ini, Anda dapat memperoleh tambahan waktu untuk membayar tagihan bisnis mereka tanpa dikenai biaya bunga selama periode tersebut, selama mereka membayar tagihan kartu kredit sesuai dengan jatuh tempo yang ditentukan.

2. Membayar invoice tepat waktu tanpa pusing 

Kartu kredit juga membantu Anda untuk membayar invoice tepat waktu dengan proses yang aman. Secara umum, mekanisme pembayarannya mirip saat Anda membeli barang dengan kartu kredit, ketika tagihan sudah terbayar, bank penerbit kartu akan meneruskan dana secara langsung kepada supplier. Anda akan membayarkan ke bank sesuai dengan skema tempo masing-masing bank itu sendiri.

Transaksi juga akan otomatis tercatat dalam rekening bank. Untuk pembayaran tagihannya, Anda bisa membayarnya sesuai dengan jatuh tempo pembayaran kartu kredit (30 – 45 hari setelah pembayaran dilakukan). Tagihan jadi terbayar tepat waktu dan hubungan dengan supplier jadi kian mesra! 

3. Meningkatkan cash flow bisnis

Memperpanjang tempo pembayaran dan membayar invoice tepat waktu dengan kartu kredit secara keseluruhan akan meningkatkan cash flow perusahaan. Dengan memiliki waktu ekstra untuk mengatur pembayaran kepada supplier, perusahaan dapat melakukan perputaran uangnya secara lebih efisien tanpa khawatir tempo dari pembayaran ke supplier dan pemberian tempo ke agen misalnya untuk menjalankan operasional, membayar biaya rutin, atau bahkan berinvestasi untuk meningkatkan pendapatan, seperti pembelian inventaris baru untuk meningkatkan produksi.  

Penggunaan kartu kredit yang bijaksana dapat membantu perusahaan menghadapi tantangan keuangan yang mungkin muncul tanpa mengganggu kelancaran bisnis.

Kesimpulan

Kartu kredit dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi tantangan tempo pembayaran yang pendek dengan supplier di lingkungan bisnis B2B. Dengan memperpanjang jangka waktu pembayaran melalui kartu kredit, perusahaan dapat menjaga cash flow dan likuiditas yang diperlukan untuk menjalankan operasional dengan lancar. Selain itu, penggunaan kartu kredit juga membantu memastikan pembayaran invoice tepat waktu, menjaga hubungan baik dengan supplier, dan membangun reputasi kepatuhan pembayaran yang baik.