Bisnis

Tips Usaha Bengkel Motor Beserta Rincian Modalnya

Usaha bengkel motor merupakan salah satu jenis bisnis yang berpotensi. Mengingat ada banyak kendaraan bermotor khususnya sepeda motor di tengah masyarakat, usaha ini akan memberikan banyak keuntungan.

Sepeda motor yang sudah lama digunakan tentu akan mengalami beberapa gangguan, apalagi jika penggunanya tidak merawatnya dengan benar. Mesin bisa mengalami masalah dan tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk itu kehadiran bengkel motor sangat penting bagi pengguna sepeda motor.

Tips Memulai Usaha Bengkel Motor

1. Menentukan Lokasi Bengkel Motor

Meski peluang usaha bengkel motor sangat bagus, namun perlu lokasi yang tepat untuk membukanya. Ini salah satu tips penting yang harus diingat.

Bengkel motor perlu memperhatikan tempat yang strategis. Akan lebih baik jika letak bengkel berada di pusat keramaian. Bisa di tepi jalan raya, dekat dengan pasar, atau dengan dengan stasiun kereta api.

Pastikan siapa saja dengan mudah melihat dan menemukan bengkel motor tersebut. Posisi yang tepat membuat bengkel lebih mudah dan lebih cepat dikenal masyarakat. Bagi yang modalnya belum memadai bisa memanfaatkan halaman rumah atau lahan kosong dekat rumah.

2. Menghitung dan Menyiapkan Modal

Jika ingin memiliki bengkel motor sendiri, maka modal awal perlu diperhitungkan dan disediakan. Dalam memulai bengkel motor ada beberapa hal yang perlu disiapkan, mulai dari tempat sampai perlengkapan dan peralatan untuk bengkel.

Disarankan untuk membuat daftar peralatan dan perlengkapan bengkel yang perlu dibeli. Serta masukkan juga pada catatan anggaran biaya operasional sehari-hari, serta sewa tempatnya. Nanti total keseluruhan akan menjadi jumlah modal awal yang perlu disiapkan.

Modal juga sangat penting untuk mengembangkan usaha bengkel motor lebih maju lagi. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha bengkel motor, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha bengkel motor dengan lancar dan maksimal.

3. Menyediakan Peralatan dan Pelayanan Komplit

Agar bengkel motor cepat dikenal oleh banyak orang, pelayanan yang profesional serta peralatan yang lengkap sangat berpengaruh. Jika bengkel memiliki pelayanan dan peralatan yang baik dan lengkap, orang yang pernah datang akan menjadi pelanggan tetap dan mengajak pelanggan baru.

4. Mencari Montir yang Dapat Diandalkan

Selain peralatan dan perlengkapan bengkel yang lengkap, montir atau tenaga ahli yang dipekerjakan juga harus diperhatikan. Pastikan untuk merekrut montir yang memang ahli dibidangnya dan memiliki pengalaman yang cukup baik.

Adakan seleksi montir dengan memberikan tes cara menganalisa kerusakan pada sepeda motor, melakukan reparasi, sampai penggantian oli dan spare parts. Pastikan juga montir yang dipekerjakan jujur dan bertanggung jawab, serta ramah dengan pelanggan.

5. Menyediakan Sparepart

Orang yang pergi ke bengkel selain karena ada masalah dengan mesin, kebanyakan membutuhkan spare parts. Oleh karena itu, sediakan spareparts sepeda motor selengkap mungkin. Terutama pelumas atau oli, sediakan pelumas dari berbagai merk.

Cara Menghitung Modal

Untuk modal usaha bengkel motor bisa diperkirakan dan dihitung di awal dengan cara menulis secara rinci apa saja yang perlu disiapkan.

  1. Pertama adalah tempat, bisa menyewa atau membuat bengkel dari nol di lahan sendiri. Jika memang demikian bisa diperkirakan kisaran dana untuk tempat sekitar 20 juta rupiah.
  2. Kedua, ada peralatan yang nanti digunakan untuk membetulkan sepeda motor yang bermasalah. Alat yang perlu dibeli seperti,

1 set kunci T yang kisaran harganya 200 ribu rupiah. Lalu ada set kunci Y cabang 3 biasanya 60 ribu rupiah. Satu set kunci pas ring, kunci ring, dan kunci pas kira-kira semuanya 1.200.000 rupiah. Masih ada kunci bintang, satu set kunci L, kunci inggris , satu set obeng minus yang membutuhkan dana 600 ribu rupiah.

Ada juga obeng ketok, tang beragam jenis, palu besi dan karet, gergaji besi, pahat, dan ragum. Jika ditotal semuanya membutuhkan dana 3.500.000 rupiah untuk peralatan.

  1. Ketiga, ada peralatan khusus yaitu gerinda tangan dan duduk, bor tangan dan kompresor udara jika ditotal membutuhkan dana 2.600.000 rupiah. Untuk peralatan bengkel yang lengkap, membutuhkan biaya sekitar 6 juta rupiah.

Masih ada biaya operasional yang meliputi gaji karyawan, biaya listrik dan telepon yang bisa mencapai 2.500.000 rupiah. Jadi total modal awal kurang lebih 35 juta rupiah. Untuk lebih aman, siapkan dana 40 juta rupiah sebagai modal awal.

Itulah beberapa tips usaha bengkel motor beserta rincian modalnya yang penting Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Nurseffi Dwi Wahyuni. 05 Sep 2017, 06:15 WIB. 5 Tips Sukses Buka Bengkel Motor untuk Pemula. Liputan6.com : https://bit.ly/3C2qPcS

Share this Post

Artikel Terbaru