Bisnis

Tips Memulai Usaha Tanaman Serta Modal yang Bikin Untung

Usaha tanaman menjadi salah usaha sekaligus hobi yang menguntungkan. Peluang usaha ini semakin menjanjikan saat masa pandemi seperti saat ini. Ini disebabkan masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan menggunakan waktu yang dimiliki untuk menanam berbagai jenis tanaman, salah satunya tanaman hias.

Tidak mengherankan jika permintaan tanaman terus mengalami peningkatan. Peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik supaya bisa mendapatkan banyak imbal hasil. Jika Anda tertarik untuk menekuni usaha ini, yuk simak tips memulai usaha tanaman secara lengkap di laman berikut ini.

6 Tips Memulai Usaha Tanaman

1. Memiliki Pengetahuan Mumpuni Tentang Tanaman Hias

Jika Anda menekuni dunia bisnis maka harus memiliki pengetahuan mumpuni tentang produk yang dijual, tanpa terkecuali untuk tanaman hias. Tidak hanya memiliki pengetahuan mumpuni, Anda juga harus memiliki keterampilan dalam merawat tanaman tersebut. Pengetahuan yang harus dimiliki pelaku usaha tanaman hias adalah tentang jenis tanaman, cara merawat serta harga jualnya di pasaran.

Pengetahuan seperti itu harus dimiliki mengingat saat ini harga jual tanaman hias ada yang mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Selain itu, jika ada pembeli yang bertanya mengenai tanaman yang sedang populer Anda juga bisa menjawabnya dengan mudah. Sebagai pemulai di usaha ini disarankan untuk menjual tanaman hias dengan harga yang terjangkau.

2. Memilih Jenis Tanaman Hias yang Dijual

Untuk bisa sukses dalam menjalankan usaha ini, Anda harus memilih jenis tanaman hias yang tepat untuk dijual. Ini dikarenakan ada banyak jenis tanaman hias yang ada di Indonesia dan mayoritas merupakan komoditas yang menjanjikan. Maka dari itu, Anda harus memilih jenis tanaman hias yang memiliki daya jual stabil.

Selain daya jualnya, biaya perawatan yang dikeluarkan harus dijadikan perimbangan. Sebagai pemula, sebaiknya Anda terlebih dahulu fokus pada satu atau dua jenis tanaman saja. Jika sudah berkembang bisa menambah jenis tanaman hias baru.

3. Memilih Lokasi yang Strategis

Lokasi menjadi salah satu kunci sukses usaha tanaman. Oleh karena itu, pemilihan lokasi harus dilakukan dengan benar. Disarankan untuk memilih lokasi yang ramai dan mudah dijangkau oleh konsumen. Pastikan juga lokasi yang dipilih memiliki lahan yang cukup luas mengingat jumlah tanaman yang dijual akan terus bertambah banyak.

4. Persiapkan Media Tanam yang Dibutuhkan

Dalam menjalankan usaha ini tidak hanya membutuhkan tanaman saja, melainkan juga membutuhkan media tanam. Untuk meminimalisir modal yang dimiliki Anda bisa membuat media tanam sendiri. Tetapi jika tidak memiliki kemampuan untuk membuatnya sebaiknya beli terlebih dahulu. Anda harus tahu berapa  media tanaman yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini. Semakin banyak media tanam yang dibutuhkan pasti membutuhkan modal yang lebih banyak, begitupun sebaliknya.

5. Melakukan Promosi

Promosi dan pemasaran dilakukan untuk memperkenalkan usaha kepada masyarakat. Anda harus mempersiapkan dana khusus untuk promosi. Jika dana yang dimiliki terbatas, Anda bisa melakukan promosi gratis di media sosial. Namun, jika Anda memiliki dana lebih bisa membayar selebgram untuk endorsement, memasang iklan, membuat website dan sebagainya. Buatlah foto atau video yang menarik untuk promosi.

Modal Usaha Tanaman yang Harus Dipersiapkan

Selain kelima tips diatas, Anda harus mempersiapkan modal untuk bisa memulai usaha ini. Jika Anda memiliki modal yang minim, disarankan untuk membuka usaha ini dalam skala kecil terlebih dahulu. Berikut rincian modal yang harus dipersiapkan:

Biaya sewa lahan Rp 1.500.000

Pengadaan bibit tanaman Rp  2000.000

Biaya media tanam Rp    500.000

Beli pompa air dan selang air Rp    300.000

Beli peralatan-peralatan Rp  4000.000

Biaya listrik dan air Rp    100.000

Biaya transportasi Rp    500.000

Biaya pupuk Rp  1.200.000

Biaya packing Rp     300.000

Biaya beli pot dan polybag Rp   1.800.000

Biaya peptisida dan obat hama Rp     950.000

Total Rp 13.150.000

Perkiraan rincian modal usaha yang harus dipersiapkan yaitu sebesar Rp 13.150.000

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha tanaman, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha tanaman dengan lancar dan maksimal.

Itulah informasi tentang tips memulai usaha tanaman serta modal yang bikin untung. Usaha satu ini memiliki peluang yang menjanjikan sehingga Anda harus memanfaatkan peluang ini untuk meraih banyak imbal hasil.

Referensi :

Ilham Budhiman. 05 Agustus 2020. 5 Langkah dan Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias. Peluangnya Sangat Menguntungkan!. 99.co. https://bit.ly/3n5ApY5

Thegorbalsla.com. Peluang Usaha Tanaman Hias beserta Analisis Bisnisnya. Thegorbalsla.com. https://bit.ly/3F6oFee

 

Share this Post

Artikel Terbaru