Tips Memulai Usaha Frozen Food Untuk Pemula

Tips memulai Usaha Frozen Food untuk Pemula

Tips Memulai Usaha Frozen Food untuk Pemula – Bisnis frozen food merupakan salah satu jenis usaha yang banyak diminati. Selain karena peminat frozen food banyak, makanan ini juga tahan dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu, untuk memulai usaha ini Anda juga bisa melakukannya dari rumah. Meski demikian, apabila dikelola dengan benar, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, lho!

Tapi, hal pertama yang harus Anda perhatikan untuk memulai bisnis ini adalah modal. Sebelum itu, pahami dulu pengertian dan tips untuk memulai bisnis frozen food. Simak selengkapnya di sini!

Apa itu Frozen Food?

Frozen food merupakan makanan yang sudah diolah kemudian diawetkan dengan cara dibekukan dalam freezer. Frozen food juga dapat diartikan sebagai makanan beku yang awet dan siap untuk dikonsumsi kapan saja.

Tujuan dari pembekuan ini yaitu untuk memperlambat dekomposisi dengan mengubah kadar air di dalam makanan menjadi es dan menghambat perkembangan bakteri dalam makanan.

Banyak orang yang membeli bahan makanan ini dari toko frozen food dan disimpan sebagai stok bahan makanan. Akhirnya, bisnis ini menjadi tren dengan peluang yang menjanjikan. Hal ini dapat Anda lihat dengan banyaknya toko frozen food yang ada saat ini.

Estimasi Modal Usaha

Pada dasarnya tidak ada perhitungan paten tentang berapa modal bisnis frozen food. Karena hal ini dapat disesuaikan dengan berapa banyak produk yang ingin Anda gunakan.

Semakin banyak stok produk, maka Anda memerlukan mesin pembeku dan daya listrik yang lebih besar. Sehingga modal yang harus Anda siapkan juga lebih besar.

Akan tetapi, jika Anda masih pemula dan belum siap untuk mengeluarkan modal besar, maka tidak masalah. Usaha ini masih bisa dilakukan dengan modal kecil.

Selain itu, Anda juga harus berfokus terhadap modal awal dan menyiapkan strategi pemasaran yang efektif.

Selain itu, Anda juga dapat mengajukan pinjaman jika belum mempunyai modal yang cukup. Tapi lebih baik, jika Anda memulai dengan modal yang kecil dan berfokus untuk mengembangkan bisnis toko frozen food.

Tips Memulai Usaha Frozen Food

Jadi, apakah Anda tertarik memulai bisnis frozen food? Jika tertarik, Simak tips berikut ini!

1. Membuat Komitmen dan Melakukan Riset

Untuk memulai bisnis, Anda harus mempunyai komitmen. Buat niat dan komitmen yang kuat, maka rencana bisnis Anda bisa berjalan meski ada banyak rintangan.

Selain itu, Anda juga harus melakukan riset. Dimulai dari riset bahan baku, vendor frozen food, cara mengolah, cara penyimpanan dan cara distribusinya.

Apabila Anda ingin membuat produk frozen food sendiri, maka pastikan rasanya sudah pas dengan selera konsumen.

2. Menentukan Target Konsumen

Menentukan target konsumen adalah salah satu persiapan yang penting ketika memulai usaha, termasuk usaha frozen food. Anda harus tentukan apakah akan dijual pada individu, grosir, bisnis makanan, dan lain-lain. Persona target ini harus dibuat untuk menentukan strategi pemasaran.

3. Menentukan Jenis Produk

Cara memulai bisnis frozen food berikutnya yaitu menentukan jenis produk yang akan dijual. Hal tersebut tentu akan memudahkan Anda untuk mengambil langkah yang selanjutnya.‍

4. Menghitung Modal

Setelah menentukan produk apa yang akan dijual, berikutnya lakukan perhitungan modal. Anda bisa mulai menghitung dari kebutuhan yang akan digunakan, seperti bahan baku dan alat pendukung.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan ingin menggunakan vendor frozen food atau membuat produk sendiri. Pastikan kedua hal tersebut juga masuk ke dalam perhitungan.

5. Menyiapkan Peralatan dan Pengemasan

Tips selanjutnya yaitu menyiapkan peralatan apa yang akan digunakan untuk membuat dan menyimpan frozen food. Seperti mesin pembeku, mesin giling, atau mesin lain.

Selain itu, pengemasan produk juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Pastikan bahwa kemasan produk Anda ramah lingkungan, aman digunakan untuk membekukan makanan, dan tahan pada suhu dingin.‍

6. Mempromosikan dalam Media Sosial

Untuk memasarkan produk, Anda dapat menggunakan teknologi yang ada. Dimulai dari melakukan promosi di media sosial, brosur, aplikasi chatting, dan lain-lain.

Jangan ragu untuk memasuki pasar online atau e-commerce. Karena, perilaku konsumen kini telah berubah dan Anda harus mengikuti tren apabila ingin bertahan dan ingin semakin berkembang.

7. Mempunyai Izin Edar Resmi

Hal yang tidak kalah penting yaitu Anda harus memiliki izin edar resmi. Begitu juga jika Anda memilih untuk bergabung dengan kemitraan usaha frozen food.

Cara menjadi agen frozen food yaitu memilih pemasok terbaik yang sudah mempunyai surat izin edar resmi dari BPOM, sehingga kualitasnya sudah dijamin bagus.

Selain itu, hal ini juga menambah nilai usaha Anda di mata konsumen. Tentunya, konsumen akan percaya bahwa makanan beku yang Anda jual terbukti aman dan baik untuk dikonsumsi.

8. Menggunakan Jasa Pengiriman

Di era digital saat ini, banyak masyarakat yang menginginkan kemudahan. Mereka lebih memilih menggunakan jasa kurir daripada harus membeli secara langsung ke lokasi. Untuk mempertahankan kualitas, frozen food harus dikirim secara cepat pada konsumen. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman instan.

Keuntungan usaha frozen food

  • Mudah untuk memulai dan menjalankannya. Anda bisa memilih menjadi reseller atau distributor dari produk frozen food yang sudah terkenal atau menciptakan produk sendiri. Anda juga tidak membutuhkan keahlian khusus selain teknik pemasaran yang baik.
  • Tahan lama. Produk frozen food bisa bertahan lebih lama dibandingkan makanan biasa tanpa mengurangi nilai nutrisi dan gizi yang terkandung di dalamnya. Anda bisa menyimpannya hingga beberapa bulan di dalam freezer.
  • Produk yang bervariasi. Pilihan produk frozen food kini sudah semakin beragam dan banyak jenisnya. Anda bisa menjual berbagai macam makanan beku mulai dari yang sederhana hingga yang biasa ditemui di restoran.

Kelemahan usaha frozen food

  • Banyak kompetitor. Bisnis kuliner adalah bisnis yang banyak digeluti oleh banyak orang dan jumlahnya sangat banyak. Oleh sebab itu, persaingan dalam bisnis frozen food sangat ketat, mulai dari yang rumahan sampai dengan produsen berskala besar.
  • Tidak selalu ramai. Mengingat produk ini bisa bertahan cukup lama disimpan, pembeli tidak akan datang setiap hari. Melainkan beberapa hari kemudian setelah yang sudah dibeli sebelumnya habis. Anda perlu melakukan inovasi produk yang dijual agar selalu ramai dibeli.
  • Bergantung pada freezer. Menjalankan bisnis frozen food pastinya membutuhkan mesin pendingin yang tentu sangat bergantung dengan listrik. Jika terjadi pemadaman listrik atau kerusakan freezer, produk Anda bisa rusak dan merugikan Anda.

Untuk memulai sebuah bisnis, tentu Anda membutuhkan modal awal. Darimana Anda bisa mendapatkan modal tersebut? Modal bisa didapatkan darimana saja salah satunya dari pinjaman bisnis. Untuk mendapatkan modal, Anda bisa mengajukan pinjaman di investree.

Tidak perlu khawatir tentang persyaratan yang sulit dipenuhi. Selama usaha-mu sudah berbadan hukum CV/PT dan sudah berjalan 1 tahun, Investree menyediakan pinjaman modal usaha tanpa agunan, sehingga kamu dapat memperoleh dana dengan mudah tanpa harus menyerahkan jaminan yang berharga. Selain itu, Investree juga menawarkan pinjaman untuk berbagai kebutuhan usaha, seperti modal kerja, investasi, pengadaan barang atau peralatan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cek semua jenis pinjaman di Investree

Dengan layanan pinjaman modal usaha Investree, Kamu bisa mulai mengembangkan bisnis-mu dengan lebih mudah dan cepat. Tunggu apa lagi, klik banner di bawah ini untuk daftar menjadi Borrower di Investree!

daftar borrower investree