Bisnis

Tips Memulai Usaha Air Galon Beserta Rincian Modalnya

Usaha air galon jadi salah satu usaha yang menguntungkan dan mudah dijalankan. Saat ini ketersediaan air bersih di beberapa daerah terutama kota-kota besar semakin terbatas. Hal ini karena pencemaran air, meningkatnya kebutuhan masyarakat akibat lonjakan populasi dan lain sebagainya. Inilah kenapa bisnis air galon sangat layak Anda pertimbangkan. Lalu, bagaimanakah cara memulai bisnis ini? Dan berapa sekiranya modal yang diperlukan untuk membukanya? Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari secara lengkap dibawah ini.

Tips Praktis Memulai Bisnis Air Galon

1. Mempersiapkan Lokasi Usaha

Dalam lingkup bisnis manapun, pemilihan lokasi usaha yang tepat akan membantu mempercepat pengembalian modal. Pastikan untuk memilih ruko atau tempat usaha yang strategis dan banyak dilalui orang. Semisal lingkungan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dekat kos-kosan, daerah perumahan, atau yang lainnya.

2. Mengurus Perizinan

Kementerian Kesehatan melalui Peninjauan Masa Kerja menerbitkan standarisasi terkait kelayakan air minum, termasuk di dalamnya air minum isi ulang. Bagi Anda yang berniat menjajal peluang usaha ini, sebaiknya cari tahu lebih dulu mengenai peraturan perizinan berikut aspek legalitas lainnya supaya nantinya bisnis Anda bisa menumbuhkan kepercayaan dari para konsumen. Serta terhindar dari berbagai risiko masalah hukum.

3. Menentukan Sumber Mata Air

Produk air galon yang umum ditemui di supermarket bisa Anda beli di distributor resminya atau langsung melalui pabrik jika skalanya relatif besar. Namun dalam konteks air minum isi ulang, pengusaha wajib mempertimbangkan darimana sumber mata air yang akan digunakan.

Tentu sumber mata air yang dipilih sebaiknya berasal dari pegunungan yang rata-rata memiliki kualitas air baik, atau bisa juga dari Perusahaan Daerah Air Minum. Mengingat modal yang diperlukan cukup besar jika harus mendistribusikan air langsung dari pegunungan, Anda dapat mengambil sistem franchise untuk memulai bisnis ini. Dengan demikian, modal yang perlu dikeluarkan pun tidak akan membuat anggaran usaha membengkak.

4. Menyediakan Peminjaman Galon Gratis

Apabila bisnis air minum isi ulang yang Anda bangun merupakan yang pertama di lingkungan tempat tinggal Anda, Anda boleh menyediakan peminjaman galon secara gratis untuk pelanggan di awal. Ini karena harga galon masih belum terjangkau bagi sebagian masyarakat, yakni bisa mencapai Rp 100.000an.

5. Promosi Secara Online

Saat ini banyak pelaku usaha mempromosikan bisnisnya secara online. Tidak terkecuali dengan bisnis depot air minum isi ulang yang bisa dipromosikan secara online. Misalnya, Anda bisa mempromosikan usaha Anda lewat aplikasi sosial media seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, hingga iklan di website.

6. Menerapkan Strategi Sukses Bisnis Air Galon

Pada dasarnya, keberhasilan bisnis ini sangat bergantung pada kualitas air, harga per galon, pelayanan, dan tempat usaha yang strategis. Lebih lanjut, Anda dapat menerapkan beberapa strategi sukses untuk menunjang keberhasilan bisnis air galon isi ulang, seperti:

  • Menjaga kualitas produk dengan mencari sumber air yang layak dan mumpuni. Jika usaha dibuka melalui sistem franchise, maka pilihlah brand air isi ulang yang sudah terbukti baik kualitasnya.
  • Terus berinovasi dalam melayani pelanggan.
  • Menonjolkan keunggulan produk Anda dari pesaing lain.
  • Menyempurnakan desain kemasan, misalnya dengan menambahkan stiker atau logo.
  • Menjaga kebersihan kemasan air isi ulang guna mencegah kemungkinan kontaminasi bakteri.
  • Melayani pelanggan dengan ramah dan cekatan.

Rincian Modal Depot Air Galon Isi Ulang

Dengan asumsi bisnis air galon dimulai dengan sistem franchise, besaran modal yang dibutuhkan meliputi pembelian peralatan dan mesin depot air galon isi ulang, perlengkapan dan alat penunjang produksi, biaya operasional, keperluan administrasi dan inventaris, dan lainnya. Kisaran modal awal yang diperlukan untuk melengkapi hal-hal tersebut adalah Rp 45.000.000.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha air galon, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha air galon dengan lancar dan maksimal.

Itulah beberapa tips memulai usaha air galon lengkap dengan rincian modal awal yang dibutuhkan.

Referensi:

BukuKas. 8 Oktober 2020. Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang dan Tips Sukses Memulainya. Bukukas.co.id: https://bit.ly/3qBcksV

Share this Post