Bisnis

Tips Memulai Bisnis Rental Mobil yang Cuan Untuk Pemula

Bisnis rental mobil pemula memiliki prospek yang cukup menjanjikan di masa depan. Meski biaya awal yang diperlukan cukup besar, akan tetapi penghasilannya pun sama besarnya bila Anda menjalankan bisnis rental mobil tersebut secara tepat.

Bagi pemula, memulai usaha rental mobil terdengar cukup sulit terlebih dengan biaya awal yang cukup besar. Namun bila Anda sudah mengetahui tips-tipsnya, maka hal ini sudah tidak menjadi kendala lagi. Terlebih jika Anda sudah mengetahui target pasar dan melihat peluang dari usaha tersebut.

Nah, supaya usaha rental mobil yang Anda rintis berjalan sesuai keinginan hingga menghasilkan pemasukan yang besar, ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

1. Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi berperan penting dalam usaha rental mobil. Lokasi yang strategis dan sesuai target pasar akan memudahkan Anda mendapatkan pelanggan. Tidak harus di kota-kota besar. Membuka rental mobil di kota kecil yang memiliki akses jalan dan ramai dilewati orang banyak sudah cukup untuk menarik pelanggan.

Supaya lokasi yang dipilih tepat, sebaiknya lakukan survei dan pengamatan terlebih dahulu. Cari tahu di mana tempat yang banyak membutuhkan rental mobil. Sekaligus tentukan target pasar Anda, apakah itu orang umum, karyawan atau bahkan pendatang di tempat tersebut. Pastikan lokasi usaha Anda memiliki prospek yang besar serta mudah diakses.

2. Membeli Mobil yang Berkualitas Baik

Setelah lokasi, Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari mobil yang akan disewakan. Pelanggan tentunya akan lebih tertarik dengan mobil berkualitas baik, terutama yang masih baru. Namun tak sedikit juga pelanggan yang lebih tertarik menyewa mobil bekas tapi dengan kualitas yang masih bagus.

Dalam menyediakan mobil sewaan, sebenarnya dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Bila memang mampu membeli yang baru, tak masalah untuk menyediakan mobil rental baru. Tapi jika budget yang dimiliki terbatas, akan lebih disarankan untuk memilih mobil bekas.

Baik mobil baru maupun mobil bekas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan mobil baru, Anda akan lebih ringan dalam biaya perawatan dalam 3 tahun awal. Sementara mobil bekas biasanya membutuhkan biaya perawatan lebih besar supaya performanya tetap bagus. Meski begitu jika Anda membeli, harga mobil baru tentunya lebih besar dibanding mobil bekas. Namun Anda dapat menyiasati ini dengan membeli mobil baru secara kredit yang tiap cicilannya dibayarkan dari sebagian pendapatan rental mobil.

3. Menentukan Harga dan Penawaran Terbaik

Mendapatkan penghasilan besar memang menjadi impian bagi para pemilik usaha. Namun sebaiknya Anda tidak perlu terburu-buru terlebih dengan menetapkan harga selangit kepada pelanggan. Justru karena masih terbilang baru, Anda lebih disarankan untuk memberikan banyak penawaran kepada pelanggan supaya mereka menjadi pelanggan setia Anda.

Untuk mendapatkan harga yang sesuai, Anda dapat melakukan survei dan riset di lokasi usaha Anda. Bisa juga dengan membandingkannya dengan kompetitor. Buat juga harga-harga promo untuk momen tertentu seperti hari libur yang tidak dimiliki kompetitor supaya pelanggan lebih memilih rental mobil Anda daripada yang lain.

4. Melakukan Promosi

Agar usaha rental bisnis Anda semakin banyak pelanggan, lakukanlah promosi dengan gencar. Promosi dapat Anda lakukan secara offline dengan menyebarkan brosur ke sekitar tempat usaha atau ke tempat ramai seperti sekolah, kantor, kampus, atau secara online melalui media sosial dan website resmi usaha rental mobil Anda.

Semakin banyak Anda melakukan promosi, maka usaha Anda akan semakin dikenal. Tak menutup kemungkinan Anda juga akan mendapatkan pelanggan dari luar daerah.

5. Membangun Relasi

Relasi tak kalah pentingnya bagi jalannya usaha rental mobil Anda. Sebab tak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan investor bagi usaha rental mobil. Selain itu relasi dan jaringan yang luas juga dapat memperbesar kesempatan Anda mendapat mitra yang dapat diajak bekerjasama untuk kelangsungan bisnis rental mobil.

Demikian penjelasan mengenai tips bisnis rental mobil pemula. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis rental mobil, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis rental mobil dengan lancar dan maksimal. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Ainal Zahra. 23 Desember 2021. 6 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil, Menguntungkan!. Idntimes.com: https://bit.ly/3HrXziR

Share this Post