Tips Memulai Bisnis Barang Antik Serta Rincian Modalnya

Bisnis barang antik menjadi salah satu bisnis yang memberikan Anda banyak imbal hasil. Bagaimana tidak, barang-barang antik yang dijual seperti cincin, jam, lukisan batu, keris dan sebagainya banyak diburu oleh masyarakat. Selain karena unik juga memiliki nilai estetika tersendiri. Tidak heran jika kemudian harga jual barang-barang antik cukup tinggi. Peluang bisnis ini harus Anda manfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan imbal hasil. Inilah cara dan tips memulai bisnis jual beli barang antik.

6 Tips Memulai Bisnis Barang Antik

1. Memiliki Modal yang Cukup

Setiap jenis bisnis yang akan dijalankan pasti membutuhkan modal, baik dalam nominal besar maupun kecil. Modal menjadi hal utama yang harus Anda persiapkan jika akan memulai bisnis ini. Modal yang dipersiapkan nantinya akan digunakan untuk membeli barang-barang antik.

Perlu diketahui jika menjalankan bisnis ini sama halnya dengan melakukan investasi. Alasannya karena imbal hasil akan diterima di masa yang akan datang bukan saat membeli barang antik. Supaya keuangan bisnis bisa berjalan dengan baik maka Anda harus mengerti bagaimana cara untuk mengolah modal tersebut agar menghasilkan banyak imbal hasil.

2. Memilih Barang Antik yang Berkualitas

Meski bisnis ini sangat menjanjikan bukan berarti Anda menjual barang-barang antik yang tidak berkualitas. Anda disarankan untuk menjual barang antik yang berkualitas. Artinya barang yang dijual memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Untuk bisa mendapatkan barang yang berkualitas berarti Anda harus mengetahui keadaan pasar barang antik seperti apa.

Menjual barang antik berkualitas akan memberikan Anda banyak imbal hasil. Selain itu, para kolektor barang antik akan mencari bisnis Anda dengan sendirinya. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjual barang antik berkualitas agar memiliki banyak pelanggan.

3. Menjaga Kualitas Barang Antik

Sebelum barang antik yang dimiliki berhasil terjual, sebaiknya Anda harus menjaga kualitasnya. Dengan menjaga kualitasnya maka nilai jual barang antik tersebut akan meningkat. Adapun cara menjaga kualitasnya yaitu dengan rutin membersihkan barang antik dan juga menyimpannya di tempat yang aman.

4. Mengetahui Sejarah Barang Antik yang Dijual

Tips memulai bisnis barang antik selanjutnya yaitu mengetahui sejarah barang antik yang dijual. Memiliki pengetahuan akan barang antik yang dijual menjadi hal penting karena sangat dibutuhkan saat proses penawaran barang kepada konsumen. Selain itu, juga bisa digunakan untuk meyakinkan konsumen mengenai kualitas barang antik yang ditawarkan.

5. Memilih Lokasi Bisnis yang Tepat

Anda bisa menjalankan usaha ini dengan menyewa tempat. Usahakan tempat yang disewa memiliki lokasi yang cukup luas. Hal ini dikarenakan barang antik membutuhkan perawatan khusus. Pastikan lokasi bisnis berada di tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh calon pembeli. Sangat disarankan untuk memilih lokasi yang sudah terkenal karena menjual barang-barang antik.

6. Melakukan Promosi

Supaya bisnis jual beli barang antik Anda dikenal banyak orang maka perlu untuk melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa membuat website sendiri untuk kebutuhan promosi dan lainnya.

Rincian Modal Bisnis Barang Antik

Inilah rincian modal yang harus dipersiapkan untuk menjalankan bisnis ini:

Beli barang-barang antik Rp 100.000.000

Biaya sewa tempat Rp 20.000.000

Beli etalase Rp 15.000.000

Biaya perawatan barang antik Rp 17.000.000

Biaya lain-lain Rp 20.0000.000

Total Rp 172.000.000

Jadi perkiraan rincian modal yang harus dipersiapkan sebesar Rp 172.000.000. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan lancar dan maksimal.

Itulah beberapa tips memulai bisnis barang antik serta rincian modalnya. Bagi Anda yang berencana akan memulai bisnis ini, diharapkan informasi diatas bisa membantu.

Referensi:

Investasi Untung. 14 Desember 2021. 12 Tips Bisnis Barang Antik yang Menguntungkan, Laris Peminat. Investasiuntung.com. https://bit.ly/3f4uyh6