Tips Membuka Usaha Angkringan Modern yang Bikin Untung!

Menjadi salah satu yang diminati masyarakat, usaha angkringan modern bisa Anda coba untuk mulai berbisnis. Angkringan identik dengan berjualan menggunakan gerobak di pinggir jalan. Biasanya menyediakan menu makanan dan minuman yang murah meriah untuk mengisi perut di malam hari.

Angkringan tak pernah sepi peminat. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha angkringan sendiri. Bahkan kini usaha angkringan sudah semakin modern dengan berbagai desain yang epic. Tak sedikit yang membuka angkringan dengan konsep kafe hingga food truck.

Usaha ini sebenarnya tidak memerlukan modal cukup besar untuk memulai. Tergantung dari konsep desain yang akan diusung. Tentunya modal membangun angkringan dengan konsep kafe atau food truck akan lebih besar dibanding konsep tradisional menggunakan gerobak. Berikut beberapa tipsnya.

1. Memilih Lokasi

Angkringan lebih sering ditemukan di tempat yang ramai dikunjungi atau dilewati. Sehingga bila Anda menginginkan imbal hasil yang besar, maka sangat disarankan untuk memilih lokasi usaha yang strategis.

Contohnya seperti lokasi di kompleks padat penduduk, area pasar, pinggir jalan raya utama, dan masih banyak lagi. Tujuannya supaya peluang mendapatkan pelanggan semakin tinggi. Terlebih angkringan umumnya buka saat petang mulai pukul 6 sore hingga malam hari.

2. Menentukan Daftar Menu

Selain lokasi, daftar menu juga bagian paling penting yang perlu diperhatikan saat akan membuka usaha angkringan. Seperti yang diketahui, angkringan menyediakan menu makanan dan minuman yang murah meriah tapi rasanya enak. Sehingga hal tersebut menjadikannya sebagai daya tarik pelanggan.

Secara umum, angkringan biasanya menyediakan menu seperti nasi kucing, sate usus, sate jeroan, sate telur puyuh, tahu dan tempe goreng, gorengan, kopi, teh, susu, bandrek dan masih banyak lagi. Supaya terlihat lebih unik, Anda dapat menambahkan menu-menu lainnya, seperti nasi goreng, lontong sayur, pisang coklat, sosis solo dan lain-lain. Buatlah harga semurah mungkin supaya menarik keinginan pelanggan untuk datang membeli.

3. Menentukan Konsep Angkringan

Angkringan dengan konsep tradisional menggunakan gerobak sebagai tempat berjualan, sebenarnya sudah cukup. Tapi bila dirasa konsep tersebut sudah terlalu banyak yang memakai, Anda dapat membuatnya dengan lebih unik.

Ada beberapa inspirasi konsep yang bisa Anda contoh. Diantaranya konsep warung tenda, angkringan rumahan, lesehan, food truck hingga cafe. Sesuaikan konsep desain usaha angkringan Anda dengan budget yang dimiliki.

Kelebihan dari memiliki konsep angkringan yang lebih modern memungkinkan Anda untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak dan memuaskan pelanggan dengan fasilitas yang ada.

4. Modal Awal Usaha Angkringan

Untuk konsep angkringan sederhana, total modal awal yang dibutuhkan biasanya tidak begitu besar. Pengeluaran paling besar tak lain untuk menyewa tempat, membeli gerobak beserta peralatan pendukung lainnya. Sementara biaya operasional per harinya biasanya tidak besar, berkisar Rp300.000 hingga Rp500.000 untuk membeli bahan-bahan makanan dan minuman.

Sedangkan untuk konsep yang lebih modern, semisal cafe, tentunya Anda perlu pengeluaran lebih besar di awal untuk menyewa tempat atau membangun cafe, membeli meja kursi, hingga peralatan memasak. Untuk konsep food truck, dapat disiasati dengan menggunakan mobil bak terbuka milik sendiri yang tidak terpakai, sehingga modal awal lebih fokus untuk membeli peralatan dan bahan makanan saja.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha angkringan, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha angkringan dengan lancar dan maksimal.

5. Melakukan Promosi

Terakhir, supaya jualan Anda laris manis, maka promosi juga perlu dilakukan. Saat ini promosi bisa dilakukan secara online sehingga dapat menjangkau lebih banyak orang. Anda dapat menggunakan keunikan konsep angkringan Anda untuk menarik pembeli lebih banyak.

Demikian penjelasan mengenai usaha angkringan modern. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Admin. 11 Cara Membuka Usaha Angkringan dengan Konsep Modern. Destiku.net: https://bit.ly/3DXifND