Stock Opname: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Caranya

Apakah Anda pernah memperhatikan bagaimana manajer sebuah supermarket bekerja? Jika pernah, pasti beberapa dari Anda ada yang bertanya-tanya bagaimana cara mereka menghitung persediaan barang-barang di tokonya. Bagaimana mungkin mereka tahu jika ada barang yang rusak atau hilang karena dicuri? Stock opname adalah kuncinya. 

Namun, apa itu stock opname? Berikut akan kita bahas mengenai stock opname berserta manfaat, fungsi, dan cara menghitungnya!

Pengertian Stock Opname

Stock opname adalah kegiatan menghitung persediaan barang atau stok produk yang berada di dalam toko atau gudang. Selain itu, stock opname biasanya juga digunakan untuk menghitung barang atau benda yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan. Tujuan utama stock opname ini adalah untuk menyesuaikan catatan akuntansi dengan stok produk yang disimpan agar biaya operasional yang timbul tidak melewati batas anggaran perusahaan.

Pada umumnya, stock opname ini dilakukan pada akhir tahun atau tiga dan empat bulan sekali agar sistem pengendaliannya dapat lebih tertata. Dengan perkembangan teknologi saat ini, kegiatan stock opname menjadi lebih cepat dan efisien dengan adanya Stock Keeping Unit (SKU) yang dicetak dalam barcode. Penerapan SKU juga membantu perusahaan mengurangi kesalahan pencatatan dan perhitungan stok produk.

Fungsi Stock Opname

  1. Untuk mencegah kerugian perusahaan karena kelalaian perhitungan stok produk oleh karyawan.
  2. Untuk mengetahui jumlah produk yang sebenarnya.
  3. Untuk mengatur mutasi produk masuk dan keluar.
  4. Untuk melakukan pengendalian internal.

Manfaat Stock Opname

  1. Mengurangi risiko penyimpangan, kecurangan, dan kelalaian perusahaan terhadap produk, baik itu kekurangan atau kelebihan dengan perhitungan dan pembukuan yang akurat
  2. Dapat menindaklanjuti dengan cepat jika ada produk yang hilang sehingga tidak sampai terjadi stok kosong.
  3. Mengetahui secara pasti kondisi, arus masuk, dan arus keluar produk di gudang
  4. Menjadi patokan untuk menghitung harga pokok penjualan (HPP).
  5. Menjadi data berkala untuk menganalisis perkembangan perusahaan dan perbandingan dengan kompetitor
  6. Membantu dalam hal pengambilan kebijakan perusahaan.

Cara Melakukan Stock Opname

  • Tahap Awal

Tahap awal stock opname adalah memberitahu pada seluruh karyawan gudang untuk merapikan dan memisahkan produk sesuai kategori yang telah ditentukan. Selain itu, menyiapkan tag, stiker, dan barcode juga diperlukan untuk memisahkan barang yang telah dihitung saat stock opname.

  • Tahap Persiapan

Tahap persiapan pada stock opname adalah langkah yang paling esensial karena berpengaruh besar pada keberhasilan perhitungannya. Persiapan dimulai dengan briefing tugas individu atau kelompok pada karyawan. Kemudian, karyawan gudang akan diberi tugas untuk menginput mutasi barang dengan keterangan waktu sampai dengan jam tutup operasional sehari sebelum melakukan stock opname.

  • Tahap Inti Stock Opname

Pada tahapan inti ini, Anda harus memastikan bahwa semua transaksi barang telah terinput ke dalam sistem, kemudian mencetaknya dan membagikannya kepada karyawan accounting. Kemudian, Anda juga perlu mengecek stok kedua kalinya untuk memastikan semua sesuai kategorinya. Lalu, beri tag atau stiker pada barang yang sudah diperiksa. Data ini kemudian dimasukkan ke Microsoft Excel sehingga terlihat perbandingannya dalam sistem dengan stock hasil opname.

  • Tahap Penyelesaian

Di tahap penyelesaian ini, perusahaan harus membuat berita acara stock opname sebagai pertanda bahwa stock opname telah selesai dilakukan. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai stock opname pada suatu perusahaan. Menarik, bukan? Sekarang Anda jadi mengetahui tahapan dari melakukan stock opname itu sendiri. Jika Anda sudah siap untuk mengembangkan stock pada produk usaha Anda, Investree siap membantu dalam meminjamkan modal usaha. Proses pengajuan cepat, mudah, dan 100% online. Bunga yang ditawarkan pun kompetitif. Cek syarat lengkapnya di Investree.

Referensi:

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-pengertian-tujuan-manfaat-stock-opname-beserta-contohnya/#:~:text=Stock%20opname%20adalah%20kegiatan%20yang,di%20dalam%20gudang%20secara%20langsung.

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/09/16/stock-opname-adalah