Bisnis

Simak Pengertian Wirausaha Secara Mendalam Di Sini

Peluang menjadi seorang wirausahawan menjadi terbuka lebar. Namun, tahukah Anda apa pengertian wirausaha? Dengan memahami pengertiannya, Anda bisa mengetahui lebih dalam seputar wirausaha sekaligus tujuan serta ciri-ciri seorang wirausahawan. Inilah informasi lengkap seputar wirausaha. 

Pengertian Wirausaha 

Secara umum, pengertian wirausaha adalah seseorang yang memulai dan juga mendirikan usaha bisnis. Pengertian lainnya yaitu wirausaha ialah orang yang berani melakukan sebuah usaha. Secara bahasa, wirausaha adalah seseorang yang mengambil resiko memulai usaha bisnis. 

Wirausaha itu sendiri berasal dari suku kata, wira dan usaha. Dimana wira memiliki arti sebagai pahlawan, pejuang, berbudi luhur, berwatak agung, manusia unggul dan gagah berani. Sedangkan kata usaha berarti sebuah perbuatan ataupun amalan, bekerja dan berbuat sesuatu. Secara harfiah berarti wirausaha adalah sebuah perjuangan dalam melakukan suatu pekerjaan. Adapun tujuan dari wirausaha adalah sebagai berikut:

  1. Menyebarkan Pengaruh Wirausaha 

Jika Anda memiliki sebuah usaha yang sangat sukses maka hal tersebut akan mempengaruhi orang lain. Melihat kesuksesan yang Anda raih maka orang lain memiliki kecenderungan untuk meniru supaya mendapatkan kesuksesan yang sama dalam menjalankan usaha. Untuk mendapatkan kesuksesan yang sama atau bahkan melebihi berarti harus mengetahui bagaimana cara menjadi wirausaha yang baik serta cara membangun usaha.

  1. Membangun Kesejahteraan Masyarakat  

Semakin banyak masyarakat yang memiliki usaha maka akan membuka banyak lapangan kerja untuk orang lain. Hal ini dikarenakan dalam dunia usaha itu pasti akan melibatkan banyak orang. Jika banyak lapangan pekerjaan yang dibuka berarti roda perekonomian masyarakat akan terus bergerak ke arah positif. Dan yang pasti kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik lagi.

  1. Membentuk Wirausaha yang Berkualitas 

Banyaknya orang yang menggeluti dunia wirausaha maka akan muncul wirausaha yang beragam. Kondisi ini akan menciptakan persaingan atau kompetisi usaha. Untuk menghadapi persaingan dengan kompetitor berarti harus ada strategi jitu yang digunakan. Jika mampu bertahan dalam kondisi ini maka Anda menjadi salah satu wirausaha yang berkualitas. Wirausaha yang berkualitas tentu akan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas juga.

Ciri-Ciri Wirausahawan 

Seseorang yang menjalankan wirausaha akan disebut sebagai wirausahawan. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri wirausaha:

  1. Berani Mengambil Risiko 

Seorang wirausahawan pasti memiliki sifat yang berani mengambil risiko serta mampu mengubah kesempatan menjadi peluang yang menguntungkan. Sifat wirausaha ini juga harus diimbangi dengan perencanaan dan pengamatan yang dilakukan terhadap ide yang dimiliki.

  1. Memiliki Keberanian dan Daya Kreasi 

Ciri-ciri wirausahawan selanjutnya yaitu memiliki keberanian dan daya kreasi. Seorang wirausaha yang memiliki ciri ini bisa dimanfaatkan untuk merencanakan serta membuat inovasi baru. Wirausaha harus memiliki keberanian dalam mengambil keputusan dengan cepat mengenai usaha yang dimiliki. 

  1. Memiliki Analisis yang Tepat 

Anda benar-benar seorang wirausahawan yang hebat apabila memiliki pengetahuan yang luas untuk membuat analisis yang tepat. Bisa membuat analisis yang tepat tentu akan mempengaruhi keputusan yang diambil. 

  1. Memiliki Kemauan Keras dan Selalu Semangat

Menjadi seorang wirausahawan yang sukses tentu tidak bisa diperoleh dengan mudah dan cepat. Butuh proses yang panjang untuk mencapainya. Jika hari ini gagal besok harus mulai kembali sampai bisa sukses. Namun, sukses tidak akan bisa didapatkan jika tidak memiliki kemauan keras dan semangat. Maka dari itu, wirausahawan harus memiliki kemauan keras dan semangat tiada henti.

Itulah pengertian wirausaha beserta dengan tujuan dan ciri-ciri seorang wirausahawan. Jika Anda seorang wirausaha yang membutuhkan dana untuk menjalankan proyek atau menambah stok, Anda bisa mengajukan pinjaman di Investree. Investree merupakan fintech lending terpercaya karena sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Referensi:

Rizka Zakiya. Desember 2020. Pengertian Wirausaha:Tujuan, Ciri-ciri, Karakteristik dan Contohnya. Saintif.com. https://bit.ly/3rCDJe9

Share this Post

Artikel Terbaru