Bisnis

Simak Pengertian Serta Cara Analisis Peluang Usaha

Analisis peluang usaha memiliki peran penting dalam rencana pengembangan bisnis secara keseluruhan. Secara garis besar, daya saing suatu usaha terhadap usaha lain di bidang yang sama semakin ketat. Ini karena kebutuhan akan barang dan jasa yang terus berkembang. Sebagai seorang pengusaha, Anda harus mampu menemukan cara kreatif agar usaha yang dijalankan tetap berkembang, salah satunya dengan menganalisis peluang usaha yang ada.

Pengertian Analisis Peluang Bisnis

Peluang usaha diartikan sebagai kesempatan yang seharusnya diambil dan dimanfaatkan seorang wirausahawan demi mendapatkan imbal hasil yang optimal. Tidak semua pengusaha bisa melihat peluang dan tidak semua orang yang bisa melihatnya berani memanfaatkan peluang tersebut dan melangkah maju. Hanya para wirausahawan dengan karakter kreatif saja yang tanggap dan cepat dalam memanfaatkan sebuah peluang.

Seperti yang diketahui, peluang usaha yang sudah diambil bisa memberikan konsekuensi tersendiri bagi pengambil keputusan. Jika pilihan yang diambil tepat, pengusaha akan memperoleh imbal hasil. Namun jika gagal, maka ada bagian dari risiko yang harus ditanggung.

Sementara analisis peluang bisnis adalah salah satu metode analisis berupa perencanaan, riset, prediksi, serta evaluasi kegiatan usaha untuk menilai peluang atau kesempatan dari banyaknya opsi berikut risiko yang seharusnya dimanfaatkan seorang pengusaha untuk mendapat imbal hasil. Tujuannya, agar perusahaan dapat berkembang dengan optimal dan meraih imbal hasil sesuai target.

Ciri-Ciri Peluang Usaha

  1. Ada keinginan dan keyakinan untuk mewujudkannya.
  2. Ada rasa senang dari pengusaha untuk menjalankannya.
  3. Peluang bersifat ide kreatif, inovatif, orisinil, dan bukan merupakan tiruan dari orang lain.
  4. Peluang usaha harus mampu mengantisipasi persaingan, perubahan, dan kebutuhan pasar di masa mendatang.

Jenis Analisis Peluang Bisnis Beserta Caranya

1. Analisis Peluang Berdasarkan Jenis Produk

Cara menganalisis peluang bisnis berdasarkan jenis produk bisa dilakukan dengan mencari minat seseorang, misalnya berminat di bidang perdagangan, jasa, maupun bidang lain yang sejenis. Selain itu, estimasi modal yang dibutuhkan, baik itu modal dalam bentuk uang maupun mesin. Juga relasi, adakah keluarga atau kenalan yang sudah menekuni bidang usaha tersebut sebelumnya.

 

Disamping itu, pengusaha perlu mempertimbangkan beberapa hal pendukung lain seperti pengaruh lingkungan sekitar usaha, jumlah kompetitor, jumlah permintaan masyarakat terhadap jenis usaha yang dijalankan, kecocokan kebutuhan masyarakat dengan jenis usaha terkait, serta adanya kemampuan untuk bertahan dan memenangkan persaingan bisnis.

2. Analisis Peluang Berdasarkan Minat dan Daya Beli Pelanggan

Untuk mengetahui besar kecilnya minat masyarakat atas usaha yang didirikan, pengusaha dianjurkan untuk melakukan observasi. Dimana observasi dapat dijalankan dengan pengadaan pengamatan pasar secara langsung, melakukan wawancara, serta memberikan angket untuk diisi calon konsumen.

 

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda pertimbangkan terkait produksi barang dan jasa agar pelaksanaan peluang usaha bisa berjalan lancar. Beberapa diantaranya adalah:

 

  1. Membuat model kasar produk jasa yang disukai konsumen, kemudian menyesuaikannya dengan daya beli masyarakat secara umum.
  2. Menyusun daftar komponen barang dan jasa yang diminati konsumen, mulai dari jenis, jumlah, sampai daya belinya.
  3. Memanfaatkan tenaga pelaksana proses produksi barang dan jasa, sekaligus melakukan pengawasan apakah setiap lini manajemen cukup bertanggung jawab atas program perusahaan atau tidak.

 

Dalam menganalisis peluang usahanya, pengusaha juga harus mempertimbangkan hal berikut:

 

  1. Memproduksi produk yang berkualitas, bermanfaat, dan laku terjual sesuai daya beli target konsumen.
  2. Memperbaiki dan memelihara tempat kerja, sarana kerja, peralatan kerja, dan lain sebagainya.
  3. Memproduksi barang lebih cepat, murah, dan berfaedah sesuai daya belinya.
  4. Mendesain produk dengan bahan baru atau kombinasi lain yang digemari masyarakat sesuai daya belinya.

 

Demikian sekilas informasi mengenai analisis peluang usaha untuk Anda pahami. Untuk mengembangkan usaha tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi, buka cabang baru dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

 

Referensi :

Dosen Pendidikan 2. 31 Agustus 2021. Peluang Usaha Adalah. Dosenpendidikan.co.id : https://bit.ly/3miOvUr

Share this Post

Artikel Terbaru