Bisnis

Simak Pengertian Laporan Keuangan Secara Lengkap di Sini!

Laporan keuangan jadi unsur penting dalam mengelola usaha. Pengertian laporan keuangan itu sendiri adalah laporan berisi catatan keuangan serta transaksi yang telah dilakukan. Dalam mengelola sebuah usaha, laporan keuangan menjadi serangkaian proses dan sistem yang harus dijalankan. Hal-hal tersebut dilakukan untuk memudahkan Anda mengetahui perkembangan usaha dan apa saja yang terjadi di dalamnya. Untuk melakukannya, dibutuhkan keahlian dan tidak bisa dikerjakan tanpa dasar. Semua harus berdasar pada kompetensi.

Apa Itu Laporan Keuangan?

Keuangan atau finansial adalah salah satu unsur penting dari perusahaan. Karena melalui keuangan itulah, Anda bisa tahu apakah usaha yang dijalankan berkembang, jalan di tempat atau bahkan sebaliknya. Dan untuk menginterpretasikan hal tersebut, Anda bisa melihatnya melalui laporan keuangan.

Secara umum, laporan keuangan ialah sebuah laporan yang isinya memuat hal-hal tentang pencatatan keuangan serta transaksi yang terjadi di sebuah perusahaan. Biasanya laporan tersebut dibuat berdasarkan periode tertentu. Satu bulan atau satu tahun - atau bisa pula keduanya.

Laporan keuangan ini dibuat supaya pemilik usaha serta para pemegang saham dapat mengetahui dan memahami kondisi finansial perusahaan yang dapat menggambarkan keadaan perusahaan dari sisi kekuatan finansial dan performa perusahaan selama periode tersebut. Karena dengan melihat sehat atau tidaknya keuangan perusahaan, Anda juga dapat melihat perkembangan perusahaan tersebut.

Kemudian, setelah laporan itu dibuat serta dipahami, para pemilik, pemegang saham ataupun decision maker dapat mengevaluasi serta menentukan langkah apa yang akan diambil ke depannya. Karena sangat pentingnya laporan keuangan itu, maka seperti telah sedikit diulas sebelumnya, bahwa laporan ini harus dikerjakan oleh seseorang dengan kapabilitas dan kredibilitas yang baik serta memang memiliki keahlian di bidangnya, yaitu di bidang finansial.

Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Indonesia (PSAK), laporan keuangan dapat didefinisikan sebagai penyajian terstruktur dari posisi keuangan serta kinerja keuangan suatu entitas atau perusahaan.

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia, laporan keuangan secara umum terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan, catatan dan laporan lain serta materi akan penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.

Sehingga, dapat Anda simpulkan bahwa laporan keuangan merupakan data yang berisi transaksi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Kemudian, isinya tersebut harus dilaporkan dan dipertanggungjawabkan sebagai pembahasan serta evaluasi untuk langkah perkembangan usaha kedepannya.

Fungsi Laporan Keuangan

1. Penilaian Kondisi Utama

Fungsi pertama dari laporan keuangan adalah dapat menilai kondisi perusahaan yang Anda kelola. Dalam artian, jika pada laporan tersebut terdapat banyak catatan kerugian, perusahaan masih terlalu banyak mengeluarkan uang dibandingkan hasil yang didapatkan. Begitu pun sebaliknya, jika dalam laporan dinyatakan untung, maka kemungkinan perusahaan masih punya ruang dan sumber daya untuk berkembang.

2. Menjadi Bahan Evaluasi

Dengan adanya laporan keuangan tersebut, Anda akan melihat pada poin mana saja yang harus mendapat perhatian lebih. Karena laporan akan menjadi tolok ukur evaluasi yang menjelaskan masalah serta menggambarkan kira-kira solusi dan langkah apa yang dapat diambil untuk memperbaikinya.

3. Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban

Laporan keuangan pun dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan. Baik kepada pemilik, investor dan pihak terkait lainnya. Paling tidak, itu berarti semua telah berjalan berdasarkan tugas dan porsinya masing-masing.

Dengan memahami pengertian laporan keuangan beserta fungsinya, Anda dapat menjadikannya sebagai bahan perbaikan serta acuan langkah ke depannya. Jika ingin ekspansi usaha, pengembangan usaha, ataupun bisa juga dengan bergabung sebagai Borrower di platform fintech lending terpercaya yang sudah mendapatkan izin serta diawasi oleh OJK seperti Investree. Dengan keamanan dan kemudahan yang terjamin.

Referensi:

Sugi Priharto. February 19th, 2020. Pengertian Laporan Keuangan, Contoh, Dan Fungsinya Untuk Bisnis Anda: Accurate.id. https://bit.ly/3gqJNm0

Guru Pendidikan. 28 April 2021. Laporan Keuangan. Gurupendidikan.com. https://bit.ly/3gCYPUt

Share this Post

Artikel Terbaru