Bisnis

Simak Pengertian F&B Produk Beserta Tanggung Jawabnya

F&B Produk atau Food and Beverage Produk adalah istilah yang populer di kalangan pengelola hotel dan pengelola restoran di hotel. Jika Anda masih awam dengan Food and Beverage Produk, Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai pengertian Food and Beverage dan tanggung jawabnya di bawah ini.

Apa Itu Food and Beverage Produk?

Food and Beverage Produk menjadi departemen yang mengatur semua makanan yang ada di hotel ataupun tempat penginapan dengan skala yang lumayan besar. Untuk setiap hotel dan penginapan dengan skala yang besar tersebut harus mempunyai departemen Food and Beverage tersendiri sehingga setiap pengelolaan makanan di hotel akan langsung ditangani oleh Food and Beverage-nya masing-masing.

Selain menjamin mutu dan kualitas makanan dan minuman yang ada di hotel, Food and Beverage Produk juga bertanggung jawab terhadap pengelolaan penjualan makanan dan minuman tersebut kepada setiap pengunjung hotel dan pembeli lainnya secara umum. Lebih lanjut, Food and Beverage Produk juga menangani service atau pelayanan pengunjung hotel dan pembeli makanan atau minuman tersebut sehingga terdapat istilah lainnya yakni Food and Beverage Service.

Secara umum, fungsi utama Food and Beverage Produk yaitu untuk melayani pelanggan terhadap pembelian makanan dan minuman yang ada di hotel agar mereka mencapai kepuasan. Berikut fungsi dari Food and Beverage Produk yang wajib Anda ketahui:

  • Sebuah pelayanan untuk penghidangan makanan secara khusus.
  • Sebuah kebutuhan yang memiliki nilai terbaik dari segi harga, mutu, dan pelayanan.
  • Sebuah treatment untuk menghadirkan suasana yang bersahabat bagi pengunjung hotel yang membeli makanan dan minuman.
  • Sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kualitas dan nilai dari sebuah hotel atau restoran.
  • Sebagai sebuah keinginan orang lain untuk menyalurkan pekerjaannya dengan penuh dedikasi.

Tanggung Jawab Food and Beverage Produk

Food and Beverage Produk mempunyai tanggung jawab khusus karena termasuk departemen yang berada di bawah naungan suatu restoran atau hotel dalam sub penghidangan makanan serta minuman dan pelayanannya. Tugas dan tanggung jawab tersebut harus dilakukan dengan sebaik mungkin demi menjaga kualitas dan mutu hotel restoran yang melayani pelanggannya. Lantas, apa saja tanggung jawab F&B Produk? Simak di bawah ini.

1. Mengolah Bahan Makanan

Tugas dari Food and Beverage Produk yang pertama yaitu mengolah bahan makanan mentah menjadi bahan makanan yang matang dan siap untuk disantap. Selain itu, harus mempunyai kreasi banyak menu supaya bisa menciptakan berbagai jenis makanan dari satu olahan saja dengan rasa yang nikmat di lidah.

2. Menciptakan Ciri Khas Makanan

Tidak hanya menciptakan makanan yang lezat saja, tetapi Food and Beverage Produk juga bertanggung jawab terhadap ciri khas makanan yang disajikan. Ciri khas ini termasuk juga dari segi rasa, olahan, dan penampilan makanan serta minuman supaya pelanggan bisa dengan mudah mengenali bahwa makanan tersebut merupakan produk milik restoran atau hotel.

3. Bertanggung Jawab Terhadap Standar Kesehatan Makanan

Terlepas dari kelezatan cita rasa masakan dan juga ciri khasnya, tanggung jawab dari Food and Beverage Produk yang tidak kalah penting berikutnya adalah menciptakan makanan yang sehat. Makanan yang disajikan nantinya harus memenuhi standar kesehatan yang telah ditetapkan.

Itulah pengertian serta tanggung jawab dari F&B Produk yang harus dilakukan sebaik mungkin oleh para tenaga di restoran maupun hotel. Jika divisi atau departemen ini tidak mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, maka citra restauran atau hotel yang menaunginya akan menurun. Bagi Anda yang memiliki usaha restoran maupun hotel, penting untuk mengembangkan Food and Beverage Produk. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan Food and Beverage Produk, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi:

Duta Persada Jogja. Senin, 28 Desember 2020. Tugas Dan Tanggung Jawab Food And Beverage Product. Dutapersadajogja.com: https://bit.ly/2Ziyk1K

Share this Post