Bisnis

Simak 7 Inspirasi Usaha yang Aman dan Menguntungkan

Inspirasi usaha pada dasarnya bisa didapat dari mana saja, baik itu lingkungan sekitar, saudara, teman, media sosial, juga informasi di mesin pencarian. Namun, tidak semuanya cocok dan aman untuk dicoba. Apalagi jika jenis usaha dengan modal besar yang sangat berisiko. Lantas, apa saja ya ide usaha yang sekiranya aman dan cukup menguntungkan untuk dicoba? Berikut ini beberapa inspirasi usaha yang bisa Anda coba.

Ide Bisnis yang Aman dan Menguntungkan

1. Bisnis Sembako

Sembako termasuk kebutuhan pokok yang tidak bisa dihindarkan pemenuhannya setiap hari. Mulai dari beras, gula pasir, telur, garam, sampai sabun, bisa menjadi salah satu pemenuh etalase toko sembako Anda. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha ini tidaklah terlalu besar. Mengingat barang yang diperdagangkan akan selalu dibutuhkan masyarakat, bentuk usaha sembako terbilang aman dan relatif menguntungkan untuk jangka panjang, terlebih bila Anda sudah memiliki pelanggan tetap.

2. Bisnis Makanan Ringan

Berbagai aktivitas di rumah akan lebih seru jika ditemani dengan makanan ringan sebagai pendampingnya. Inilah kenapa banyak masyarakat Indonesia yang memasok kebutuhan camilan di rumah, entah itu kue kering bercita rasa manis, kerupuk bawang, makaroni pedas, keripik kentang, dan lain sebagainya.

Di era yang semuanya super mudah, Anda dapat mencari resep kuliner ringan yang mudah lewat jejaring sosial media, kemudian memproduksinya sendiri atau sekadar memberikan variasi sebagai nilai tambah untuk dijual kembali. Guna meluaskan jangkauan pasar yang dituju, Anda dapat menjualnya secara online melalui situs e-commerce dan sosial media pribadi.

3. Jualan Sarapan Pagi

Bagi anak sekolah atau ibu rumah tangga yang merangkap sebagai karyawan, waktu pagi adalah waktu tersingkat dan tersibuk. Usai bangun, mereka akan langsung membersihkan dan mempersiapkan diri, kemudian bergegas berangkat jika tidak ingin terlambat akibat jalanan yang macet. Fenomena seperti ini bisa Anda jadikan peluang untuk jualan sarapan yang menguntungkan. Tidak perlu menyajikan makanan super mewah dengan proses masak berjam-jam, mengingat masyarakat biasanya lebih menggemari sarapan sederhana seperti nasi uduk, kue pastel, atau bubur.

4. Katering Makanan

Usaha katering makanan menjadi salah bisnis yang bagus untuk dijalankan dalam jangka panjang. Katering makanan pasti selalu dibutuhkan untuk keperluan berbagai macam acara seperti aqiqah, pernikahan, ulang tahun, atau acara lainnya.

Menariknya, pelaku usaha ini tidak harus bisa memasak. Anda dapat memberdayakan ibu rumah tangga atau saudara yang tinggal di sekitar tempat tinggal Anda sebagai juru masak. Tugas Anda hanyalah memastikan masakan yang dibuat sesuai dengan lidah konsumen, sekaligus mempromosikan usaha tersebut ke berbagai tempat.

5. Bimbel atau Les

Jumlah anak yang didaftarkan mengikuti bimbel atau les di setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Baik itu bimbel pelajaran sekolah maupun les keahlian seperti les bahasa asing atau les gitar. Jika Anda memiliki wawasan yang luas atau skill yang mumpuni atas suatu bidang, inspirasi bisnis satu ini layak untuk dicoba.

6. Content Creator

Peluang bisnis satu ini sangat cocok dilakoni generasi Z yang super kreatif. Mulai dari podcast, vlog kehidupan pribadi, berbagi tips dan trik atas suatu hal, sampai review film populer bisa jadi pilihan konten untuk Anda pilih. Nantinya, Anda akan mendapatkan penghasilan dari iklan dari sponsor maupun iklan dari penyedia platform seperti youtube dengan Google Adsensenya. Kuncinya adalah mengunggah konten yang memang banyak digilai orang-orang, sehingga jumlah penonton akan ikut meningkat, demikian pula dengan pendapatan iklan yang bisa Anda dapatkan.

Itulah beberapa inspirasi usaha aman dan menguntungkan yang bisa Anda pertimbangkan untuk dicoba. Untuk mengembangkan usaha diatas tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

25 Juni 2020. Peluang Usaha yang Menjanjikan dan Menguntungkan. Misterexportir.com : https://bit.ly/3CVxKpa

Share this Post