Bisnis

Simak 5 Ide Jualan Makanan yang Laku di Masa Pandemi

Ada banyak ide jualan makanan yang bisa Anda coba saat masa pandemi. Anda tak perlu khawatir akan sepi peminat sebab bisnis kuliner tetap akan tinggi peminat. Meski begitu, sebelumnya Anda harus melakukan riset pasar agar bisnis menjadi sukses hingga mendapatkan imbal hasil besar.
ACD marketplace
Mengingat saat ini sedang pandemi, masyarakat lebih cenderung membeli jenis makanan yang unik dan menyediakan jasa delivery order. Daripada makanan rumahan biasa, akan lebih baik Anda menyediakan menu yang ringan dan jarang ditemukan. Berikut beberapa contohnya.

1. Takoyaki

Bisnis makanan unik yang bisa Anda coba pertama adalah takoyaki. Takoyaki ini memiliki bentuk seperti bola-bola. Makanan khas daerah Kansai di Jepang ini memiliki isian potongan gurita. Namun Anda bisa berinovasi dengan isian bahan yang lain, seperti sosis, keju dan lain sebagainya.

Untuk memulai bisnis takoyaki, Anda harus memiliki cetakannya. Harga cetakannya tidak begitu mahal, berkisar antara Rp100.000 hingga Rp300.000 tergantung dari berapa lubang yang diinginkan. Selain itu Anda juga harus menyiapkan bahan-bahan takoyaki beserta packing.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis takoyaki sebenarnya tidak besar. Terlebih harga takoyaki per porsi bisa mencapai Rp20.000 dengan peminat yang tak sedikit. Hal ini tentu saja bisa mengembalikan modal Anda dalam waktu dekat.

2. Churros

Churros menjadi salah satu makanan ringan yang masih banyak diminati. Peminatnya tak hanya dari kalangan anak muda saja, melainkan orang dewasa dan anak-anak juga. Jika di tempat tinggal Anda masih belum ada yang menggunakan bisnis ini, maka ini adalah kesempatan untuk Anda manfaatkan.

Cara membuat churros sendiri cukup mudah, Anda bahkan tak perlu menyiapkan peralatan khusus. Supaya bisnis Anda lebih unik dari yang lain, Anda dapat berinovasi dengan memberikan pilihan saus selain saus coklat, seperti saus greentea, saus vanila dan lain sebagainya. Untuk harga jualnya sendiri berkisar Rp8.000 hingga Rp10.000 untuk setiap porsi.
ACD lender

3. Corn Dog

Corn dog mungkin masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Namun jenis makanan ini cukup menjanjikan sebagai bisnis kuliner kekinian. Corn dog bisa dikatakan sebagai hot dog yang disajikan dengan cara ditusuk. Terbuat dari sosis yang dilapisi dengan adonan encer tepung jagung kasar.

Makanan ini cukup populer di Korea Selatan. Selain dengan menggunakan sosis, Anda juga bisa menggunakan keju mozarella. Anda dapat menjualnya dalam bentuk matang maupun sebagai frozen food. Harga untuk setiap porsinya sendiri sekitar Rp20.000.

4. Ayam Geprek

Kepopuleran ayam geprek masih cukup tinggi di Indonesia. Ayam geprek terbuat dari ayam tepung yang kemudian di-‘geprek’ dengan sambal. Makanan ini menjadi makanan pilihan untuk orang-orang yang suka pedas. Berbeda dari makanan yang dijelaskan sebelumnya, ayam geprek termasuk makanan yang berat dan akan lebih lezat dikonsumsi bersama nasi hangat. Untuk membuka usaha ini Anda membutuhkan modal yang cukup besar terutama untuk membeli daging ayam.

5. Loukoumades

Loukoumades sempat menjadi jajanan yang viral di Tanah Air. Makanan ini disebut juga sebagai donat Yunani meskipun bentuknya terlihat bulat tak seperti donat pada umumnya. Biasanya donat ini disajikan dengan taburan gula atau sirup madu. Untuk membuat loukoumades sangatlah mudah. Bahan-bahannya pun bisa didapat dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaan dari donat umumnya adalah topping-nya. Selain sirup madu dan gula, Anda juga bisa berinovasi menggunakan yogurt atau krim asam.

Demikian penjelasan mengenai 5 ide jualan makanan yang bisa Anda coba saat pandemi. Semoga bermanfaat.
ACD borrower
Referensi:

Admin. 3 Juni 2020. 30 Usaha Makanan Kekinian yang Tren & Dijamin Ramai. Gobiz.co.id: https://bit.ly/3kRIeyw

Share this Post

Artikel Terbaru