Bisnis

Simak 5 Fungsi Manajemen Keuangan Terhadap Suatu Usaha

Salah satu fungsi manajemen keuangan yang penting adalah mengelola keuangan perusahaan dengan baik dan benar. Dengan manajemen keuangan, usaha Anda semakin berkembang. Semua hal yang berkaitan dengan keuangan diatur dalam manajemen keuangan dan dibukukan dalam laporan keuangan. Untuk mengetahui lebih lengkap apa itu manajemen keuangan beserta fungsinya, Anda bisa pelajari dibawah ini.

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan kegiatan merencanakan, mengatur, mengarahkan dan juga mengawasi aktivitas keuangan atau finansial, contohnya seperti pengadaan dana dan pemanfaatan dana perusahaan.

Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi manajemen keuangan terdiri dari lima fungsi. Lima fungsi manajemen keuangan meliputi planning, budgeting, controlling, auditing dan reporting. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Planning atau Perencanaan

Planning atau perencanaan keuangan menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan. Fungsi manajemen keuangan sebagai planning meliputi penghitungan laba dan rugi, pengaturan arus kas dan perencanaan arus kas.

2. Budgeting atau Penganggaran

Setelah perusahaan selesai melakukan perencanaan keuangan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah penganggaran. Dimana perusahaan harus mengalokasikan sejumlah uang atau dana dari kas perusahaan dan digunakan untuk berbagai keperluan. Dana yang dikeluarkan diharapkan bisa meningkatkan kegiatan operasional perusahaan sehingga bisa mencapai target yang ditentukan.

3. Controlling atau Pengendalian

Fungsi manajemen keuangan yang ketiga adalah controlling atau pengendalian. Selama proses berjalannya usaha, perusahaan harus bisa mengendalikan serta mengevaluasi keuangannya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki sistem keuangan yang dianggap kurang efektif untuk keuangan perusahaan.

4. Auditing atau Memeriksa

Manajemen keuangan juga berfungsi sebagai auditing atau memeriksa. Dalam hal ini, manajemen berfungsi sebagai auditor sehingga akan memeriksa keadaan keuangan perusahaan.

5. Reporting atau Laporan

Fungsi dari manajemen keuangan yang terakhir adalah reporting. Laporan keuangan yang dibuat harus dilakukan dengan transparan untuk setiap kalangan perusahaan. Selain itu, informasi mengenai keadaan keuangan perusahaan juga harus disampaikan.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

  1. Keputusan Pendanaan

Keputusan pendanaan ini terdiri dari kebijakan manajemen dalam melakukan pencairan dana di perusahaan. Manajemen keuangan juga bisa menerbitkan obligasi, kebijakan jangka pendek dan jangka pendek. Sumber dari kebijakan yang dibuat berasal dari internal maupun eksternal perusahaan.

Anda bisa melakukan Pendanaan di Investree yang yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai  pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Anda bisa memilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel dan Reksa Dana for Lender. Silahkan download aplikasi Investree for Lender sekarang dan berikan pendanaan pada pinjaman yang Anda inginkan secara nyaman untuk memperoleh imbal hasil atraktif hingga 20 p.a. Tak perlu khawatir mendanai di Investree karena pendanaan Anda telah dijamin oleh rekanan asuransi yang aman dan terpercaya.

2. Keputusan Pengelolaan Aset

Keputusan pengelolaan aset  merupakan kebijakan perusahaan yang dilakukan dengan maksud supaya tujuan perusahaan yang sudah dibuat bisa berjalan dengan optimal.

3. Keputusan Investasi

Keputusan investasi adalah kebijakan atas penanaman modal pada aktiva tetap dan aktiva finansial. Aktiva tetap tersebut meliputi tanah, gedung alat. Sedangkan aktiva finansial contohnya seperti surat berharga sejenis obligasi dan saham.

Itulah informasi tentang 5 fungsi manajemen keuangan terhadap suatu usaha. Dari beberapa fungsi yang disebutkan diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen keuangan sangat penting untuk perusahaan.

Referensi :

Rizki Indra. 01 Oktober 2021. Ini 5 Fungsi Manajemen Keuangan yang Wajib kamu Ketahui. Lemonilo.com. https://bit.ly/3uCrwaG

Share this Post

Artikel Terbaru