Bisnis

Sebuah Bisnis Butuh Teknologi untuk Berkembang, Kenapa?

Ketika Anda mulai ingin memperbaiki jalannya sebuah bisnis, Anda mulai bertanya-tanya, "bagaimana caranya?" atau "harus dimulai dari mana?". Nah, mungkin dengan membuat segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis menjadi lebih praktis dapat menjawabnya. Ya, seperti pemanfaatan teknologi dalam operasional bisnis, dapat membuat jalannya jadi lebih praktis dan tentu akan mempermudah Anda. Mungkin ini rahasia yang digunakan para pesaing Anda, yang kemudian membuat bisnis mereka berkembang. Lalu, kenapa teknologi bisa sebegitu berdampaknya pada sebuah bisnis? Berikut Investree beri jawabannya di bawah ini. Simak, yuk!

Teknologi dapat mempermudah kegiatan promosi

Bisnis yang kini mau tidak mau harus berjalan secara digital ternyata memudahkan aktivitas promosinya. Strategi pemasaran yang efektif dapat dilakukan dengan budget minimalis, serta mampu menjangkau target audiens yang luas. Tentu sangat membantu bagi UMKM yang memiliki budget pemasaran terbatas. Itu mengapa, UMKM mulai diarahkan untuk mendigitalisasi usahanya. Nah, agar aktivitas pemasaran digital dapat berjalan efektif, pemilik bisnis harus bisa mengembangkan strategi pemasaran digital yang jelas berdasarkan tujuan bisnis, taktik, dan cara mengukur keberhasilan.

Kemunculan teknologi berupa situs web, media sosial, email marketing, dan iklan pay-per-click membuat Anda tidak harus mengeluarkan biaya lebih untuk bisa menggaet audiens yang luas. Analisis untuk mengukur keberhasilan promosi pun bisa Anda peroleh dengan mudah. Agar hasilnya maksimal, beragam media tersebut harus dikelola menggunakan konten-konten yang related dengan strategi pemasaran bisnis Anda. Dengan begitu teknologi digital dapat mempercepat pertumbuhan bisnis dan membangun loyalitas konsumen terhadap brand Anda.

Membangun relasi dengan pelanggan yang lebih luas

Bagi sebuah bisnis, pelanggan bisa menjadi faktor penentu keberlangsungan bisnis itu sendiri. Jadi tidak heran bila para pelanggan harus di-maintain dengan baik. Hadirnya perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) dapat memberi kekuatan sebuah bisnis untuk mengelola hubungan dengan para pelanggan. Dilansir dari Bisnis.com, sebuah survei dari Capterra menyebut bahwa 47% pengguna CRM mengaku software tersebut secara signifikan dapat meningkatkan retensi dan kepuasan pelanggan. Selain itu, CRM dapat meminimalkan biaya operasional dan memaksimalkan pendapatan.

Teknologi juga dapat membantu Anda memantau data pelanggan. Data yang dikumpulkan dapat Anda gunakan untuk mempelajari pelanggan, memberi wawasan tentang pelanggan, serta memantau apa yang sedang tren. Dengan begitu, Anda bisa membuat perubahan penting pada bisnis sesuai dengan apa yang diinginkan pelanggan. Sehingga dapat meningkatkan profitabilitas. Aplikasi bisnis seperti oracle dan metastock dapat menguji coba strategi bisnis sebelum diterapkan dan membantu Anda mendapat data terbaru mengenai statistik (analisis) target audiens/pelanggan.

Bantu mengelola keuangan bisnis Anda

Mungkin bila dulu Anda membutuhkan waktu berjam-jam di depan mesin tik untuk membuat laporan keuangan, sekarang dengan adanya teknologi Anda bisa dengan mudah membuat laporan keuangan menggunakan microsoft office yang tersedia di komputer/laptop Anda. Namun belakangan muncul lagi software yang semakin memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis. Bahkan Anda bisa mengoperasionalkannya sendiri meski tidak memiliki latar belakang akuntansi. Sehingga dapat menghemat biaya untuk gaji pegawai.

Banyak software manajemen keuangan yang dapat digunakan, seperti software ReadyForZero yang dapat mengontrol jumlah utang sehingga Anda dapat lebih bijak mengatur keuangan. Arus keluar-masuk kas bisnis dapat tercatat otomatis dan laporan keuangan juga bisa dengan mudah Anda unduh menggunakan software akuntansi online. Ada juga aplikasi POS (Point of Sales) yang dapat melayani semua transaksi pembayaran, menyediakan laporan keuangan, manajemen inventori untuk memantau stok, sampai mencatat data/tren pelanggan.

Meningkatkan efisiensi dan produktivitas pegawai

Terutama di masa pandemi yang membuat banyak pekerja harus bekerja dari rumah, teknologi adalah satu-satunya yang membuat bisnis tetap bisa beroperasi. Sebut saja aplikasi Trello yang digunakan untuk berbagi tugas. Sehingga meski berjauhan, para staf tetap saling terhubung satu sama lain. Kolaborasi tim akan tetap terjaga dan dengan mudah Anda memantau progresnya. Produktivitas pegawai pun dapat terkontrol dengan baik, meski mereka harus bekerja dari rumah.

Dengan memanfaatkan teknologi seperti cloud, contohnya Google Drive, pegawai Anda bisa bekerja dari mana saja, tidak harus di kantor. Itu juga yang membuat pekerjaan jadi lebih efisien dan lebih banyak yang bisa dikerjakan. Karena mereka tidak harus berada di meja kantor dulu untuk bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan. Mobilisasi pegawai sambil memanfaatkan teknologi dapat menghemat waktu dan juga biaya operasional sehingga mampu memaksimalkan keuntungan serta mendorong pertumbuhan bisnis.

Sistem otomatisasi dapat meringankan kerja Anda

Dalam satu hari hanya ada 24 jam. Banyak pemilik bisnis merasa waktu tersebut kurang untuk bisa mengatur semua yang menjadi tanggung jawab pekerjaan mereka. Apalagi buat para solopreneur yang mengurus bisnisnya sendiri, banyak yang harus mereka lakukan. Nah, teknologi otomatisasi dapat membantu Anda melakukan banyak hal. Mulai dari pelacakan biaya, stok barang, pembuatan resi, sampai mengelola orientasi konsumen. Faktanya, WorkMarket’s 2020 In (Sight) Report menemukan bahwa otomatisasi dapat membantu 78% pemilik bisnis menghemat tiga jam per hari atau kira-kira 360 jam sepanjang tahun.

Otomatisasi juga dapat memudahkan Anda mengirim pesan otomatis ke konsumen yang menghubungi Anda. Sehingga konsumen tetap mendapat pesan balasan meski Anda sedang tidak online. Selain itu, penjadwalan konten di media sosial misal menggunakan HootSuite - juga membantu Anda memposting secara otomatis. Bukankah semua jadi lebih mudah?

Begitu bermanfaatnya teknologi bagi sebuah bisnis, sangat sayang bila Anda tidak menggunakannya. Masih banyak aplikasi lain yang bisa diulik dan Anda gunakan sesuai kebutuhan. Untuk satu jenis teknologi saja, Anda bisa menemukan berbagai macam aplikasi dengan nama berbeda, yang masing-masing tentu punya kelebihannya. Tinggal Anda sesuaikan dengan selera dan kenyamanan Anda saat menggunakannya. Agar tujuan dari bisnis Anda dapat tercapai.

Referensi:

Grant McGregor Blog. 7 Agustus 2017. How Technology Can Help You Grow Your Business: https://bit.ly/3yVcP4e

Jurnal.id (Blog). Manfaatkan Teknologi Untuk Mengembangkan Bisnis Anda: https://bit.ly/3vKIcN8

Share this Post