Scarcity: Pengertian, Faktor Penyebab, dan Pentingnya dalam Bisnis

Beberapa kali Indonesia mengalami kelangkaan sumber bahan baku atau barang tertentu yang membuat harganya melambung tinggi. Kondisi inilah yang disebut dengan scarcity. Singkatnya, scarcity adalah kelangkaan yang terjadi karena keterbatasan sumber daya.

Saat kondisi ekonomi suatu daerah atau negara mengalami scarcity, maka akan memengaruhi sumber daya dan hasil produksi suatu bisnis. Oleh karena itulah, setiap pebisnis diwajibkan untuk memahami apa itu scarcity.

Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang scarcity, simak penjelasannya dalam artikel ini, ya.

Pengertian Kelangkaan atau Scarcity

Scarcity adalah kelangkaan yang mengacu pada keterbatasan sumber daya tertentu yang biasanya tersedia untuk digunakan. Hal inilah yang membuat kondisinya menjadi bertentangan dengan permintaan tidak terbatas di masyarakat. Sedangkan menurut ilmu ekonomi, scarcity lebih mengacu pada kesenjangan antara sumber daya yang tidak dapat mencukupi kebutuhan teoretis yang dimiliki.

Ketika terjadi kelangkaan, masyarakat harus bisa memutuskan bagaimana cara mengalokasikan sumber daya yang langka dengan lebih efisien guna memenuhi kebutuhan serta keinginan masyarakat. Sebab, seluruh sumber daya membutuhkan beberapa biaya selama konsumsi tersebut dianggap langka.

Setidaknya ada tiga jenis scarcity yang perlu Anda ketahui antara lain:

  1. Kelangkaan yang disebabkan oleh permintaan, dimana jika permintaan jauh melebihi pasokan yang bisa disediakan oleh perekonomian, maka akan terjadi kelangkaan.
  2. Kelangkaan yang disebabkan oleh pasokan, dimana terjadi degradasi lingkungan atau faktor yang tidak terduga sehingga permintaan melebihi sumber daya yang ada.
  3. Kelangkaan struktural yang terjadi karena adanya akses yang tidak setara.

Faktor Penyebab Scarcity

Adapun berbagai faktor penyebab scarcity adalah sebagai berikut.

1. Pasokan Berkurang

Faktor pertama yang menjadi penyebab terjadinya scarcity adalah pasokan yang berkurang sehingga memicu keterbatasan bahan baku. Padahal bahan baku merupakan bagian terpenting agar bisa mengolah berbagai kebutuhan. Tentu ada berbagai hal yang menyebabkan mengapa bahan baku bisa berkurang. Beberapa diantaranya adalah masalah politik, konflik di suatu daerah, dan lainnya.

2. Jumlah Permintaan yang Meningkat

Saat permintaan akan suatu barang meningkat, namun bahan bakunya tetap, maka dapat memicu terjadinya kelangkaan. Sebagai contoh saat awal pandemi, dimana permintaan masyarakat terhadap masker meningkat tajam. Akibatnya, terjadi kelangkaan masker di awal pandemi dan harga melambung tinggi.

3. Faktor Perubahan Alam

Kondisi alam yang semakin rusak juga menjadi penyebab kelangkaan lainnya yang terjadi sekarang ini. Akan tetapi, masih belum banyak masyarakat yang menyadari jika kerusakan tersebut juga disebabkan oleh kita.

Pentingnya Scarcity bagi Bisnis

Meski terkesan merugikan banyak pihak, nyatakan scarcity memiliki beberapa keunggulan jika dilihat dari sisi bisnis. Hal ini disebabkan karena kelangkaan menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi penawaran dan permintaan. Dalam dunia ekonomi, kelangkaan barang ini akan memainkan peran yang sangat signifikan dalam memengaruhi persaingan pasar.

Jika barang langka, maka permintaan akan lebih besar. Jadi, barang tersebut memiliki “kuasa” untuk memainkan harga barang agar bisa lebih tinggi. Sebagai contoh, harga ponsel mahal, seperti iPhone yang lebih mahal dari brand lain, seperti Samsung, Asus, Vivo, dan lainnya.

Terjadinya kelangkaan ekonomi tentu tidak hanya terpengaruh dari pasokan sumber daya atau barang saja, namun juga bisnis. pada saat bahan bakar minyak, batu bara, dan lainnya mengalami kelangkaan, maka bukan hanya pasokan sumber daya tersebut yang terganggu, namun juga memberikan dampak negatif pada kemampuan bisnis yang berorientasi pada tujuan.

Itulah penjelasan tentang scarcity jika dilihat dari sisi bisnis. Untuk mengatasi kelangkaan tersebut, ada banyak cara yang bisa coba untuk diterapkan. Salah satunya adalah mengajukan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani.

Anda tidak perlu bingung mencari lembaga pinjaman terpercaya. Sebab, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha di Investree. Caranya yang cepat dan mudah membuat banyak pebisnis tertarik mengajukan pinjaman ke Investree.

Referensi:

https://www.simulasikredit.com/apa-itu-economic-scarcity-kelangkaan-ekonomi/

https://www.modalrakyat.id/blog/scarcity-adalah

https://accurate.id/bisnis-ukm/apa-itu-scarcity/