Bisnis

Rincian Modal Usaha Toko Baju yang Dapat Anda Ketahui

Sebelum memulai usaha toko baju, penting untuk mengetahui rincian modal usaha toko baju. Rincian modal untuk usaha toko baju ini dibagi menjadi dua, yaitu usaha toko baju offline dan toko baju online. Jika ingin membuka toko baju secara offline tentu modal akan relatif besar sementara untuk toko baju online modal relatif lebih kecil. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat rincian modal untuk usaha toko baju di bawah ini.

ACD marketplace

Rincian Modal Usaha Toko Baju Offline

Bagi yang ingin membuka toko baju offline, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan perlu disiapkan, antara lain:

1. Tempat

Lokasi atau tempat untuk membuka toko ini sangat penting. Bisa memanfaatkan rumah sendiri, menyewa ruko, atau menyewa tempat lain yang cocok untuk dijadikan sebagai toko baju. Saat mencari tempat untuk berjualan baju yang paling penting adalah tempatnya mudah dijangkau dan strategis.

Jika memang akan menyewa ruko biaya yang perlu disiapkan kurang lebih 15 juta rupiah untuk sewa satu tahun. Ada juga yang sekarang harga sewanya sudah mencapai 25 juta rupiah. Untuk bisa menekan biaya tersebut, jika memiliki rumah dengan lokasi yang tepat bisa memanfaatkan halaman rumah atau menyediakan ruang sendiri dalam rumah untuk toko baju.

2. Modal Pengadaan Baju

Ini merupakan aspek yang membutuhkan dana paling besar untuk sebuah toko baju. Hal ini karena banyak model baju yang ada di pasar selain itu selera konsumen juga beragam. Paling tidak untuk pengadaan baju ini perlu dana sebesar 10 juta rupiah. Dengan dana tersebut sudah bisa mendapatkan banyak macam model baju yang banyak dicari konsumen.

ACD lender

Sebagai permulaan baiknya stok jangan terlalu banyak untuk setiap model. Sediakan stok minim terlebih dahulu dan diperbanyak pada model baju yang memang sedang hits saat itu.

3. Peralatan Display

Perkiraan biaya untuk peralatan display toko baju sekitar 3 juta rupiah hingga 5 juta rupiah. Biaya tersebut sudah meliputi gantungan baju, manekin, hingga rak atau etalase. Itu sudah bisa menjadi modal untuk memajang dan semua koleksi baju penuh satu ruangan sehingga memudahkan konsumen untuk memilih.

Jika ditotal, modal usaha toko baju offline membutuhkan setidaknya 30 juta rupiah. Itu sudah mencakup tempat, pengadaan baju, hingga peralatan display.

Rincian Modal Toko Baju Online

Untuk toko baju online tentu modal yang dibutuhkan berbeda dengan toko offline. Pada toko baju online yang menjadi aspek paling penting adalah jaringan internet dan gadget. Asal ada dua alat tersebut maka toko online baju bisa dijalankan. Jaringan internet kisaran harganya 100 ribu sampai 300 ribu rupiah per bulan.

Smartphone yang Anda miliki sekarang bisa menjadi modal untuk memulai toko baju online, jadi tidak perlu membeli lagi. Lalu pengadaan baju bisa dengan cara mencari supplier yang mencari reseller atau dropshipper. Jika ingin memiliki stok baju, modal 5 juta rupiah sudah lebih dari cukup untuk membuka toko baju online.

Itulah rincian modal usaha toko baju yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memulai usaha toko baju. Jika membutuhkan tambahan modal usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jangan khawatir soal bunga, karena Investree memberikan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Dengan modal usaha dari Investree, Anda bisa memulai usaha toko baju dari sekarang dan berkembang lebih pesat.

ACD borrower

Referensi:

Inspirasi Bisnis. Cara Membuat Rincian Modal Usaha Pakaian Tahap Awal. Kitadigi.com: https://bit.ly/3BP4MXs

Share this Post

Artikel Terbaru