Pinjaman Modal Kerja: Cara Terbaik Meningkatkan Arus Kas Bisnis Anda

Pinjaman Modal Kerja: Cara Terbaik Meningkatkan Arus Kas Bisnis Anda

Pinjaman Modal Kerja – Pinjaman modal kerja adalah istilah pinjaman yang cukup terkenal dikalangan masyarakat, salah satunya kalangan pelaku UMKM. Pinjaman ini biasanya dijadikan sumber dana utama untuk membiayai bisnis karena bunga tiap tahunnya relatif rendah dan proses pengajuannya cukup mudah.

Apa Itu Pinjaman Modal Kerja

Pinjaman modal kerja adalah fasilitas yang diberikan oleh sebuah lembaga keuangan pada peminjam dalam bentuk pinjaman untuk modal usaha. Sehingga, bisa dikatakan bahwa ini adalah program pembiayaan khusus untuk modal usaha saja.

Mengapa Pinjaman Modal Kerja Penting bagi Bisnis

Pinjaman ini diperlukan pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya. Modal ini dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, melancarkan operasional bisnis, termasuk dari produksi, distribusi, dan mendapatkan barang yang diperlukan, membantu perkembangan bisnis, melindungi bisnis dari krisis modal kerja.

Jenis-Jenisnya

Modal Kerja Permanen

Modal kerja permanen sifatnya berkelanjutan. Jenis ini dibutuhkan oleh perusahaan untuk kelancaran bisnisnya. 

Modal Kerja Variabel

Modal kerja variabel terdiri dari beberapa jenis, dimana semuanya mempunyai pengaruh berbeda bagi bisnis.

Cara Memilih Pinjaman Modal Kerja yang Tepat Bagi Bisnis

Pokok Pinjaman dan Angsuran 

Pokok pinjaman merupakan besarnya jumlah pinjaman dana yang disetujui. Untuk pinjaman tertentu, sebuah lembaga keuangan akan menetapkan batas maksimal pinjaman.

Bunga Pinjaman

Bunga pinjaman merupakan jumlah uang yang harus dibayar oleh peminjam sebagai tambahan dari dana yang dipinjam.

Suku Bunga Pinjaman

Suku bunga pinjaman merupakan hasil dari pokok utang, yaitu suku bunga tiap periode dan jangka waktu pinjaman.

Jangka Waktu Pinjaman

Jangka waktu pinjaman ditentukan dari jenis pinjaman dan jumlah total pinjaman. Untuk pinjaman modal kerja misalnya, rata-rata jangka waktu maksimal yaitu 1 tahun.

Jaminan

Sangat jarang lembaga keuangan yang membebaskan agunan bagi peminjam. Kecuali itu merupakan produk Pinjaman Tanpa Agunan yang biasanya ditujukan bagi perorangan dengan jumlah pinjaman sampai ratusan juta.

Proses Pengajuan Kredit

Proses pengajuan pinjaman berbeda disetiap lembaga keuangan. Terkadang lamanya proses pengajuan dikarenakan peminjam tidak memberikan dokumen yang lengkap. Maka dari itu, pastikan dokumen yang diperlukan lengkap ketika mengajukan pinjaman.

Pencairan Dana

Setelah pinjaman Anda disetujui, inilah saatnya Anda mencairkan dana. Proses pencairan dana ada yang langsung, tapi ada juga yang menghabiskan waktu sekitar 2 sampai hari setelah persetujuan pinjaman.

Pembayaran Awal Kredit

Cari lebih dulu informasi biaya pelunasan awal pinjaman. Biaya lembaga keuangan biasanya memberikan biaya penalti untuk peminjam yang melunasi pinjamannya lebih awal sekitar 1% hingga 5%.

Langkah yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Modal Kerja

Ajukan Online

Isi formulir pengajuan pinjaman dalam Aplikasi atau Jasa Pinjaman Uang Online.

Validasi Data

Anda akan dihubungi oleh pihak lembaga keuangan untuk validasi data dan analisa pinjaman.

Dapatkan Dana Pinjaman Anda

Jika permohonan Anda sudah berhasil divalidasi dan disetujui, maka dana pinjaman akan ditransfer ke rekening Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Mengajukan Pinjaman

Sesuaikan Pinjaman dengan Bisnis

Setiap bisnis pasti mempunyai besaran modal yang berbeda. Ada yang ratusan juta, dan puluhan juta. Dengan menyesuaikan modal dengan bisnis yang dijalankan, maka Anda dapat mengestimasi besarnya pinjaman supaya bisnis bisa beroperasi dengan lancar. 

Memilih Pinjaman yang Berizin OJK

Pilih pemberi pinjaman yang telah terdaftar dan mempunyai izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal tersebut akan menjamin semua proses yang kebijakan bisnis keuangannya telah diverifikasi dan mendapat pengawasan dari OJK.

Memahami Syarat dan Ketentuan

Selain menganalisis legalitas usaha platform pemberi pinjaman, Anda harus meluangkan waktu untuk memahami dengan baik syarat dan ketentuan yang berlaku dengan teliti. 

Pastikan Rincian Biaya dan Bunga Transparan

Pihak pemberi pinjaman online yang legal dan diawasi oleh OJK biasanya akan selalu memberi rincian biaya dan suku bunga dengan transparan pada semua calon Borrower atau peminjam yang akan mengajukan pinjaman. 

Tips untuk Mengelola Pinjaman Modal Kerja Secara Efektif untuk Meningkatkan Arus Kas Bisnis Anda

Membuat Perencanaan Finansial dengan Matang

Berbagai kegiatan bisnis bisa berjalan dengan lancar jika Anda mempunyai perencanaan keuangan yang matang. Maka dari itu, pastikan Anda membuat seluruh perencanaan yang tepat dengan mencatat modal awal yang diperlukan bisnis Anda.

Membuat Laporan Untung dan Rugi Secara Rinci

Hal ini adalah untuk mengetahui kondisi finansial bisnis Anda apakah untung atau rugi. Dengan membuat laporan laba rugi secara rinci, apabila bisnis mengalami kerugian, maka Anda bisa membuat strategi pemasaran yang baru agar lebih menguntungkan.

Menggunakan Modal Kerja Sesuai Kebutuhan

Ketika menjalankan bisnis, diawal biasanya pemilik bisnis akan melakukan pembelanjaan yang dapat dikatakan sebagai gila-gilaan. Hal tersebut tentunya akan  menjadi pemborosan modal kerja. 

Membuat Rekening Bisnis Sendiri

Agar bisa lebih rinci ketika membuat laporan keuangan dan laporan untung rugi, alangkah baiknya Anda membuat rekening bisnis sendiri. Hal tersebut adalah untuk menghindari penggunaan modal kerja untuk kebutuhan pribadi jika rekening bisnis dan rekening pribadi masih disatukan.

Melakukan Penagihan Piutang

Catat piutang pelanggan dengan detail dan rinci. Jangan lupa untuk memisahkan laporan piutang dan laporan kas. Hal ini dibutuhkan untuk pembukuan laporan keuangan akhir tahun.

Pinjaman modal usaha proses cepat, bunga kecil dan tanpa jaminan

Tidak perlu khawatir tentang persyaratan yang sulit dipenuhi. Selama usaha-mu sudah berbadan hukum CV/PT dan sudah berjalan 1 tahun, Investree menyediakan pinjaman modal usaha tanpa agunan, sehingga kamu dapat memperoleh dana dengan mudah tanpa harus menyerahkan jaminan yang berharga. Selain itu, Investree juga menawarkan pinjaman untuk berbagai kebutuhan usaha, seperti modal kerja, investasi, pengadaan barang atau peralatan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cek semua jenis pinjaman di Investree

Dengan layanan pinjaman modal usaha Investree, Kamu bisa mulai mengembangkan bisnis-mu dengan lebih mudah dan cepat. Tunggu apa lagi, klik banner di bawah ini untuk daftar menjadi Borrower di Investree!

daftar borrower investree