Bisnis

Perhatikan! Ini Waktunya Bisnis Anda Butuh Pinjaman Modal Usaha

Ada beberapa faktor penentu kesuksesan Anda dalam mengembangkan sebuah bisnis. Salah satu hal terpenting yang membedakan apakah Anda bisa sukses menjalankan bisnis adalah, apakah Anda bisa mengakses permodalan dengan mudah atau tidak. Sebab, menurut survei yang dilakukan oleh peneliti di UCLA, NYU, dan Texas University, bisnis yang menerima pinjaman modal akan dapat mempertahankan kelangsungan bisnisnya hingga 50%, sedangkan bisnis yang tidak mengajukan pinjaman memiliki tingkat kegagalan hingga 70%.

Karena itu, jangan takut untuk melakukan pinjaman modal usaha selama Anda mampu memanfaatkannya dengan baik dan bertanggung jawab. Lalu, kapan saatnya sebuah bisnis membutuhkan pinjaman modal usaha? Berikut Investree beri jawabannya untuk Anda. Simak, yuk!

Ketika ingin melakukan ekspansi bisnis

Apabila Anda memiliki tujuan/target melakukan ekspansi bisnis tahun ini, pasti Anda membutuhkan biaya yang lebih besar dari biasanya. Biaya yang dibutuhkan tentu untuk menambah inventaris baru, rekrut karyawan baru, biaya marketing, renovasi tempat bisnis, dsb. Uang yang telah Anda siapkan bisa jadi tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan ekspansi tersebut sehingga menuntut Anda untuk menambah modal bisnis agar tujuan ekspansi tetap dapat terwujud. Juga disarankan untuk membedakan antara uang operasional bisnis dengan uang untuk keperluan ekspansi supaya tujuan ekspansi tidak mengganggu bisnis yang telah berjalan sebelumnya. Pinjaman modal usaha dapat menutup kebutuhan ekspansi tanpa harus mengganggu biaya operasional dalam anggaran belanja Anda.

Namun, kenapa, sih, harus melakukan ekspansi bila harus menambah utang modal usaha? Sebenarnya ekspansi dilakukan agar bisnis Anda berkembang alias tidak hanya berjalan di tempat. Dengan konsisten mengembangkan bisnis tentu dapat membantu meningkatkan penjualan dan juga keuntungan, yang nantinya bisa memberi Anda kemampuan untuk membayar kembali modal yang dipinjam.

Ketika terjadi masalah pada arus kas

Saat menjalankan bisnis, tidak semua rencana dapat berjalan dengan lancar. Terkadang kita sudah berusaha semaksimal mungkin misal dengan menggenjot pemasaran, namun produk/jasa yang Anda tawarkan belum juga laku sedangkan Anda tetap harus membayar gaji karyawan, sewa tempat usaha, tagihan biaya produksi serta bahan baku, dan lain-lain. Sehingga kondisi tersebut mengharuskan Anda mendapat tambahan modal usaha agar bisnis tetap dapat berjalan dengan baik.

Menjaga arus kas tetap sehat adalah kunci kelancaran bisnis Anda. Lagipula, aliran kas yang tidak lancar dapat membuat reputasi bisnis Anda buruk di mata investor atau instansi peminjam. Jadi, bila ada kondisi yang mengacaukan arus kas bisnis Anda, segeralah mencari solusinya, seperti melakukan pinjaman modal usaha. Anda bisa memilih pinjaman modal jangka pendek. Termasuk bila terjadi kondisi dimana Anda harus melakukan restock barang yang tidak bisa menunggu, sementara pemasukan baru bisa didapat dalam waktu 1 - 2 bulan lagi, yang berarti melakukan pinjaman modal bisa sebagai jalan keluarnya.

Ketika terjadi musibah/kejadian tidak terduga

Seperti wabah virus Corona yang menjadi peristiwa tidak terduga, secara tidak langsung mengancam bisnis terutama sektor UMKM. Apalagi pemerintah telah menetapkan status tanggap darurat di beberapa wilayah di Indonesia yang membuat beberapa bisnis UMKM terpaksa tutup sehingga pemilik bisnis jadi kesulitan membayar biaya-biaya produksi dan gaji karyawan. Kondisi seperti sekarang pun mempengaruhi tingkat daya beli konsumen yang tidak setinggi biasanya karena bisa jadi wabah virus Corona sudah menguras tenaga dan pikiran mereka sehingga keinginan untuk berbelanja suatu barang jadi berkurang. Bahkan, untuk bisa nongkrong/ngopi di coffee shop saja sudah ada peraturan pembatasannya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengungkapkan bahwa wabah virus Corona membuat tingkat konsumsi rumah tangga menurun yang diperkirakan mencapai 3,2% - 1,2%. Situasi saat ini telah menghantam perekonomian nasional, bahkan dalam skenario terburuk, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa minus 0,4%. Wabah ini pun datang secara tiba-tiba, membuat banyak pengusaha tidak sempat mempersiapkan diri. Itu mengapa, para pengusaha memilih melakukan pinjaman modal sebagai solusi dari permasalahan yang tengah dihadapinya.

Ketika pinjaman lainnya telah beres

Pinjaman modal usaha tidak semata-mata dilakukan tanpa perhitungan karena pinjaman modal tidak diberikan secara cuma-cuma, harus dikembalikan dalam jangka waktu tertentu. Diperlukan sebuah perhitungan kemampuan bayar dari pihak yang melakukan pinjaman. Jangan sampai utang pinjaman modal sampai memberatkan bisnis itu sendiri. Ketika Anda masih memiliki pinjaman lain, coba pikirkan dengan matang - apakah bila melakukan pinjaman baru tidak akan menyulitkan Anda kedepannya? Atau, apa yang akan terjadi pada bisnis Anda bila Anda melakukan pinjaman modal?

Akan lebih baik ketika Anda melakukan pinjaman modal usaha di saat Anda telah menyelesaikan pinjaman-pinjaman lain agar tidak memberatkan kedepannya. Cek kemampuan bayar Anda di setiap pinjaman modal yang Anda lakukan.

Ketika telah merasa siap

Setidaknya Anda harus memiliki kesiapan ketika akan melakukan pinjaman modal usaha. Kesiapan yang dimaksud adalah rencana pengembalian modal. Anda harus sudah punya rencana akan mengembalikan pinjaman dari hasil keuntungan apa dan bagaimana cara melakukannya. Jangan sampai Anda asal melakukan pinjaman tanpa memiliki rencana pengembaliannya. Tentu akan sangat berbahaya bagi kelangsungan bisnis Anda.

Anda harus berpikir matang sebelum melakukan pinjaman modal usaha. Pastikan Anda siap untuk memegang amanah yang diberikan dan bertanggung jawab atas pinjaman tersebut agar kedepannya Anda dapat terus dipercaya menerima pinjaman di saat Anda membutuhkannya.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, kapan waktu yang tepat bagi bisnis Anda untuk melakukan pinjaman modal? Saat ini sudah ada banyak layanan peer-to-peer lending yang bisa menjadi solusi bagi Anda mendapatkan pinjaman modal usaha. Sekarang Anda bisa fokus pada tujuan yang ingin dicapai oleh bisnis kedepan dan memikirkan bagaimana cara mencapainya. Bila memang bisnis Anda benar-benar membutuhkan pinjaman modal usaha, lakukanlah dengan penuh keyakinan. Setuju?

Referensi:

Walter P. 5 Alasan Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha. KoinWorks Blog: https://bit.ly/2JyWgms

Yoco Carl. 20 Juni 2017. Do you really need business capital?. Open by Yoco: https://bit.ly/3bH0FQ8

Share this Post

Artikel Terbaru