Bisnis

Pentingnya Memahami Komponen Perencanaan Usaha beserta Manfaatnya

Bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang pebisnis, tentu wajib memahami apa saja yang menjadi komponen perencanaan usaha. Tujuannya sudah pasti untuk meminimalisir risiko kerugian yang dialami perusahaan. Tak sampai disitu, perencanaan bisnis juga dapat membantu Anda untuk bersaing dengan kompetitor lainnya agar bisa bertahan dengan persaingan itu.

Namun, meski sudah direncanakan dengan sangat matang, bukan berarti Anda tidak akan menemui hambatan saat menjalani bisnis. Akan tetapi, perencanaan bisnis dapat membantu Anda untuk merencanakan solusi yang tepat berdasarkan rencana tersebut.

Lantas, apa saja yang menjadi komponen perencanaan bisnis dan manfaatnya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

8 Komponen Perencanaan Bisnis

Nah, berikut ini adalah 8 komponen perencanaan bisnis yang wajib Anda ketahui.

  1. Deskripsi Usaha

Komponen perencanaan bisnis yang pertama adalah membuat deskripsi usaha. Hal ini perlu dilakukan karena deskripsi usaha menjadi bagian yang krusial dan digunakan untuk menjelaskan kepada pihak stakeholder yang berkaitan dengan usaha Anda.

  1. Strategi Marketing

Membuat strategi marketing dapat membantu Anda untuk mempelajari kekurangan dan juga kelebihan produk kompetitor. Anda bisa menggunakan data tersebut untuk membuat produk Anda menjadi lebih baik.

  1. Riset Pasar

Melakukan riset pasar artinya Anda tengah mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan pangsa pasar dan juga produk. Contohnya adalah selera konsumen. Riset pasar juga menjadi langkah penting dalam memulai bisnis dengan tujuan untuk mengetahui segmentasi pasar.

  1. Implementasi Proses Produksi

Komponen perencanaan bisnis yang selanjutnya adalah implementasi pada proses produksi. Apabila Anda sudah menjalankan perencanaan usaha yang matang, maka nantinya peluncuran produk akan menjadi lebih baik.

  1. Pemantauan Produk

Pemantauan produk mengharuskan Anda untuk memantau seberapa baik produk tersebut diterima di pasaran. Jadi, Anda bisa tahu apa saja yang menjadi kekurangan produk yang dijual sehingga kurang disukai oleh konsumen.

  1. Manajemen Operasional

Tahapan manajemen operasional mencakup meliputi pengaturan perataan, penggunaan bahan baku, serta proses produksi. Tidak hanya itu, kegiatan manajemen operasional juga termasuk memilih sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuannya agar proses produksi menjadi lebih efisien.

  1. Estimasi Biaya

Menghitung estimasi biaya juga menjadi bagian yang tidak kalah penting saat mengawali sebuah bisnis. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui jumlah laba rugi sebuah usaha yang diketahui dari laporan keuangan perusahaan.

  1. Evaluasi

Evaluasi merupakan komponen perencanaan bisnis yang digunakan untuk meninjau ulang keseluruhan komponen-komponen perencanaan lainnya yang sudah Anda lakukan. Jika dari hasil evaluasi memiliki hasil yang positif, maka Anda akan lebih mudah mendapatkan keuntungan yang banyak.

Manfaat Perencanaan Bisnis

Sederhananya, komponen perencanaan bisnis dapat membantu sebuah perusahaan untuk meminimalisir terjadinya kerugian. Berikut ini adalah beberapa manfaat perencanaan bisnis lainnya.

  1. Meminimalisir Risiko

Seperti penjelasan sebelumnya, komponen perencanaan bisnis memang dapat meminimalisir risiko kerugian dalam sebuah bisnis. Sebab, Anda sudah memiliki perencanaan yang matang dan memperkirakan risiko yang mungkin akan terjadi.

  1. Menguasai Pangsa Pasar

Jika Anda berhasil mempertahankan persaingan dengan kompetitor, maka bukan tidak mungkin Anda bisa menguasai pangsa pasar. Hal ini karena Anda sudah melaksanakan bisnis dengan lebih maksimal.

  1. Strategi Marketing yang Lebih Terarah

Komponen perencanaan bisnis dapat membantu Anda untuk menentukan strategi marketing yang lebih terarah. Dengan begitu, penjualan produk Anda dapat lebih maksimal.

Itu dia penjelasan singkat tentang komponen perencanaan bisnis yang perlu dipahami oleh setiap pebisnis.

Referensi:

https://mekari.com/blog/komponen-perencanaan-usaha/

https://accurate.id/marketing-manajemen/komponen-perencanaan-usaha/

Share this Post